Just another WordPress.com weblog

Seluk Beluk Bekerja di Jeddah Arab Saudi


Seluk Beluk Bekerja di Jeddah Arab Saudi

1. Pengurusan Visa & Passport di Indonesia

Alangkah senangnya saya waktu itu bisa diterima bekerja di Arab Saudi. Saya menunggu dari diterima bekerja sampai turunnya visa kerja sekitar 3 bulan
Pihak company telah bekerjasama dengan PJTKI di Indonesia untuk pengurusan visa dan passport saya, dalam hal ini oleh PT Mar Safar Intisar di daerah Jakarta Timur.
Saya menerima calling visa dari perusahaan di Saudi,kemudian saya dihubungi PJTKI untuk melakukan serangkaian test, kebetulan untuk psikotest,kemampuan akademik sampai wawancara ditangani oleh agen di Indonesia, perlu diketahui, di Saudi Arabia, anda harus lulus test HIV,paru-paru dan Hepatitis, jadi chek terlebih dahulu apakah anda negative terhadap penyakit tersebut.

Kemudian saya diantar PJTKI ke daerah Tangerang untuk mengurus visa+paspor saya, ini memang khusus untuk TKI. Disitu ribuan calon TKI,kebanyakan TKW mengantri. Saya agak kecewa dengan cara Imigrasi, yang sepertinya menganggap kita ini kelas rendahan. Kesanapun kita berangkat jam 5 pagi, supaya antrinya nggak terlalu panjang. Mudah-mudahan ada evaluasi dari pak menteri tenaga kerja tentang hal ini. Kalau bisa petugas dan alatnya diperbanyak, mungkin itu solusi yang lebih baik. Tapi aku dengar juga ada teman yang gak perlu harus datang ke Tangerang ini, entahlah, system di Indonesia kan bermuka dua.

2. Persiapan Berangkat ke Arab Saudi
Hmmm…..sewaktu menginjakkan kaki pertama kali di Saudi, ternyata lagi musim dingin. Jadi persiapkan baju hangat, body lotion, karena malam hari kulit saya merekah semua, pecah-pecah kretak-kretek,sampai nggak bisa tidur.
Yang kedua, lebih baik anda bawa peralatan mandi, kalau-kalau anda nantinya jauh dari toko, atau tidak punya persiapan uang riyal. Oh iya, jangan lupa menukar uang rupiah ke riyal dulu. Untuk menghindari anda tersesat di bandara atau menunggu jemputan, lebih baik isi voucher hp anda, Simpati Indonesia bisa dipakai di arab Saudi, jadi jgn terlalu takut. Biaya sms Rp 5500, terus kalau nelpon ya mahal sekitar Rp 11000/menit. Sebaiknya anda tanya-tanya dulu siapa yang bisa dihubungi di Saudi.
Jangan lupa simpan nomor PJTKI dan company anda

Kalau bawa benda cair,parfum,lotion, jangan dibawa hand carry, taruh di tas bagasi, akan diambil tuh sama petugas bandara,meskipun itu parfum mahal.

Jgn sampai ketinggalan pula dokumen2 anda. Ingat, anda dilarang membawa foto2 seronok,gambar2 wanita telanjang atau CD2 porno, bisa kena denda anda di aiport Saudi, kemarin ada bebeapa teman kerja orang India dan Philipine kena denda ada yg 500 riyal,ada yg 1500 riyal…, jadi jangan mancing di air keruh.

3. Berapa sih range gaji di Arab Saudi untuk orang Indonesia??
Ternyata gaji untuk expatriate di Arab Saudi dipengaruhi juga oleh perjanjian G to G (government to government)
Untuk orang Indonesia gaji minimum adalah 800 riyal untuk kelas sopir dan pembantu, tapi sebenarnya mereka bisa menawar sebelum berangkat ke Indonesia, tapi karena orang Indonesia merasa pamali akan hal itu, jadi ya dibiarin aja oleh PJTKI nya. Ada beberapa sopir Indonesia, karena dia berani, dia digaji 1500 riyal.

Untuk kelas staff tergantung company anda, kalau kelas admin biasanya dihargai 2000-3000 riyal, kalau kelas officer antara 3500-6000 riyal, kelas supervisor, bagian IT atau
Engineer antara 5000-8000 riyal bisa juga lebih, kelas manager bisa di atas 10ribu riyal.

Tapi kembali lagi ke macam company yang merekrut anda, jika perusahaan airways, engineering,kimia,IT, gas/minyak harga itu tentunya bisa lebih tinggi. Jangan lupa untuk menanyakan allowance yang lain selain dari basic anda, semisal tunjangan transport, makan dan perumahan. Biasanya untuk visa single, akan diberi fasilitas compound, atau semisal perumahan karyawan. Kalau anda berencana membawa keluarga, tentunya akan ada tunjangan perumahan tambahan.

4. Berapa living cost di Arab Saudi?
Hidup di Arab Saudi itu termasuk murah dibandingkan dengan Negara teluk lainnya, kalau di Arab Saudi harga sewa rumah misalkan 1000 riyal/ bulan, di Qatar atau Emirat Arab bisa 3x lipatnya. Rata-rata harga sewa apartemen disini sekitar 1100 – 2500 riyal/per bulan.
Meskipun 90% barang disini import, tapi lebi murah lah dibandingkan di Dubai atau Qatar.
Bensin aja cuma 0.3riyal (1 riyal=Rp2400)

Oke saya perjelas : harga beras disini per 5kg= 25 riyal atau 5 riyal per kg nya
Harga tahu/tempe : 4 riyal, kalau beli 2 bayar cuma 7 riyal, 3 pcs SR.10
Harga bayam/kangkung : 1 riyal seikat
Harga minyak sayur/kelapa sawit : 8-10 riyal per 2liter
Harga minyak bunga matahari/jagung: 20-25 riyal per 2 liter
Harga nasi kotak/bubur ayam : 3-4 riyal per bungkus (disini banyak warung Indonesia)
Harga nasi campur : 7-10 riyal per porsi
Harga daging sapi : 11 riyal per 1/4kg (kalau nggak salah)
Harga telur : 10-13 riyal per 36 butir
Harga daging ayam : 11-15 riyal per ekor (biasanya udah dipecah lagi)
Jangan kuatir, disini banyak bertebaran warung dan restoran Indonesia.

Bagaimana dengan harga sewa rumah di Arab Saudi?
Untuk kelas single : 500-800 riyal per bulan dengan 1 kamar tidur,1 bathroom, 1 kitchen dan 1 ruang serbaguna
(ini untuk kamar sopir biasanya)

Untuk keluarga ada beberapa macam :
- 2 kamar tidur+kitchen+ruang tamu +1 kamar mandi= 13 – 15 ribu riyal per tahun,biasanya dibayar per 3 bulan
atau sekitar 1000-1300riyal sebulan
- 3 kamar tidur+kitchen+ruang tamu+1kamar mandi= 15 – 23ribu riyal per tahun

Jadi range untuk perumahan di Arab Saudi itu sekitar 10 ribu-30 ribu riyal/tahun, tergantung bentuk rumah,jumlah kamar, dan baru tidaknya bangunan, soalnya ada juga yang 6 kamar seharga 30 ribu. Biasanya orang-orang philipine menyewa yang semacam ini untuk dibagi 4 keluarga.

Pastikan rumah itu bebas banjir (daerah Sulaimania dan Old Airport – South Jeddah pernah kejadian banjir dahsyat tahun 2009 desember kemarin yang menewaskan 123 orang)

Perhatikan masalah air, karena ada beberapa apartemen yang airnya gak lancar, dan terpaksa harus beli.
Anda tak perlu bayar air lagi, karena air PAM disini gratis, kecuali kalau persediaan penampungan air di rumah itu habis,anda harus urunan antar penghuni building itu untuk membeli air 1 tanker = 143 riyal, dibagi berapa jumlah pintu dalam rumah itu.

Harga voucher hp di Saudi paling murah 10 riyal, saya biasanya memakai kartu SAWA/Al Jawal karena sering mengadakan diskon, contohnya beli 100 dapat 140 , untuk internet saya memakai Mobily,karena settingnya gampang. Saya biasa membeli 100 riyal untuk pemakaian 1 bulan=1GB, modemnya beli aja yg Huawei atau yg buatan china itu untuk USB modem. Namun bisa saja pasang modem dengan nomor rumah, anda tinggal ke STC di Palestine st,biaya per bulannya ada yg 150-350,tergantung pemakaian yang anda minta.

Saya juga memakai free wireless, disini banyak sekali hot spot punya orang yang bisa kita tangkap, anda tinggal membeli antenna penguat sinyal WIFI. Jadi internetnya gratisan.

Tertarik untuk bekerja di Negara Arab??
Sekarang anda rajin-rajin aja beli Koran Kompas tiap hari Sabtu-Minggu, atau search google site-site official site perusahaan-perusahaan di arab, biasanya mereka ada lowongan online.
Atau anda bisa membuka www.bayt.com

Selamat mencoba, lumayan loh gaji disini, untuk masalah sosial di sini, anda bisa buka artikel saya

402 responses

  1. Ruhiyat

    Ass, Akh cerita antum menginspirasi ane untuk ketimur tengah bagi ane masih sebuah harapan, semogatks

    Juni 5, 2010 pukul 3:13 pm

    • Dedik Setiawan

      Silahkan akh datang kesini,mudah2an diberi kemudahan sama Allah

      Juni 5, 2010 pukul 6:00 pm

      • Nasri

        Assalamualaikum Wr.Wb..
        Mas Dedik…perkenalkan saya Nasri (pria). Alumni S1 Teknik Elektro. Pengalaman IT (Information Technology) di Pertambangan Batu Bara kurang lebih 3 tahun dan IT (Information Technology) diperbankan kurang lebih 2 tahun, dan saat ini sebagai Credit Analyst di salah satu perbankan di Indonesia.
        Saya sangat terinspirasi untuk kerja di UAE atau di Saudi Arabia.
        Mohon bantuannya ya Mas Dedik..untuk info2 kerjaaan di sana sekiranya ada.

        Maret 29, 2013 pukul 10:27 am

      • Dedik Setiawan

        Wa’alaikum salam wr wb
        Silahkan buka http://www.bayt.com, itu semacam jobstreet yg sering dibuka untuk lowongan di middle east

        April 10, 2013 pukul 1:15 am

  2. Arman

    Assalamualaikum..
    Pak saya baru mendapatkan penawaran kerja di Saudi Oger dari salah satu PT ..yg bergerak dibidang Labour supplier
    untuk feshgraduate civil engineer, yang saya mau tanyakan bagaimana budaya kerja di Negara Arab Saudi..dan saya ditawari gaji sekitar Rp 9.000.000,- apakah gaji tersebut sesuai standar untuk engineer yang tergolong baru..
    Sukron..
    Wassalam

    Juni 9, 2010 pukul 8:53 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam
      Itu 9juta sudah nett atau basicnya aja?
      Kalau masih basic nggak apa,cukup,asal mas tinggalnya ditanggung oleh dia alias nggak perlu ngontrak lagi
      Setahu aku Saudi Oger itu bergerak dibidang sipil & dia mengelola Compound untuk disewakan ke oran-orang asing

      Masalah budaya kerja di Saudi, asal anda bisa mengikuti alur kerja ditempat yang baru insyaAllah nggak ada masalah
      Tapi kebanyakan orang arab itu arogan,tidak mau diperintah atau mau enaknya sendiri.
      Jadi mas kalau bergaul sama mereka seperlunya saja,takutnya kalau terlalu mengikuti kemauan dia,masnya malah di dikte terus

      Carilah teman dari Asia,arab juga boleh,asal dia baik. Rebut hati mereka,anda harus kreatif,jangan pasif dan hanya bekerja atas dasar perintah saja
      Harus memberikan nuansa yang baru,tapi tetap dalam koridor peraturan perusahaan.
      Tertib administrasi dalam setiap pekerjaan anda,artinya semua pekerjaan anda kalau bisa terdokumentasikan oleh anda sendiri
      Jadi semisal anda ditanya,anda punya data yang valid. Orang arab suka yang administrasinya teratur,karena mereka tidak teratur.

      Jadi selamat bekerja di Arab Saudi, kalau anda baru,ambillah…insyaAllah akan ada rizki tambahan,apalagi kalau anda dekat dengan Mekkah,kan bisa haji dan umorh tiap saat
      Anda beruntung karena masih fresh graduate,belum tentu juga kan anda dapat gaji segitu kalau di Indonesia,
      Kalau nggak kerasan kan bisa pulang balik,asal anda sudah hajian dulu
      Okey….

      Juni 10, 2010 pukul 8:53 am

  3. FAISHOL

    saya ingin kerja di jeddah dan pingin haji, ajak aku mass

    Juni 24, 2010 pukul 4:04 pm

    • Dedik Setiawan

      Ya nggak hanya sampeyan yang pengen,aku yakin juga pada banyak yang pengen. Masalahnya,anda lulusan apa dulu? Kalau pengen kerja jadi sopir juga bisa naik haji disini.
      Perbanyak refrensi kerja di Saudi,perbanyak kirim email cv ke perusahaan2 disini,tinggal cari di google,aplikasi online untuk kirim lamaran, atau sekarang di Kompas sabtu banyak perusahaan Saudi atau agent di Indonesia yang mencari calon tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di Middle East

      Juni 25, 2010 pukul 6:34 am

  4. ded, bener gak sih berita-berita tentang tki yg disiksa siksa gitu disana? pasti lebih banyak cerita senengnya kan dibanding sengsaranya sepetti berita-berita di tv?

    Juli 23, 2010 pukul 4:19 am

    • Dedik Setiawan

      Bener meg, budaya disini memang masih ada sedikit “perbudakan”
      Jangankan pembantu,seorang istripun sudah menjadi hak milik dimana sang ayah perempuan tidak berhak mencampuri jika terjadi kekerasan pada anak perempuannya
      Kalau dilihat, hampir tiap minggu ratusan tkw itu kabur dari rumah2 majikannya,dan mereka menunggu dibawah jembatan,sampe jembatan itu terkenal
      Tujuannya untuk dijemput untuk kemudian di deportasi dengan seluruh biaya ditanggung pemerintah sini

      Juli 23, 2010 pukul 5:00 am

  5. edi sugiono

    asalammualaikum….
    mas,Q ingin kerja jadi supir di arab saudi.
    apa saja yang harus Q ketahui dan waspadai untuk menjadi supir di arab saudi

    sukron…
    waalaikum salam

    Juli 28, 2010 pukul 12:38 pm

    • Dedik Setiawan

      Untuk menjadi supir di Saudi, sepertinya harus “sedikit” bisa bahasa arab, karena anda nanti berhadapan dengan majikan tiap hari
      Tp……yg berat kalau kerja jadi sopir disini adalah godaan wanita-wanita tkw……
      Hampir 90% sopir disini, pasti berhubungan dengan tkw, karena keduanya mungkin butuh, jadi banyak kasus nikah kontrak,atau bahkan tanpa nikah
      Jadi mas harus punya bekal mental yg kuat menghadapi godaan itu

      Satu lagi, kalau bisa dimantepin dulu cara pegang stir & rambu2,karena ambil SIM disini susahnya minta ampun

      Juli 30, 2010 pukul 2:19 pm

  6. Ridwan

    Assalaamu’alaikum akh , bahasa apa yang harus di miliki kalau kerja disana? ana kok jadi kepingin.

    Juli 29, 2010 pukul 10:56 pm

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam warohmatullah ya akhi
      Tidak perlu harus menguasai bahasa arab kok, dengan seiring berjalannya waktu ntar antum juga bisa sendiri
      Seperti sopir dari Indonesia,mereka bahkan sama sekali tidak bs bahasa arab & Inggris
      tp akhirnya justru orang arab akan merasa aneh kalau kita sebagai orang Indo malah menggunakan bahasa Inggris

      Tp,bahasa inggris memang suatu keharusan jika harus bekerja di perusahaan multinasional

      Juli 30, 2010 pukul 1:55 pm

  7. Noni Fatimah

    Mas kalau di arab terutama jeddah apakah sussah untuk mendapatkan pekerjaan … untuk wanita kalau di http://www.bayt.com aku memang ddah coba ngelamar di sana tapi ko lama yah ga tembus tembus .. padahal saya down grade dari keahlian yang ada di indonesia .. maslah bahasa jadi saya masih neglamar yang biasa aja hanya admin untuk bahasa .. aklau ada info info boleh dunk mas .. ( rencana mau ikut suami dia kerja di sana tapi klo nganggur di sana nungguin suami aja boring ) thanks

    Juli 30, 2010 pukul 8:35 am

    • Dedik Setiawan

      Untuk perempuan sebenarnya agak sulit ya.
      Sebagian karyawan disini laki-laki,bahkan untuk sekretaris sekalipun
      Karena masih sedikit ditabukan laki-laki berbaur dengan perempuan
      Tapi aku masih melihat ada juga kok yg dicampur, contohnya perusahaan asuransi & rumah sakit
      Pekerjaan yang biasanya dihandle perempuan untuk disini contohnya :
      - bagian admin,tp inipun perusahaan2 tertentu
      - perawat & dokter
      - front desk bank (tp sekarang dikuasai perempuan asli Saudi)
      - chef
      - tailor
      - DJ (karena di pesta2 Saudi antara perempuan & laki-laki dipisah)

      Kalau anda menginginkan bekerja di timur tengah, ada baiknya anda ke kantor PJTKI,apakah ada visa untuk bekerja di bagian yang anda inginkan

      Juli 30, 2010 pukul 1:52 pm

  8. abu zahra

    Assalamualaikum akhi…

    Barokallahu fiikum… syukron atas informasinya yang bermanfaat buat ana.
    Ana sebenarnya berminat sekali kerja di saudi arabia. terutama ingin umroh dan haji lebih cepat dan murah drpd hrs dr indonesia yg lebih mahal :)
    Selain itu tentunya bisa berbahasa arab lancar krn berinteraksi lsg dg orang arab.

    O ya akhi… kemarin sktr 1 minggu yg lalu ana sdh interview akhir dg user dr arab untuk posisi kerja administrasi/pembukuan utk di kota dammam. ana dpt info lowongan dr kenalan yg kerja di PJTKI di jakarta timur.
    Saya coba nego gaji sampai 4000 real krn sy berharap bisa 2 x lipat di indonesia. tetapi PJTKInya hanya memberi maksimal 2000 real trmsk uang makan dg fasilitas hanya tempat tinggal gratis ditanggung oleh perusahaan di saudi.
    Apakah wajar atau standarnya memang spt itu utk staf adm/pembukuan. PJTKI bilang saya akan di tempatkan di Toko.
    Mohon masukannya dari akhi….. karena jika saya setuju jadwal keberangkatannya setelah idul fitri 1431 H ini.
    (sebagai tambahan info, ana lulusan D-3 Akuntansi usia 31 tahun, single, pnglmn di adm/pembukuan 5 tahun)

    Jazakumulloh khoir

    Juli 30, 2010 pukul 3:33 pm

    • Dedik Setiawan

      Untuk admin toko memang biasanya segitu. Tapi itu termasuk rendah akh
      Tapi coba lagi ditawar,mungkin bisa lebih,apalagi living cost di Dammam agak tinggi,karena ada Aramco disana

      Kalau antum masih single, nggak ada salahnya antum ambil 2 tahun kontrak kerja, apalagi antum pengen sekali umroh haji langsung dari sini
      Kalau umroh atau haji dari Dammam,insyaAllah ana banyak temen disana, nanti mungkin bs bareng2 mereka

      Juli 31, 2010 pukul 12:05 pm

  9. abdullah

    ana mau tanya ke antum. maaf kalau agak pribadi. antum di sana kerjanya apa dan berapa pendapatan tiap bulannya. Bisa tidak akh, antum kasih ana referensi lowongan kerja fotografer / design grafis di sana. rata-rata berapa gajinya untuk jenis pekerjaan diatas ? Jzklh akh.

    Agustus 11, 2010 pukul 3:36 am

    • Dedik Setiawan

      Wahhh…..lah masak harus buka dapur sendiri, ana disini kerja sebagai finance officer
      Untuk fotografer atau design grafis mending ke Dubai, disana mungkin banyak dibutuhkan
      Kalau disini masih sedikit perusahaan kereatif
      Kisaran gajinya mungkin diatas 5000 riyal kalau disini
      Kalau di Dubai bisa 2-3 lipatnya,tp biaya hidupnya jg sangat amat tinggi

      Agustus 11, 2010 pukul 4:46 pm

  10. blog yang menarik.., salam kenal mas.. thanks..

    Agustus 13, 2010 pukul 7:33 am

    • Dedik Setiawan

      salam kenal balik mas, ini blog buat membantu teman2 yang interest bekerja di middlea east,seluk beluk kehidupan disini

      Agustus 13, 2010 pukul 1:48 pm

      • mas saya seorang dokter ,tapi pingin bekerja disana KSA,tp sy tdk tau cara2 nya usia 37 Th,dokter umum,dan sudah berkeluarga tlg infonya mas

        Desember 11, 2010 pukul 3:39 am

      • Dedik Setiawan

        masnya bisa melayangkan lamaran via online di beberapa rumah sakit di saudi
        masnya search via google aja, dengan kata kunci hospital saudi/jeddah
        nah dari situ mas bisa kirim cv via email mereka
        kalau ada panggilan,pasti mereka akan menunjuk agen/pjtki di indonesia untuk memfasilitasi kontrak mas ony
        oke

        Desember 11, 2010 pukul 2:46 pm

  11. husein

    aslkm.
    klo untuk kerja dan stay kayaknya ana belum tertarik, masalhnya alamnya g aku suka..ha.ha (panas, kering dan gersang). tapi aku tertarik untuk mengunjungi KSA untuk umroh sendiri bukan melalui travel agen, gimana caranya ya untuk mengurusa visanya ? ada info mas…

    Wassalam

    Agustus 20, 2010 pukul 4:22 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam
      Masnya coba aja langsung ke kedubes arab saudi di daerah pasar rebo, mungkin bisa

      Agustus 20, 2010 pukul 6:18 am

      • Muhammad Syukron

        Assalamualaikum,

        mas dedik,

        Saya ingin tanya beberapa hal, khususnya apartemen, untuk single satu kamar, rata2 berapa ? klo 1500 an riyal bisa dapat yang seperti apa ?

        Saya kemungkinan akan ada di jeddah minggu ke 1 oktober ini. Terima kasih.

        Oia, kalau tidak keberatan, mohon dishare nomor telp nya

        Oktober 1, 2010 pukul 12:34 pm

      • Dedik Setiawan

        Untuk single, mendingan masnya bergabung dengan orang Philipine atau orang Indonesia yang single juga, jadi lebih murah
        Atau kalau mau cari kamar sendiri,ada apartemen yang menyediakan khusus untuk single (kebanyakan bangunan di saudi harus dipisah, apakah itu untuk single atau keluarga,tidak boleh bercampur)

        Harga rata-rata untuk single relatif murah, sekitar 600-1000 real per bulan
        Kalau masnya nggak pengen repot,mendingan mas ke kantor Akari (broker real estate) minta dicarikan kamar yang sesuai dengan budget mas
        mas tinggal bayar 500 real ke kantor itu

        Oktober 2, 2010 pukul 3:48 am

  12. JAGAN PERCAYA OMONGAN ORANG2 PT DAN OMONGAN SPONSOR DAN OMONGAN PEMERINTAH INDONESIA PEMERINTAH INDONESIA KEDUTAAN INDONESIA DI JEDDAH SAUDIAH TIDAK MEMBANTU TKW atau TKL JAGAN PERCAYA SOALNYA SAYA ADA DI ARAB SAUDI JEDDAH CUMA OMONAG SAJA PERJANJIAN GAJI 1200 REAL TER NYATA DI KASIH 800 REAL MAKAN TIDAK TANGGUNG DAN ONGKOS PULANG KE TEMPAT TINGAL NYA PEMERINTAH SEKARANG SUKA MAKAN HARAMMMMMMM

    Agustus 21, 2010 pukul 3:45 am

  13. MAKANYA INDONESIA TAMBAH HANCUR ADA GEMPA DAN ADA LONGSOR ADA GUNUNG MELEDAK TANDANYA PEMERINTAH INDONESIA SUKA KORUPSI DAN SUKA MAKAN HARAM BUKTINYA ADA PROYEK BESAR DA TIDAK NYAMPEK KE BAWAHHAN BUKTINYA JALAN JALAN MOBIL TIDAK DI PERBAIKI SELURUH INDONESIA DR SHEH AH MANSHAH TINGAL DI MEKKAH

    Agustus 21, 2010 pukul 3:51 am

  14. PHOTO SEKARANG CUMA PHOTONYA AJA BPK HAJI TERNYATA SUKA MAKAN BARANG HARAMMMMMMMMM

    Agustus 21, 2010 pukul 3:53 am

  15. PHOTO SEKARANG CUMA PHOTONYA AJA BPK HAJI TERNYATA SUKA MAKAN BARANG HARAMMMMMMMMM PJTKI TIDAK AKAN MEMBANTU TKW YG ADA DI ARAB SAUDI KECUALI DI SOGO,, BANYAK BARU MAU TAPI BRANG TIDAK HALAL YG DI MAKAN KEDUTAAN INDONESIA DI ARAB SAUDI COBA DI NEGARA LAIN

    Agustus 21, 2010 pukul 3:55 am

  16. COBA KENEGARA LAIN TANPA SPONGSOR DAN PT INDONESIA GAJI SESUAI DENGAN PERJANJIAN KONTRAK KLO DI ARAB SAUDI PT INDONESIA KERJA SAMA DENGAN PRUSHAAN DI ARAB SAUDI DAN KEDUTAAN SAUDI DI JAKARTA DAN PEMERINTAH INDONESIA SUKA MAKAN SOGO,,,,,K, BESAR TAPI HARAMMMMMMMMMM DAN

    Agustus 21, 2010 pukul 4:13 am

    • Dedik Setiawan

      Masya Allah….ini orang bahasanya…..dari tata bahasanya,sepertinya bukan orang berpendidikan tinggi
      Saya maklum atas kekecewaan sampeyan, tp mbok ya dgn bahasa yang santun
      Yah saya setuju beberapa point dari sampeyan, bahwa masih banyak hal2 yang harus diperbaiki dari pemerintah dan PJTKI kita
      dari hal2 perlindungan TKI dan perijinan….
      Tapi kadang banyak juga lho….dari TKI dan TKW nya yang nakal, bener kan…..mereka suka kabur, nah ini yg harusnya kedutaan mempunyai satu tim/divisi khusus yang berisi beberapa orang untuk memberi perlindungan hukum bagi tki bermasalah, harusnya mereka punya SOP (standar operasi) bagi permasalahan2 yang terjadi.
      Jadi masnya jangan asal ngomong aja, kasihlah solusi

      September 3, 2010 pukul 2:13 am

  17. maya

    Assalamu alaikum.
    salam kenal mas dedik, saya boleh minta alamat emailnya ? saya harap mas dedik berkenan

    Agustus 28, 2010 pukul 4:03 pm

  18. ika

    Assalamualaikum,…

    Inshaallah tahun depan saya akan terbang ke Jeddah karena ikut suami kerja disana. Mohon infonya mas, apakah ada chance buat saya mendapat pekerjaan di sana? karena, saya gak bisa bayangin kalo saya harus nganggur disana tanpa adanya kegiatan. Saya pesimis bisa bekerja karena gender, padahal saya lulusan chemichal engineering. tapi Alhamdulillah saya juga ada ijasah Assisten Apoteker dengan pengalaman kerja lebih dari 5 tahun. apakah itu juga bisa sebagai bahan pertimbangan?? dan apa saja yang harus saya siapkan sebelum berangkat. mohon info dan saran dari Mas dedik. Terimakasih

    Wassalamualaikum…

    Agustus 31, 2010 pukul 12:54 pm

    • Dedik Setiawan

      Istri saya dulu wanita karir mbak, tp setelah disini di rumah saja,
      pertama saya juga khawatir, apakah dia bisa mengikuti irama saya kalau nanti dia tiba2 tidak bekerja.
      Tapi kalau mbaknya pengen kerja, sesuai dengan spesifikasi pekerjaan, saya sarankan mbak cari kerja di rumah sakit atau apotek
      Bisa sebagai asisten apoteker
      Nggak perlu visa kerja, karena biasanya mereka jg nggak pengen dipusingkan dengan masalah visa.

      Tapi apakah mbak bisa mengatur waktu kerja? karena biasanya waktu kerjanya malam, siang malah sepi
      Bisa juga sih mbaknya kalau hobby menjahit, bisa buka tailor di rumah, atau menyalurkan hobby yang lain

      September 3, 2010 pukul 2:18 am

  19. Ass Wr Wb,

    Saya berencana untuk kerja di Jeddah untuk tehnik penerbangan asing dengan gaji 3500 usd dan mendapat tempat tinggal dihotel serta antar jemput ke tempat kerja, yang menjadi pertanyaan bagaimana caranya untuk bisa membawa keluarga kesana karena perusahaan tsb tidak mau memberi sponsor visa, satu lagi apakah pendapatan itu bisa untuk mengajak keluaraga ,satu istri & 3 orang anak untuk sekolah disana, mohon penjelasannya pak Dedik Setiawan, terima kasih atas perhatiannya.

    September 4, 2010 pukul 8:03 am

    • Dedik Setiawan

      Masnya lihat dulu klausul kerjanya, mungkin kalau tidak diperbolehkan membawa keluarga bisa jadi itu adalah visit visa, bukan visa kerja
      Jadi nanti per 3 bulan diperbarui visa anda

      Seperti ada teman saya juga mengalami kayak gitu.
      Tapi dengan pendekatan dengan pihak sponsor, dia bisa bawa keluarga

      Pendapatan segitu, alhamdulillah bisa bawa keluarga sekaligus menyekolahkan anak, insyaAllah lebih dari cukup
      Saya kita USD 3500 itu akan bertambah jika membawa keluarga, akan ada tunjangan perumahan dan transport.

      Coba masnya nanti tanya2 sama rekan kerja yang sudah bawa keluarga disini yah

      September 8, 2010 pukul 3:26 pm

  20. Eddy

    Assalamu’alaikum,

    Salam kenal mas Dedik.
    Insya Allah, minggu depan ana mau ke Tabuk tapi trasit dulu di Jeddah.
    Ini adalah kali pertama saya pergi ke Saudi arabia
    saya mau tanya kalau di Jeddah ada tempat sewa mobil dengan supir dari Indonesia ?

    September 8, 2010 pukul 3:28 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb
      Kalau sewa mobil dengan supir Indonesia, saya belum pernah lihat mas….biasanya sewa mobil itu setir sendiri dan harus punya SIM sini
      Kalau taxi sopir Indonesia ada

      September 8, 2010 pukul 3:19 pm

      • Eddy

        Assalamu’alaikum Wr. Wb

        Minal Aidzin wal Faidzin – Mohon maaf lahir dan batin, Mas Dedik.
        Mas Dedik, ada kenalan supir taksi dari Indonesia ?

        September 16, 2010 pukul 4:25 am

      • Dedik Setiawan

        Saya ada kenalan, tp kebanyakan dah aku hapus nomornya
        hehehehehehee,soalnya maaf……kebanyakan dari mereka baik pada awalnya tapi setelah saya telepon mereka untuk antar antar jemput saya, mereka tak mau angkat telepon,padahal saya bayarnya juga sama dengan customer lainnya
        Nggak tau mereka sibuk,atau emang nggak mau angkat telepon karena sombong, jadinya saya males pake taxi orang indo

        September 19, 2010 pukul 1:21 am

  21. setyatri

    Assalamaualaikumbang dedik, met idul fitri.
    mo nanya apa pernah dengar disana perusahaan Gulf Power International, soalnya dah interviw saya dan deal ttgsalary. katanya akan kontrak 3 bulan dulu kalau saya cocok bs permanen. kedua: untuk anak sekolah SD disana bagaimana dan biayanya nyampai berapa.
    sukron,wassalamualaikum wrwb

    September 14, 2010 pukul 1:09 pm

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam
      Secara pribadi belum pernah dengar, tapi saya lihat ada site nya http://gpi.com.sa/
      Biasanya kalau perusahaan itu memang 3 bulan kontrak, kemudian dilihat kinerjanya bagsu apa tidak
      Tapi saya kira, itu hanya persyaratan saja, pasti akan diteruskan ke permanen atau dilanjut jangka kontraknya
      Soalnya perusahaan akan rugi 2x kalau dia memecat dalam jangka 3 bulan, rugi uang visa, waktu, uang agency dll
      Biaya anak SD disini murah kok, katanya cuma 300 riyal per bulan, kalau di Sekolah Indonesia
      Kalau sekolah internasional,saya kurang tahu, tapi kayaknya nggak mahal

      September 14, 2010 pukul 3:52 pm

      • setyatri

        Terimakasih kang Dedik, ini alamat komplet perusahaannya. Gimana pendapat kang Dedik, perusahaan ini bukan abal-abal kan? patutkah kami coba?
        “A Dabbagh Group Limited Liability Company
        PO Box 1039 Jeddah 21431 Tel: 966 2 669 5104 Fax: 966 2 667 8119
        C. R. 4030078701 – Chamber of Commerce: 40513
        Paid up Capital: SAR 5,000,000″.
        sukron,jazzukallah

        September 27, 2010 pukul 3:27 pm

      • Dedik Setiawan

        Kalau dilihat dari letter head nya, perusahaan yang sudah mempunyai nomor CR (semacam pengenal pajak/NPWP) berari dia legal
        Aku pernah dengar Dabbagh Group
        Kalau dilihat dari Paid Capital nya yang cuma 5juta, berarti perusahaan itu belum begitu besar
        Dilihat di internet, perusahaan itu bergerak di dibidang pertanian,trading,real estate & telekomunikasi

        Aku nggak tau masnya nanti di sektor yang mana

        September 29, 2010 pukul 5:27 am

  22. Ass.
    Saya punya kawan yg kerja disaudi terakhir dia ktnya kerja di perusahaan minyak wangi namaya rohmat asal karawang panggilannya Q-mex siapa tau antum kenal

    September 19, 2010 pukul 2:04 pm

    • Dedik Setiawan

      Maaf,enggak kenal mas

      September 25, 2010 pukul 7:31 pm

  23. assalamu alaikum
    salam kenal mas
    sy sedang mengembangkan perusahaan produk kesehatan dgn sistem mlm syariah kebetulan baru ada didaerah jedah(sudah ada di lebih 60 negara)bagi yg berminat silahkan hub +6287879852948

    September 29, 2010 pukul 8:22 am

  24. syamsuddin

    mas…..saya punya istri bekerja di tabuk . bila saya menanyakan alamatnya selalu tdk tau .apakah memang disana penbantu itu tdk di beritahukan alamat rumahnya.dan klu bisa mas sy minta tolong….sehubungan gaji mereka selalu di janji 2 . bagaimana caranya supaya gajinya bisa di bayarkan…no yg selalu sy hub;966557881543.
    mereka tinggal di daerah tabuk….
    namaku syamsuddin.nama istri;suryana..
    alamatku;jln malino km17.kab;gowa ;sulsel.
    no hp;081241364245
    04112333645 . tolong bantuannya yg melihat tulisanku ini .

    Oktober 5, 2010 pukul 6:05 pm

    • Dedik Setiawan

      Kebanyakan para tkw di saudi tidak mengetahui letak posisi dimana dia berada, karena beberapa sebab :
      1. Tidak diberitahu oleh sang majikan, atau si tkw nya yg tidak mau tanya alamatnya
      2. Kebanyakan alamat disini menggunakan PO.BOX, jadi agak kesulitan bagi kita orang Indonesia mencari posisi pasti dari si majikan
      3. Tidak ada kontak antara si tkw dengan teman-teman dari indonesia yang berada disini
      4. Karena ketertutupan orang saudi, bahkan terhadap tetanggapun mereka tidak saling kenal

      Saya sarankan mas syamsudin untuk menghubungi kedutaan riyadh, atau ke PJTKI tempat istri dulu diberangkatkan
      tapi coba nanti saya telpon nomor yang dikasih

      Oktober 6, 2010 pukul 5:41 pm

    • Dedik Setiawan

      Sudah saya coba telpon,itu majikan laki2nya
      tapi disuruh telp.majikan perempuan, waktu saya telpon, kayaknya majikannya agak sedikit jutek
      kalau punya masalah kayak gini,mendingan masnya telpon ke KJRI Jeddah atau ke PJTKI tempat istri mas diberangkatkan
      atau masnya bisa telpon ke badan perlindungan tki-di website nya http://www.bnp2tki.go.id/, nomor telponnya bisa ditanyakan ke 108

      Oktober 24, 2010 pukul 11:34 am

      • assalammualaikum, salam kenal dari saya. mohon petunjuk saya masih awam, singkat cerita saya di tawari kerja supir di arab, gaji 1200 real,hal -hal lain seperti tinggal, makan di tanggung oleh siapa saya belum tahu, mohon beri penjelasan, karena saya di tawari oleh makelar. dengan biaya 8 juta katanya bisa berangkat

        November 5, 2010 pukul 3:59 am

      • Dedik Setiawan

        Kalau masnya jadi supir dengan gaji 1200 itu sudah bagus
        tentang tempat tinggal, sedengar saya dari teman2 supir disini akan dikasih sama majikan uang saku selain gaji,jika disuruh tinggal diluar
        tapi kalau rumahnya besar,biasanya ada kamar khusus buat supir

        itu tawarannya dari siapa?
        mohon dicek dulu valid enggaknya info dia,banyak kasus penipuan

        November 5, 2010 pukul 4:14 am

  25. السلام عليكم
    salam kenal akhi…
    ana sudah kirim email ke akurasi@hotmail.com
    abu ibrahim
    yogyakarta

    Oktober 18, 2010 pukul 2:00 am

  26. Roihan

    Assalaamu’alaikum,,
    mas sy mau nanya, kira2 brp gaji laki2 sbg kasir swalayan di dammam? Kata sponsor sy SAR 2300-2500 bersih apa benar? Soalnya sy tertarik dn insya allah mau brgkt ksna.. Trima ksh

    November 6, 2010 pukul 1:42 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb
      Ya, untuk kasir sekitar segituan, tapi kalau bisa minta lebih
      Tapi kalau bersih, dilihat dulu nanti mas roihan tinggalnya dimana?
      Biasanya kalau supermarket nya besar ada compound/mess khusus buat karyawan
      Soalnya Dammam lumayan mahal biaya perumahannya

      November 6, 2010 pukul 3:40 am

      • aslm?masa,ul hoir?maaf ane nanye?sblom nya lam kenal?ya mister bagai mana kaburan yg kena sidik jari?trs gmn solusiny utk balik lg kesana?

        Maret 6, 2012 pukul 4:32 pm

      • Dedik Setiawan

        wa’alaikum salam wr wb

        Kalau kaburan yang sudah sidik jari dibanned (tdk bisa masuk Saudi) selama 5tahun, meskipun ganti nama di paspor, tapi pihak imigrasi sudah punya sidik jari antum…

        Maret 13, 2012 pukul 9:00 am

      • Dedik Setiawan

        Wa;alaikum salam wr wb
        Untuk kaburan yang sudah sidik jari setahu saya tidak bisa kembali ke Saudi dalam jangka waktu 5thn
        Meskipun saudara ganti nama di paspor, tapi pihak imigrasi Saudi sudah punya database dan sidik jadi yang valid dari saudara

        Maret 13, 2012 pukul 9:02 am

  27. ahnan

    mas dedik untuk di riyad biaya hidup mahal gak ya? aku ada tawaran di zahid traktor.
    saya di tawari basic 3500 + tunjangan 750 makasih.

    November 26, 2010 pukul 7:23 am

    • Dedik Setiawan

      InsyaAllah masih cukup sih….untuk biaya hidup di Riyadh mungkin agak sedikit lebih mahal, tapi dengan gaji segitu insyaAllah masih bisa
      Itu masnya tinggal di mess atau nyewa rumah? Kalau nyewa rumah ya segitu pas-pasan,kecuali kalau share kamar dengan orang indo lainnya
      Atau kalau bawa keluarga biasanya ada allowance tambahan untuk perumahan

      Desember 2, 2010 pukul 12:47 pm

  28. mas Dedik Setiawan saya mau tanya pjtki mana yang bagus,ane mau kerja di sana tolong di bantu.makasih

    Desember 3, 2010 pukul 4:21 pm

    • Dedik Setiawan

      Aku rasa semua pjtki punya kelebihan dan kekurangannya masing2
      Untuk mencari pjtki mana yang bagus, biasanya yg sering bekerjasama dengan perusahaan2 internasional, bukan hanya penyedia pekerja untuk sektor informal (semisal untuk penyedia pembantu dan sopir saja)
      Semua tergantung masnya.macam pekerjaan apa yang mas inginkan

      Desember 3, 2010 pukul 4:27 pm

  29. mas klau udah ada info hub sy ya

    Desember 11, 2010 pukul 3:54 am

  30. Asslamualaikum.
    Gmn mnurut anda tentang saya. Saya & tman2 skitar 20 orang akan bkerja di Riyad, nma perushanya Al Shaya, sudah intrview &taken kontrak. brandnya Pottery Barn, dibidang home furnishing bagian installation. PJTKI nya Elite Intl. Recruitment. gross sallary 2500 riyal. 3bln prtama dipotong 30% utk akomodsi, bln ke 4 cri pnginpan dll sndri. Bgaimna mnrut anda?

    Desember 14, 2010 pukul 6:01 pm

    • Dedik Setiawan

      Kan udah teken kontrak,berarti udah setuju dengan klausul kontrak yang diajukan
      Tapi sayang yah harus dipotong, 30% lagi
      Mendingan, karena masnya rame2 sekitar 20an orang, cari apartemen (1suga=1flat) yg biasanya terdiri dari 3 kamar, biasanya seharga 1600-2500/bulan
      nanti bisa sharing kamar sama temen2
      itu akan jauh bisa meringankan biaya hidupnya
      aku belum pernah dengar home furnishing itu, mungkin baru

      tapi dengan gaji 2500 udah lumayan bagus

      Desember 15, 2010 pukul 2:47 am

      • TRIYONO

        mas aku mau tanya aku di tawari kerja di arab tp di bagian restoran apa pendapat anda mas

        April 7, 2011 pukul 3:49 pm

      • Dedik Setiawan

        loh sekarang tujuan masnya apa dulu, pengen dapat yg lebih baik kan?
        kalau gajinya menarik kenapa tidak?

        April 7, 2011 pukul 3:58 pm

  31. sanin

    Insya Allah kalau tidak ada halangan, tgl 27 saya tes kesehatan di jakarta, trus antara tgl 28-30 di interview ama orang jeddah. doakan saya mudah2an lancar.

    tapi saya kerjanya jadi pelayan McD di jeddah :(

    barangkali masnya ada kenalan disana. hahaha….

    Desember 24, 2010 pukul 7:36 am

  32. rere

    Assalamualaikum Mas. Gini mas mo tanya, sbtlnya klo kita mo kerja ke jeddah, emang mesti booking visa dan hrs bayar dulu sekitar 400 dolar ya. Gmn sih prosedurnya yg benar untuk pengurusan visa n passport, soalnya saya msh bingung

    Januari 4, 2011 pukul 4:26 am

    • Dedik Setiawan

      wa’alaikum salam wr wb

      Tergantung pihak sponsor perusahaan perekrut anda
      Apakah dia yang menanggung semua biaya administrasi di Indonesia, sebagian atau tidak sama sekali
      Biasanya yang 400 dolar itu biaya fee ke PJTKI nya
      Prosedur pengurusan visa di Indonesia, visa diterbitkan dulu oleh pihak company dari Jeddah, kemudian diteruskan ke PJTKI di Indonesia (kalau masnya dah diterima kerja dan lulus interview dll)

      Masnya bisa buka artikel saya tentang cara kerja disini

      Januari 4, 2011 pukul 9:48 am

  33. santi

    Assalamualaikum mas. Suami sy ingin sekali kerja ke luar negeri. kebetulan sudah pengalaman 5 thn di bidang konstruksi. Kira – kira kami coba mencari info dimana Mas? Klo untuk bayt.com apa bisa mengurus sendiri untuk administrasi keberangkatannnya atau hrs pake jasa PJTKI. Terima kasih

    Januari 4, 2011 pukul 4:39 am

    • Dedik Setiawan

      wa’alaikum salam wr wb
      kebetulan saya juga di konstruksi engineering

      Untuk administrasi sepertinya harus lewat PJTKI, itu sudah prosedur resmi pengiriman TKI di Indonesia
      Masalah biaya nya, tergantung pihak sponsor perusahaan yang akan dituju suami, apakah ditanggung company atau suami ibu

      Coba mbak bilang ke suami, datang ke PT.Truba Jaya Engineering,di daerah Pasar Minggu, Jalan Swadaya 2
      Temui pak Herry bagian HRD, mungkin di Truba Arabia masih ada lowongan di Saudi

      Kalau mau perusahaan yang lain, mbak bisa buka situs Gulf Engineering atau BEMCO, itu juga di Saudi
      disitu ada career, bisa posting lamaran online

      Selamat mencoba

      Januari 4, 2011 pukul 9:45 am

  34. Assalamualaikum Wr Wb,

    Salam kenal mas Dedik,

    Saya barusan dapat tawaran kerja di Al Khobar – Arab Saudi
    dengan rincian berikut :

    xxxxx SAR Salary including transportation and housing
    xxx SAR mobile charge fee
    xxx SAR for Laptop
    1 return ticket for employee and family
    A class Health insurance for employee and Family
    Visa Fees for employee and Family
    30 calendar days vacation after 11 month working time
    Over time
    Sick leave

    nah yang mau saya tanyakan bagaimana hidup di kota al khobar, karena sudah saya searching tp blm menemukan juga mas,

    setelah saya mendapatkan visa dari arab, apakah untuk proses perijinan visa di indonesia memakan waktu lama, kl iya berapa lama mas biasanya ?
    ini situs adalah agen saya http://www.urscorp.com/
    menurut mas, banyak gk disana agen yang menipu

    sekian pertanyaan saya, mohon maaf jika banyak tanya

    wassalam

    Januari 5, 2011 pukul 6:10 pm

    • Dedik Setiawan

      Al Khobar itu masih dekat dengan Dahran,pusatnya Aramco..saya juga belum pernah kesana
      Tapi temen2 saya yg pernah kerja disana mengatakan,cukup menyenangkan disana rapi bersih, cuma udaranya lagi dingin sekarang….kalau musim dingin bisa mencapai 10 derajat celcius,bahkan lebih rendah
      Banyak juga kok orang indo yg kerja disana

      Perijinan di Indonesia,tergantung dari PJTKI yg telah ditunjuk oleh agen/company sponsor dari saudi.
      Dari pembuatan paspor,visa di kedutaan saudi, sampai medical test.
      Bisa 2minggu-2bulan

      Kalau masnya sudah dipanggil oleh pihak pjtki di indo,insyaAllah nggak apa2,artinya tidak ada penipuan

      Januari 5, 2011 pukul 7:45 pm

      • brokenz1

        mas, nanya lagi kl bekerja disana hari kerja nya hari ampe hari apa
        kl disini kan sabtu minggu libur, kl disana liburnya jumat aja atau ada hari lain liburnya

        Thanks

        Januari 7, 2011 pukul 10:22 am

      • Dedik Setiawan

        hari kamis jumat libur disini
        sisanya cuma libur seperti 17 san gitu sama lebaran dan hajian aja
        selainnya tidak ada

        Januari 7, 2011 pukul 3:38 pm

  35. brokenz1

    mas Nanya lagi nih, sori kalau merepotkan
    adakah teman2 di sekitar al khobar yang bisa saya hubungi
    karena mau tanya seputar apartment ato tempat tinggal
    terima kasih mas
    jika keberatan contact person di posting disini
    ini contact email saya : satriyaningjagat@gmail.com
    terima kasih sebelumnya mas

    Januari 8, 2011 pukul 3:10 pm

    • Dedik Setiawan

      Waduh, saya nggak nyimpan nomor teman di Khobar, coba masnya ke agen perumahan, coba mas tanya ke orang arab atau orang yg dah lama disana
      Jadi masnya dicarikan rumah yang sesuai dengan budget dan bayar 500 riyal
      Sama saja,kalau mas ajak teman,mas juga nanti pasti disuruh bayar 500,meski nggak lewat agen

      Januari 21, 2011 pukul 12:28 am

  36. Joko iswanto

    assalamualaikum. Akh saya lulusan stm pangan, dan punya pengalaman kerja di makanan bagian lab mikro.. Gimana cara mencari lowongan di perusahaan makanan di saudi?? Dan rencana bw keluarga.. Sukron

    Januari 14, 2011 pukul 1:46 am

  37. M. Nasir

    assalamualaikum..salam kenal mas dedik..

    sy mau tnya mas.sy punya adik perempuan dia kerja katnya di jeddah. kalau mau telpn ke jeddah supaya ga mahal pake kode apa yah…posisi sy ada di indonesia tepatnya di jakarta

    mohon petunjuknya mas terimakasih ..

    Januari 18, 2011 pukul 3:41 pm

    • Dedik Setiawan

      hehehehe…mohon petunjuknya…seperti saya ini ahli nujum…..hehehehehe

      keluarga biasa nelpon saya pake 01017 atau 017 saja, saya lupa, kalau bisa waktunya setelah jam 11malam-5pagi,jatuhnya lebih murah

      Januari 21, 2011 pukul 12:19 am

  38. Bang Jo

    assalaamu’alaykum bang.. ana apoteker (23thn), mo kerja di arab, klo bisa di haromaen, gmn caranya? mhon nasehat n pngarahannya…

    Februari 5, 2011 pukul 6:29 am

    • Dedik Setiawan

      Masnya coba buka atau cari2 di google apotek al nahdy, karena jaringannya banyak
      atau kalau mau coba2 buka di http://www.bayt.com. disitu banyak lowongan kerja di middle east

      atau rumah sakit (mustasfa)2 di saudi juga banyak yang mempunyai apotik sendiri

      Februari 21, 2011 pukul 6:19 am

  39. amudy

    mas, mau tanya nih,, saya ada lowongan pelamar nih,

    dengan tawaran sebagai berikut :

    1. gaji 1tahun pertama 2500 riyal
    2. tempat tidur
    3. transportasi (dapat pinjaman mobil)
    4. pulang pergi ke tanah air setelah beberapa tahun kerja
    5. asuransi kesehatan

    cuman masalah utama pada Visa yang pada bulan februari ini terdapat masalah karena sedang sulit dan sedang mahal-mahal-nya lalu pertanyaan :
    1. apakah bisa seumpama ada saudara disana bisa membuatkan visa dan selajutnya prosedurnya bagaimana?
    2. tawaran seperti itu apakah cocok untuk di coba ?

    sekian pertanyaan saya, mohon maaf jika banyak tanya

    wassalam

    Februari 18, 2011 pukul 11:37 am

    • amudy

      ma’af saya perdetilkan dulu..
      mas, mau tanya nih,, saya ada lowongan lamaran nih, di indofood jeddah sebagai accounting staff disana.

      dan dengan tawaran fasilitas sebagai berikut :

      1. gaji 1tahun pertama 2500 riyal tahun kedua ada kenaikan
      2. tempat tidur
      3. transportasi (dapat pinjaman mobil)
      4. pulang pergi ke tanah air setelah beberapa tahun kerja(dilihat dari kerja dulu)
      5. asuransi kesehatan

      cuman masalah utama pada Visa yang pada bulan februari ini terdapat masalah karena sedang sulit dan sedang mahal-mahal-nya lalu pertanyaan :

      1. apakah bisa seumpama ada saudara disana bisa membuatkan visa dan selajutnya prosedurnya bagaimana?
      2. tawaran seperti itu apakah cocok untuk di coba ?

      sekian pertanyaan saya, mohon maaf jika banyak tanya

      wassalam

      Februari 19, 2011 pukul 10:08 pm

      • Dedik Setiawan

        1. Visa itu dikeluarkan oleh pihak imigrasi Saudi atas permintaan si user (company yang akan bapak tempati), tidak bisa diwakilkan oleh saudara atau orang lain diluar company itu
        mungkin yang bapak maksud adalah proses di Indonesianya yang sekarang agak sedikit susah mengingat kasus2 TKI yang terlantar di kolong jembatan beberapa waktu ini.
        Makanya pihak kementrian ketenagakerjaan sedikit lebih straight untuk mengeluarkan izin ke PJTKI untuk si TKI bekerja di Arab Saudi. Banyak kok orang2 indomie/indofood yang
        bekerja disini, mereka ada mess tersendiri, aku nggak tau standar gaji mereka.
        2. Kalau saran aku,kalau masnya nggak keberatan dengan gaji segitu ya ambil aja, apalagi lumayan nanti bisa umroh dan haji dengan biaya yang terjangakau kalau dari sini langsung

        Februari 21, 2011 pukul 6:17 am

  40. Joko iswanto

    akh ana belum dapat lowongan di food company.. Apa akhi bisa bantu cariin lowongan di saudi? Sukron

    Februari 18, 2011 pukul 3:22 pm

  41. Joko iswanto

    afwan akh, ana belum dapat lowongan di food company.. Apa akhi bisa bantu cariin lowongan di saudi? Sukron

    Februari 18, 2011 pukul 3:26 pm

  42. ummu fathimah

    mas, rencananya mau ngunjungin suami di yanbu. kurang lebih 3 mingguan. kalo nginap di hotel, kok kayaknya mahal ya. (suami dapat tempat yang gak bisa ikut nginep). ada solusi? ada gak ya sewa rumah yang sederhana aja cuma selama sebulan yang udah komplit peralatannya? berapa ya mas harganya kira2? terima kasih

    Februari 22, 2011 pukul 6:05 am

    • Dedik Setiawan

      coba suaminya suruh nyari suga (semacam apartemen) dengan satu kamar untuk satu bulan aja,
      kalau mau yg furnished, kayaknya mahal
      kalau mau yg lebih murah,coba mbak nya cari2 temen di fesbuk yang suaminya kerja di yanbu
      coba cari aja,kali aja dapat tumpangan gratis

      Februari 22, 2011 pukul 5:03 pm

      • ummu fathimah

        ma kasih ya mas, satu lagi. apakah kalau mau ke saudi cuma bisa pake visa kerja ato visa umroh doang? kalo cuma kunjungan keluarga pake visa apa mas? apa mesti sama mahrom juga? kira2 biayanya berapa ya mas?
        ma kasih banyak mas

        Februari 23, 2011 pukul 7:02 am

      • Dedik Setiawan

        bisa pake family calling visa ,biayanya kalau nggak salah SR 2000
        jadi suami mbak mengajukan family visa ke company tempat dia kerja untuk diuruskan ke kedutaan saudi di jakarta
        bilang aja untuk umroh,temporary gitu

        Kalau tidak ada family di saudi,sepertinya tidak bisa mengajukan visa keluarga, paling visa umroh, dan itupun harus dengan rombongan yang ada mahromnya
        Jadi semacam ikut rombongan umroh gitu

        Februari 24, 2011 pukul 7:34 am

  43. iffah

    Assalamu’alaikum,

    Akhi , afwan saya boleh minta informasi tentang sewa rumah disana biasanya sdh full furnish atau masih kosong? furniture 2 disana mahal gak akh?ac sdh terpasang atau kita yang sebagai penyewa harus pasang sendiri?

    Februari 23, 2011 pukul 5:07 am

  44. dodi isdianto

    assalammualaikum.w.w..

    maaf mas.. saya mau nanya nih, kemarin saya dapat tawaran kerja di PT.Unicoil di saudi. sebagai operator di bagian Quality control. saya ditanya mau gaji berapa? saya bingung jawabnya karna saya gak tau standar gaji di sana. saya takut jawabnya kurang atau terlalu tinggi.

    yg saya tanyakan berapa standar gaji yg pas buat pekerjaan yg ditawarkan itu..

    trimakasih…

    Maret 1, 2011 pukul 5:19 pm

    • Dedik Setiawan

      wa’alaikum salam wr wb

      Masnya nggak usah takut untuk mengajukan penawaran tinggi
      Saya lihat perusahaannya lumayan bonafide,saya buka site nya
      Minta aja sekitar 8000real atau bahkan bisa lebih
      Standar gaji disini tergantung dari masing2 jenis compant itu

      Jadi coba aja, nanti kalau ketinggian juga pasti ditawar sama dia,alhamdulillah kalau diatas ekspetasi mas dodi kan.

      Maret 1, 2011 pukul 6:51 pm

  45. dodi isdianto

    assallamualaum mas…

    saya ucapkan trimakasih atas tanggapan n jawaban yg mas berikan. skarang saya bisa memberikan penawarannya.. semoga aja dapat tawaran yg lumayan. syukur2 saya bisa brangkat ke saudi dan bisa bersilaturahmi ketempat mas nantinya..
    saya minta doa nya…
    sekali lg saya ucapkan trimakasih banyak..

    wassalam..

    Maret 2, 2011 pukul 4:55 am

  46. Joko iswanto

    mas punyaku kok belum dijawab? Sukron

    Maret 3, 2011 pukul 2:30 am

    • Dedik Setiawan

      waduh,kalau suruh nyariin ya lama mas
      mending masnya cari2 via google,klik kata kunci food company saudi
      atau masnya bisa nglamar di Indofood Saudi,coba mas cari di google yah

      Maret 3, 2011 pukul 8:06 am

  47. diah

    mas, kalau standar gaji perawat disana brp ya? sy ditawari kerja, katanya gajinya 1500-4000 tergantung dr pengalaman kerja.. apa memang segitu ya gajinya? tks mas

    Maret 21, 2011 pukul 7:39 am

    • Dedik Setiawan

      Setahu saya emang sekitar 1500-4000an gitu
      kalau yg perawat indo biasanya 1200-2500an

      Maret 21, 2011 pukul 5:13 pm

  48. ahmad

    assalamualakum
    Assalamualaikum akhi, perkenalkan nama saya ahmad, begini istri saya bekerja di Dammam sebagai perawat, saya juga ingin menyusul kesana walaupun hanya menjadi sopir tapi saya juga berusaha untuk masuk perusahaan Aramco, pertanyaan saya apa saya bisa disponsori istri saya atau disponsori oleh orang arab (kafil), visa apa yang bisa saya gunakan visa bebas atau visa kerja, berapa harga kedua visa tersebut? Salam sukses buat anda. wassalamualaikum

    April 1, 2011 pukul 3:13 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb
      Saya sarankan sebaiknya istri mas mengadakan pendekatan dengan company tempat dia bekerja, apakah bisa mengeluarkan visa untuk masnya (misalkan visa sopir)
      atau coba ke pjtki tempat istri dulu tanya ke mereka apakah ada yg menerbitkan visa sopir
      Kalau disponsori oleh istri,setahu saya bisa, tp masnya dependent,alias tidak diperbolehkan bekerja (sebenarnya bisa saja bekerja kalau ndak ketahuan imigrasi, kalau ketahuan ya resiko deportasi-tp dipenjara dulu)

      Kalau visa kerja,harganya 2000 riyal (biasanya dibayar pihak sponsor/company), kalau visa bebas 6000-12000 (tergantung majikannya)

      Jadi itu tadi, minta istrinya tanya ke pihak RS,apa bisa menerbitkan visa, kalau enggak bisa, masnya bisa ke pjtki nanya,apa ada visa sopir untuk ke dammam, kalau nyari kerja via pjtki biasanya bayar 8jutaan

      April 5, 2011 pukul 2:41 am

  49. ssalamualakum
    Assalamualaikum akhi, perkenalkan nama saya Eddy,
    saya punya makanan olahan dari sapi berupa abon, saya dapat informasi bahwa diArab saudi peminantnya cukup banyak, kira-kira bagaimannya ya caranya supaya produk saya ini bisa tembus kepasa Arab saudi terima kasih….wassalamualaikum

    April 30, 2011 pukul 10:29 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb

      Waduh, kayaknya dah banyak tuh abon sapi di supermarket, nggak tau channelnya kalau mau masuk kesini

      April 30, 2011 pukul 5:43 pm

  50. gunawan

    Assalamualaikum Mas Dedik,

    punya info enggak cara-cara atau aturan buka bisnis ‘business set up” di Saudi? Untuk dagang bahan makanan pokok (import) biasa nya di kota mana pusat nya, Jeddah? atau di sekitar Mekkah krn banyaknya Jamaah dan kegiatan pembangunan di sana?

    Wassalam
    Gunawan

    Mei 18, 2011 pukul 12:49 pm

    • Dedik Setiawan

      Makanan pokok asal indonesia biasanya dibawa oleh petugas pramugari dan disebar ke beberapa warung indo disini
      Untuk tingkat yg lebih tinggi, bisa bekerjasama dengan importir Saudi, tapi saya nggak tau

      Mei 20, 2011 pukul 10:55 am

  51. arif

    assalamualaikum.wb.wr

    mas,,saya ingin sekali kerja ke luar negeri,,latar belakang saya di IT,saat ini pun saya masih aktf di salah satu perusahaan di jakarta,dalam bidang IT jg,seandainya saya cuma ingin menjadi sopir,,bisakah pean mencarikan job untuk saya,,,

    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih…

    wassalam.wr.wb

    Mei 25, 2011 pukul 2:54 pm

    • Dedik Setiawan

      wah sayang sekali harus jadi sopir, alasannya apa mas? gaji sopir cuma 1200 riyal (1riyal=Rp 2230)
      coba masnya buka2 http://www.bayt.com
      disitu banyak ditawarkan posisi kerja di timur tengah

      Mei 28, 2011 pukul 5:25 pm

  52. ulil albab

    akhinal kirom,ane mo tanya,dsna apa ada universitas terbuka bagi karyawan,dan berapa jam perjalanan dari jeddah ke dammam..trimakasih infonya
    jazakumulloh khiro katsir

    Mei 30, 2011 pukul 3:31 pm

    • Dedik Setiawan

      waduh, belum pernah dengar mas univ terbuka, soalnya nggak pernah tanya2
      Kalau perjalanan darat Jeddah-Dammam itu sekitar 14-16jam, kalau pesawat paling 1 1/2jam

      Juni 6, 2011 pukul 10:10 am

  53. udin

    asslkm wr wb. Mas Dedik mau nanya neh, aku dpt tawaran kerja di Robian (www.robian.com.sa) prsh Udang arab sbg SPV di Cold Storage satu paket dengan istri (juda sbg SPV), kira2 gajinya berapa ??

    Juni 6, 2011 pukul 9:56 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb
      Wah kalau di bidang perikanan kurang begitu tau ya berapa standar gajinya, apa tidak ada penawaran dulu dari perusahaannya?
      Biasanya sih sekitar 2500-3000an, kalau untuk orang Indo. Gak ada salahnya minta 4000real

      Juni 6, 2011 pukul 10:13 am

  54. Yadi

    Assalamualaikum wrb,
    Mas Dedik yg dirahmati Allah. Saya seneng membaca tulisan mas dedik. Segalanya hampir detail, sehingga kita tahu berapa biaya sebenarnya untuk tinggal dan bekerja di Arab Saudi. Cuma ada beberapa pertanyaan yg ingin saya ajukan:
    1. Biaya sekolah anak: Berapa biaya anak untuk kelas TK, SD, SMP dan SMA?
    2. Brapa biaya untuk membayar iuran listrik dan air?
    3. Transportasi apa yg cocok utk keluarga? apakah lebih hemat dengan membeli mobil? atau lebih baik dengan transportasi umum saja?
    4. Bagaimana keamanan disana? apakah cukup aman bagi kita para imigran yg akan hidup disana? apakah masih ada diskriminasi disana?

    Demikian pertanyaan dr saya, kiranya berkenan untuk menjawabnya.

    Wasalam,
    Yadi

    Juni 11, 2011 pukul 2:45 pm

    • Dedik Setiawan

      Alhamdulillah jika bermanfaat.
      Saya akan coba jawab pertanyaannya
      1. Biaya masuk SD itu murah pak, kalau nggak salah spp nya cuma 100-200 riyal per bulan jika sekolah di sekolah indonesia, kalau di sekolah internasional pilih aja sekolah India yang murah tapi kualitasnya bagus.
      2. Wah listrik murah mas, saya aja cuman 75riyal per bulan, itu ada 2 ac,kulkas,microwave dll. Untuk air biasanya satu paket dengan biaya sewa apartemennya,karena air dari pemerintah alias gratis,tapi terbatas satu minggu sekali datangnya, jika air habis biasanya ada tarikan 10-15 riyal untuk beli air setanker yg ditarik dari penghuni apartemen.
      3. Kalau gajinya cukup dan berencana tinggal lama disini sebaiknya memang beli mobil, harga mobil disini jauh lebih murah dari di Indonesia. Bisa cash atau installment yang sangat ringan.
      4. Diskriminasi masih ada, tapi kita jarang berinteraksi dengan lingkungan bahkan dengan tetangga depan apartemen,
      Kalau keamanan,sebaiknya jangan bepergian sendirian, untuk ibunya jangan jalan sendiri dan sebaiknya tinggal di kawasan yg padat saja

      Semoga jawaban saya memuaskan

      Juni 16, 2011 pukul 5:56 pm

  55. ass mas salam kenal nama sy aceng sy dokter umum tp ngambil keahlian kursus esthetika….kebetulan saya senin besok ada wawancara dengan pihak user rumah sakit saudi arabian german hospital..di jeddah..and kyknya type rs international…saya senin besok nego gaji..sepengetahuan mas standar gaji dokter dsana berapa ya??ada yg bilang 15000 real tp itu beberapa tahun yg lalau klo sekarng berapa ya?? sy kerja di rs swasta di jakarta timur..salary lumayan sampai 25.000.000 klo pasien bnyk bisa lebih…kira2 saya nego berapa ya?? klo kerja dsana klo 3 kali lipat salary di i donesia sy mau….mas tolong di bls ya krn lg perlu infonya 082111858435…ato ke email abbie.handsome@yahoo.co.id

    Juni 16, 2011 pukul 2:43 pm

    • Dedik Setiawan

      Setahu saya Saudi German Hospital itu rujukan insurance besar mas, dia termasuk rumah sakit elit di Saudi.
      Kalau kang aceng mau, bisa minta salary lebih tuh…tapi biasanya ada allowance +20% selain. Dan ada tambahan 45% lagi jika tida mau tinggal di mess perusahaan,alias nyari apartemen sendiri.
      Silahkan kang aceng keep in touch di facebook sekaligus email saya : akurasi@hotmail.com

      Juni 16, 2011 pukul 5:45 pm

      • mas dedik udh aku add ya facebook nya….,add aku juga ya…o ya mas klo aku minta salari 3-4 kali lipat di ndonesia gmn bisa gk>?? misal 40.000 real gmn?? soalnya kan ninggalin keluarga dan kerjaan yg saya jalani sekarng…and yg allowance 20% itu dalam bentuk apa…dan yg 40 % itu apa aja ya….kira2 klo dokter jam kerjanya gmn mas?? apa seperti di indo 8 jam sehari dan 40 jam seminggu…aku takutnya kerja rodi mas…and kira2 klo saya mau lanjut sekolah lg dsana kira2 bisa gk ya mas???bls ya…

        Juni 17, 2011 pukul 3:59 pm

      • Dedik Setiawan

        aku gak tau ya mas standar gaji dokter disini, tapi sepertinya terlalu tinggi. Biasanya gaji segitu untuk yang bekerja di oil & gas
        Allowance 20&40% itu ya dalam bentuk uang dibayarkan bersama gaji bulanan
        Jam kerja disini malah aneh, budaya orang saudi itu baru keluar setelah waktu isya, dan biasanya sibuk2nya rumah sakit ya jam segitu
        Untuk sekolah kedokteran disini tidak sebagus di Indo mas, wong dokternya aja kebanyakan dari Mesir,Suriah,Libanon & India

        Juni 17, 2011 pukul 4:20 pm

  56. sorry mas bukan di jeddah tapi ryadh

    Juni 16, 2011 pukul 2:44 pm

    • Dedik Setiawan

      Enaknya bekerja di saudi adalah nilai tambah bisa ibadah umroh,haji dan jauh dari hingar bingar dunia yg tak ada habisnya,silahkan dipikir aja dulu

      Juni 16, 2011 pukul 5:46 pm

      • mas 40.000 real itu klo di rupiahkan hampir 100 jt ya,,klo di indonesia gaji dokter specialist di rumah sakit besar yg bertaraf international.gede mas di atas 100 jt…ada yg 120 jt sampe 300..tergantung bnyk pasien and tindakan yg di lakukan…masa dsana gk sampe segitu ya….sy harus nanya ke siapa ya mas?? kmaren kt orang pt ya nego aja katanya,,klo perawat di rupiahin min 8 jt sampe 12 jt katanya.klo dokter dia gk tau…

        Juni 17, 2011 pukul 4:31 pm

      • Dedik Setiawan

        Ya saran saya coba aja mintanya segitu,nggak ada salahnya, kali aja mereka terima. Soalnya aku nggak tau standar gaji dokter spesialis disini

        Juni 17, 2011 pukul 4:33 pm

    • oh dokter2nya kebanyakan dari luar juga ya…berarti klo saya mau lanjut lg harus resign dulu dari rs tsb ya??sy pengen bngt lanjut sekolah di luar negeri….klo dubai bagus gk mas mengenai dunia pendidikan??

      Juni 17, 2011 pukul 4:35 pm

      • Dedik Setiawan

        walah….yakin deh mas, untuk pendidikan, jauh lebih bagus di indonesia jika dibandingkan dengan mid-east.
        Kebanyakan dokter2 ahli disini itu lulusan Kanada,England sama US

        Juni 17, 2011 pukul 4:41 pm

  57. O ya mas PT tipar jalan komodor no.2 halim perdana kusuma jaktim…itu yang memberi tau info tentang kerjaan…apakah itu pjtki resmi?? mas tau gk?? saya mohon dengan sangat untuk share informasinya…wass..

    Juni 16, 2011 pukul 4:44 pm

    • Dedik Setiawan

      sepertinya pernah dengar mas….lagipula, pjtki di jkt itu kebanyakan terpusat di jaktim

      Juni 16, 2011 pukul 5:40 pm

      • mas sekarang nilai tukar real terhadap rupiah berapa mas?? klo cuti biasanya setauh berapa hari dsana?

        Juni 17, 2011 pukul 4:13 pm

      • Dedik Setiawan

        Sekarang sekitar 2250, 4 bulan yg lalu sih masih 2500. Untuk cuti tergantung kesepakatan karyawan dengan perusahaan, ada yg tiap 6bulan sekali, ada yg 1th sekali

        Juni 17, 2011 pukul 4:22 pm

  58. abu hamzah

    mas bisa minta tolong gak? dulu waktu paman saya kerja di jeddah jd sopir dia dpt majikan namanya habib husein taha yasin sabir. katanya itu orang terkenal di jeddah. Ayahnya mantan Imam masjidil haram. tp dia kehilangan kontak sejak 2000. bisa minta tlg carikan no hp beliau gak karena masih ada amanah beliau yg blum disampaikan. O iya kalo ditanya nama paman ana Imam Mukhtar dari blitar. Jazakumullah khair atas bantuannya.

    Juni 19, 2011 pukul 6:06 am

    • Dedik Setiawan

      Waduh,aku nggak tau mas…nggak kenal sama nama majikannya
      Mending masnya langsung ke BNP2TKI di Jakarta, ngadu kesana, biar mendapat respon

      Juni 19, 2011 pukul 7:49 am

      • abu hamzah

        kalau tanya di bagian Informasi telepon/ call center gitu apa ndak bisa mas?

        Juni 22, 2011 pukul 12:41 am

      • Dedik Setiawan

        wah, nggak seperti di Indo mas bro. Disini agak susah nyari orang ilang, lebih baik menghubungi BNP2TKI di Jakarta saja

        Juni 22, 2011 pukul 3:54 pm

      • abuhamzah

        Mas kemarin saya lihat lowker di situs lansima untuk trainee di truba arabia. Itu bagus gak mas? kira2 gaji standardnya berapa? Maaf tanya terus, kelihatannya saya juga pingin karir ke saudi nih…

        Juni 23, 2011 pukul 4:52 am

      • Dedik Setiawan

        Kalau untuk trainee mah kecil, paling basicnya cuma 800, tambah lembur jadi 1500/bulan. Tapi semua juga tergantung negonya di Indo…silahkan dicoba aja

        Juni 24, 2011 pukul 6:42 am

      • abuhamzah

        mas saya udah proses untuk trainee kalo kata sampean bisa dinego kira kira berapa ya enaknya? itu apa bisa naik tingkat?

        Juli 6, 2011 pukul 2:16 am

      • Dedik Setiawan

        ya mungkin maksimal SR 1000, tapi kalau trainee itu agak sulit naik jenjang, karena belum memiliki skill, paling naik gaji doang

        Juli 7, 2011 pukul 4:29 pm

      • abuhamzah

        mas saya udah proses untuk trainee kalo kata sampean bisa dinego kira kira berapa ya enaknya? itu kira2 apa bisa naik jenjang kalo kerjanya bagus?

        Juli 6, 2011 pukul 2:18 am

      • Dedik Setiawan

        udah dibalas

        Juli 7, 2011 pukul 4:29 pm

  59. Uchal

    Assalau alaikumm,, Mas,,, sy mau nanya ada gk lowongan kerja untuk Lulusan teknik Mesin , dan cocoknya dibidang apa klw di Arab Saudi , standar gajinya berapa , Pjtki mana yang harus saya hubungi di Indonesia Jakarta or Makassar , dan saya perlu mempersiapkan apa saja ,???, Thanks very much

    Juni 21, 2011 pukul 10:58 am

  60. Uchal

    Assalau alaikumm,, Mas,,, sy mau nanya ada gk lowongan kerja untuk Lulusan teknik Mesin , dan cocoknya dibidang apa klw di Arab Saudi , standar gajinya berapa , Pjtki mana yang harus saya hubungi di Indonesia Jakarta or Makassar , dan saya perlu mempersiapkan apa saja ,???, Thanks very much
    Boleh gk sy minta alamat emailnya Mas ?? This my Email andiucal@yahoo.com

    Juni 21, 2011 pukul 11:01 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb
      Kalau mas Ucal lulusan Teknik Mesin, masnya bisa bekerja di perusahaan engineering atau electrical
      Standar gaji untuk teknik mesin, biasanya SR 4000-7000 untuk basic, tergantung perusahaannnya
      Kebetulan perusahaannku di engineering, masnya bisa menghubungi PJTKI PT Lansima di JL.Tegal Parang Utara No.41 Jakarta Telp:021-7948521, coba aja tanya apakah ada lowongan untuk posisi teknik mesin di Truba Arabia atau di Arabian Bemco
      ini email saya :akurasi@hotmail.com

      Juni 21, 2011 pukul 3:31 pm

      • Uchal

        Makasih banyak mas informasinya ,, sy benar2 mau kesana ,Tp persiapan yg paling penting dulu yg sy harus lakukan apa Mas ? Mungkin untuk informasi slnjuty sy hubungi Mas nanti via Email ajh mas ,, Makasih mass sukses selalu

        Juni 23, 2011 pukul 3:08 pm

      • Dedik Setiawan

        Yang penting semua dokumen dah beres, mentalnya juga. Karena akan berpisah dengan keluarga dalam jangka yang lama

        Juni 24, 2011 pukul 6:43 am

  61. ass mas dedik tadi sy sdh interview sama user ternyata standart gaji untuk dokter umum dsana hanya 2000 usd ato sekitar 18 jt..tambah tunjangan lain2 700 usd, so kira2 rp.21 jtaan lah perbulan kontrak 2 tahun…penempatan di klinik ato rs di jeddah dan arab saudi…kira 2 segitu gmn?? klo mnrut ku siy …gk jauh beda dg di in donesia ya….ambil gk ya mas?? terlalu tipis perbedaanya ,,,,jd males ni…apalagi mas sekarang bnyk info rmasi sanggaaaat gencar sekali di media elektronik…banyak tki di arab saudi yang bermasalah baru2 ini ada yang di pancung,,atas nama rusyati asal bekasi dan kasus -kasus lainya yang gk kalah gentingnya,,,jadi geram ni sama orang2 arab ..tp ya pemerintah indo juga harus bertanggung jawab juga ya,,,,gmn mnrt mas dedik???

    Juni 21, 2011 pukul 2:58 pm

    • Dedik Setiawan

      wa’alaikum salam wr wb
      Saya kan sudah bilang mas, standar gaji 100jt kalau disini itu untuk yang bekerja di oil & gas
      Saya saja gajinya juga cuma 25jt an per bulan, tapi kalau untuk dokter spesialis harusnya lebih dari itu, terutama Saudi German Hospital.
      Gaji segitu status single atau sudah termasuk housing allowance?? Karena ada perbedaan kalau kita bawa keluarga akan ada penambahan allowance untuk perumahan+transport
      Tapi keuntungannya disini, barang masih murah dibandingkan negara teluk, dan dekat dengan Mekkah Madinah, jadi kalau mau umroh tinggal bolak-balik
      Ya monggo terserah masnya, mau diambil atau tidak, tapi coba aja renegosiasi gaji

      Juni 21, 2011 pukul 3:36 pm

  62. status single mas…gaji segitu…..ya .masalahnya gini mas saya fikir sekalian saya bisa bersekolah dsana..dan sekaligus beribadah….karna kan saya msi dokter umum jadi pengen ambil specialis dsana…tp kata user klo untuk sekolah dsana ngambil specialis memang di arab saudi tidak bisa untuk orang luar harus orang arab sendiri..tidak menerima orang luar…nah kalau begitu berarti saya cuma jadi dokter umum aja kan,,,setelah hbis kontrak ya pulang….ato perrpanjang kontrak…kalau pulang berarti saya kerja di indo mulai dari nol lg donk?? blm lagi harus ngurus2 ijin praktek lagi,ujian kompetensi lg,,puyenk deh…..kecuali…kalau saya mau menetap tinggal selamanya disana..tapi apa bisa mas kita pindah kewarganegaraan arab,,kyknya sulit yah…gmn mnrt mas??

    Juni 21, 2011 pukul 3:51 pm

  63. klo renegosiasi kyknya gk bisa mas tadi dia bilang untuk saya yang paling besar di banding dengan teman2 yang lain sdh maksimal 2700 usd.

    Juni 21, 2011 pukul 3:53 pm

  64. ada lowongan IT disana mas ?? ijazah STM :( tapi ngerti banget soal it,dekstop,LAN,WAN,webmaster, it Support. mohon info dong mas. Thanks.

    Juni 21, 2011 pukul 6:25 pm

    • Dedik Setiawan

      coba masnya buka http://www.bayt.com. Tapi biasanya yang dicari sarjana mas bro

      Juni 22, 2011 pukul 3:54 pm

  65. udin

    Mas Dedik, sampeyan kan gajinya 25 juta tuh, dalam sebulan habis berapa untuk total bea hidup disana, trus bisa nyimpen berapa rupiah tiap bulannya. just sharing aja mas, suwun…

    Juni 28, 2011 pukul 8:50 am

    • Dedik Setiawan

      waduh…
      gini, saya sewa rumah sebulan SR 1.100
      Makan+minum SR 1.100
      Biaya transport (saya tdk beli mobil) SR 300
      Biaya internet SR 75
      Biaya listrik SR 70
      Lain2 SR 300,
      jadi total sebulan itu SR 2,945, taruhlah SR 3000xRp 2250 = Rp 6,750,000/bulan
      ini perkiraan biaya kalau kita tidak beli macam2, dan diluar pembelian tiket kalau kita mau pulang ke indo

      Jadi saya bisa saving sekitar 15-20jt per bulan

      Juni 28, 2011 pukul 9:00 am

  66. udin

    mas, sampeyan disana tinggal bareng istri gak?? ongkos sebulan 6,7 buat hidup sendiri apa udah sama keluarga, jika anggota keluarga ada 4, suami, istri, anak dan pembantu kira2 berapa biaya per bulannya?? heheheh

    Juni 28, 2011 pukul 10:32 am

    • Dedik Setiawan

      ya tinggal ditambahkan uang saku anak+biaya spp nya, dengan gaji pembantu aja mas

      Juli 7, 2011 pukul 4:27 pm

  67. deni

    Assalamualaikum ya akhi..,

    saya bekerja di perusahaan retail (home fursnisihing store) di riyadh sejak januari 2011 ini. karena perusahaan ini baru ekspansi di ksa, mereka akan membuka cabang baru di jeddah dan dammam, akhir agustus. beberapa dari kami, worker dari indonesia merasa aware dengan keadaan ini, karena sebagian dari kami kemungkinan akan ditransfer ke dua kota tersebut, terutama kami semua belum tahu perbedaan2 apa saja yang berkaitan dengan living cost, antara kota riyadh dan kedua kota tersebut diatas. yang saya tahu, di jeddah, akan membuka store nya di redsea mall.

    yang ingin saya tanyakan, apakah ada perbedaan mencolok tentang living cost riyadh dengan kedua kota tersebut (jeddah dan dammam). expenses terbesar kami ada di housing, transportasi dan makan. untuk informasi, di riyadh ada area ‘ekonomis’ yaitu albatha dimana bisa kami dapat aprtemen murah (kami berlima sewa kamar apartemen jumlah 2 kamar) dan biaya makan di area sana murah.

    terima kasih atas informasinya

    Juli 8, 2011 pukul 7:43 pm

    • Dedik Setiawan

      Kalau Dammam,jelas lebih mahal dari Jeddah dan Riyadh,karena semua under Aramco

      Kalau di Jeddah yang dekat Red Sea Mall daerahnya masih banyak yang kosong, tapi bisa mencoba daerah dekat dengan toko Indonesia Sampoerna di daerah Heraa st, disitu banyak warung dan orang Indo ngumpul
      Red Sea Mall sendiri termasuk favorit orang2 kaya di Jeddah, tapi karena perumahan disitu masih sepi, jadi tak terlalu mahal untuk sewa apartemennya, di kisaran SR 15.000-25,000 per tahun untuk yang 2-4 kamar, atau ada yang lebih murah lagi SR 10,000-12,000/tahun utk 1-2kamar dibayar per 3,4 atau 6bulanan
      Untuk biaya makan,karena daerah situ dekat dengan Heraa st, jadi banyak warung Indo, dan biaya makannya lebih murah kok mas dari Riyadh

      Tapi ada juga yang kamar kelas single, paling 400-800 real per bulan

      Juli 9, 2011 pukul 12:42 pm

      • raven

        assalmualaikum…

        ngomong ngomong soal kota Dammam, skitar bulan depan sy ad rencana untuk kerja d kota tersebut, n kl baca2 dr diskusi diatas sepertinya kl

        mau tinggal d kota Dammam perlu biaya tinggi ya mas Dedik? Maksudny under Aramco gmn ya? mohon infonya sekalian ya mas berapa biaya

        hidup d kota Dammam kl membawa keluarga (istri). Dtunggu balasannya segera ya mas Dedik krn insyaAlloh akhir bulan depan sy sdh berangkat

        ke Arab. Makasih…

        Wassalam

        Agustus 26, 2011 pukul 5:04 pm

      • Dedik Setiawan

        wa’alaikum salam wr wb….

        untuk kota dammam/al khobar itu kota minyak nya Saudi, sedang minyak disana dikuasai Aramco, jadi standar gaji, harga juga kayaknya agak lebih mahal dari kota lainnya
        Kakau biaya pendidikan anak mungkin agak mahal,karena tdk ada sekolah indo, adanya sekolah internasional, bapak bisa pilih sekolah india yang lebih murah dengan standar inggris, atau sekolah british jika menginginkan pendidikan yang bagus.

        Kalau perumahan, harga sewa mungkin dikisaran 20ribu-40ribu per tahun,dibayar mungkin bisa per 3 bulan, 6 bulan atau setahun langsung

        September 9, 2011 pukul 2:44 am

  68. ahmad

    asslm…salam kenal mas
    mau tanya saya…kira@ standar gaji pegawai optik di arab berapa ya mas…
    thnks atas infonya…

    Juli 13, 2011 pukul 6:48 pm

    • Dedik Setiawan

      mungkin sekitar 2000-3000 real mas

      September 9, 2011 pukul 2:38 am

  69. Abu_Salman

    Assalamu’alaikum…..
    klo di pabrik indomie..gajinya brp ya utk d3, dan dapt fasilitas apa aja.?
    jazakallahi khoir

    Agustus 13, 2011 pukul 1:20 pm

    • Dedik Setiawan

      mungkin sekitar 2500-4000an ya, setau aku indomie [punya compound/mess tersendiri bagi yang single

      September 9, 2011 pukul 2:40 am

  70. hamka

    assalamu alaikum wr wb, tahun 2008 lalu saya menunaikan ibadah haji, dan kalau mendaftar sekarang di daerah saya di sulsel 13 tahun kemudian baru bisa berangkat haji lagi, rencana mau jalan sendiri aja seperti mahasiswa dari mesir gimana carannya ya harap infonya sekalian minta no hpnya mas, kirim aja ke emailku nanti aku yang telepon

    Agustus 31, 2011 pukul 1:59 pm

    • Dedik Setiawan

      wa’alaikum salam wr wb

      ada beberapa cara kalau ingin berhaji langsung dari Saudi
      Jika saudara memiliki bapak/ibu di saudi mereka bisa membawa bapak ke saudi dengan visa keluarga, dan berangkat ke saudi 3 bulan sebelum hajian….
      atau ikut travel agent dan umroh pada saat menjelang lebaran, dan bapaknya bermukim di mekkah sampai nanti bulan haji.
      Silahkan cari sewa rumah di mekkah, jangan hotel jatuhnya mahal, kalau sewa rumah saya sarankan search orang indo yang bekerja di mekkah,mudah2an mereka bisa membantu

      September 9, 2011 pukul 2:50 am

  71. hamka

    thanks infox, opsi bermukim di mekkah sampai bulan haji, apakah nantix pada saat pulang ke indo tidak di persulit di bandara di jedda karena visa tinggal sudah lewat, di indonesia ada dijual visa non quota (Akomodasi tanggung sendiri di sana) apakah bisa ikut travel haji di jeddah (tasreh) mohon info travel2 haji di jeddah (Travel Legal)

    September 9, 2011 pukul 12:54 pm

    • Dedik Setiawan

      Agak susah ya berhaji lewat travel,karena visa umroh itu berlaku 1 bulan dan biasanya kalau 2 bulan menjelang hajian itu pemerintah Saudi tidak akan mau memperpanjang visa umroh.
      Tapi saya pernah menemukan kasus, ada teman yang membawa ibunya kesini pake visa umroh pas lebaran, dan diperpanjang sampai hajian, dan ternyata ibu itu bisa berhaji dengan hamlah/travel haji di Jeddah, dan alhamdulillah tidak ada masalah.

      September 18, 2011 pukul 7:08 am

  72. Tatang

    Kang Dedik, makasih atas info di blog nya, sangat bermanfaat sekali. Kalo boleh tahu, apa ada batasan umur untuk bisa bekerja disana?

    September 13, 2011 pukul 1:08 pm

    • Dedik Setiawan

      Setahu saya ada, cuma tidak tahu berapa batas usia yang boleh masuk bekerja disini, karena saya lihat kok banyak sekali pekerja yang udah pada uzur disini masih bisa bekerja, kebanyakan di kantor,bukan pekerjaan yang memerlukan fisik

      September 18, 2011 pukul 7:10 am

  73. Lisa

    Asalamualaikum mas,
    suami saya ada tawaran SR6,500 nett per bulan ditambah asuransi, fasilitas rumah sekeluarga dan mobil (transport). apakah jumlah itu cukup karena anak saya umur 4 th. akan sekolah. juga mohon info nya tentang biaya pendidikan yg menurut mas sesuai dengan penghasilan tersebut. kami suami istri dengan 1 anak. apakah tawaran itu memadai untuk diambil? makasih…,

    Oktober 1, 2011 pukul 7:44 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb

      InsyaAllah cukup. Saya mau tanya dulu. Apakah gaji segitu single atau sudah bawa family? Setahu saya, biasanya orang kerja di Saudi itu dia dulu yang berangkat, kalau dia mau bawa keluarga, akan ada tambahan allowance untuk family, semisal tambahan allowance ticket,transport & perumahan. Coba suaminya nanya dulu ke company nya.
      Kalau suami ditugaskan di jeddah atau Riyadh, ada sekolah Indo, baik itu utk TK-SMA, biayanya murah kok. Atau kalau nggak ada sekolah indo, bisa disekolahkan di Sekolah Internasional India, biayanya juga nggak mahal kok bu

      Oktober 19, 2011 pukul 2:38 pm

  74. abu zaki

    Assalamu alaikum…Mas saya ,au tanya kalo standar gaji operator di pers Bourouge berapa ya ? {kalo tau hehe)
    trus kalo sudah berkeluarga gajinya bisa nambah gak ya

    Jazakumulloh

    Wassalam
    Abu Zaki

    Oktober 12, 2011 pukul 5:45 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb

      Kalau di petrochemcial insyaAllah tinggi akhi, untuk operator basic mungkin 4000-7000 tapi lemburannya gede, dan kalau bawa keluarga akan berlipat2 allowance nya. Jangan kuatir, ada tambahan jika bawa keluarga

      Oktober 19, 2011 pukul 2:41 pm

  75. sigit

    Assalamualaikum wr wb. mas Dedik minta info kota Al-Lith yang ada dipinggiran Laut Merah donk. Dari Jeddah atau Mekkah jauh gak? Berapa lama jika naik mobil. Disana ada pusat perbelanjaan n masyarakatnya seperti apa? Insya Allah awal taun 2012 saya mau kerja disana. Thkns infonya

    Oktober 16, 2011 pukul 6:07 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb

      Kalau saya lihat di google map, kota itu di sebelah selatan Jeddah, arah ke Jizan. Kira-kira 3 jam perjalanan dari Jeddah
      Mohon maaf sekali, saya belum pernah kesana, dan belum tau kondisi disana

      Oktober 19, 2011 pukul 2:45 pm

      • Ferdhy

        Assalamualaikum.
        Mas klau lulusan S1 kesehatan masyarakat apa sja yang bisa dikerja di arab ?

        November 2, 2011 pukul 3:40 pm

      • Dedik Setiawan

        Kesehatan masyarakat kebanyakan masuk di bidang safety engineer/officer di setiap perusahaan berskala nasional/internasional pasti ada divisi itu

        November 13, 2011 pukul 3:58 pm

  76. Assalamu’alaikum mas Dedi, saya minta dikasih gambaran, ada gak ya peluang buat saya kerja di sektor formal di saudi, pendidikan terakhir STM otomotif, umur 31 th, dan sudah berkeluarga.
    Pengalaman kerja di Indonesia, adalah di dunia komputer dan notebook, servis dan penjualan.
    Dan mungkin di sana akan dapet gaji sekitar berapa ya,,
    Terikasih banyak sebelumnya mas Dedi, wassalamu’alaikum,,,

    Oktober 29, 2011 pukul 6:38 am

    • Dedik Setiawan

      Sangat ada mas
      kebanyakan toyota saudi membutuhkan tenaga kerja asal Indonesia,karena dianggap cepat dan hasil kerjanya bagus
      Silahkan cari di google, toyota saudi abdul lateef jameel kalau nggak salah namanya

      November 13, 2011 pukul 3:57 pm

  77. Faris Kamal

    ass. Wr. wb. mas dedik, sy faris org pontianak kalbar, sy klahiran Jeddah thn 1987 bhkn sy pny akte klahiran saudi ato yg di sbut Syahadah Milad, sy prnah tnggal brsma ortu dsna di distrik Hay – Assalamah 3. ortu q dlu supir pribdi dn ibu aq hny ibu RT (rmh tgga), sy tggl 9 thn dsna smpai akhirny thn 96 sy pndah skluarga ke indo krn mjikan abah sy mninggal, dn ortu sy ud dianggp kluarga sndri oleh mjikan ny shngga ps bliau wft, ortu sy diberi hrta waris SR 4000, dn dlu aq smpt skulah TK smpe kls 3 di SD PANCASILA JEDDAH skolah khusus org indo.

    yg sy tnyakah, perusahaan ap sj yg ad di jeddah yg kirany mau mnerima sy dgn pndidikan S1 jur mnajemen fak.ekonomi? dn gmn cra nglamar di perusahaan tsb? ato kira2 dtmpat mas sndri ad lowongan gak? kbtulan skrg sy sdh kuliah thap akhir,yaitu proses skripsi. stelah itu sy pgen skli krj dsna, krn sy sgt betah dn dsna kota klahiran sy yg byk knangan2ny dsaat sy msh kcil.

    November 5, 2011 pukul 8:45 am

    • faris kamal

      mas, prtanyaan yg ini koq tk dijawab?

      November 15, 2011 pukul 2:51 pm

      • Dedik Setiawan

        yang mana? lupa

        November 30, 2011 pukul 2:28 pm

  78. Faris Kamal

    oh iya lupa mas, stu lagi, sy mau mnta nama ato almat fb smpean klo ad? biar qt bs sling kasi informasi..
    thq…..

    November 5, 2011 pukul 8:53 am

    • Dedik Setiawan

      FB saya ada di profile mas faris, silahkan di add saja

      November 13, 2011 pukul 3:58 pm

  79. Darwin Saleh

    Assalamualaikum mas

    salam kenal

    Minggu depan saya dapat panggilan interview untuk saudi company, Ma’aden, mining company. Saya punya pengalaman kerja sekitar 8 tahun sebagai process engineer di Indonesia dengan gaji Rp. 15 jt. Yang mau saya tanyakan kira-kira berapa standard gaji untuk process engineer?.

    Atas informasinya saya ucapkan terima kasih.

    wassalam

    Darwin Saleh

    November 17, 2011 pukul 3:18 pm

    • Dedik Setiawan

      Kalau masnya udah engineer, minta aja gaji dengan basic minimal 15000real, apalagi perusahaan mining

      November 30, 2011 pukul 2:29 pm

  80. Deni

    januari ini saya positif pindah dari tempat kerja saya di riyadh skrg ini, ke cabang store di Jeddah, tepatnya di Mall of Arabia. kalau boleh saya minta referensi tempat tinggal seputaran mall tsb. jika sekiranya privacy, boleh dikirim ke email saya. terima kasih banyak sebelumnya.

    November 17, 2011 pukul 4:22 pm

  81. Deni

    oya, yg saya cari tempat tinggal single atau share, krn saya ingin menekan ekpenses. terima kasih lg.

    November 17, 2011 pukul 4:24 pm

  82. Rizky

    Mas Dedik, seneng banget bisa ketemu blog ini, saya udah ngubek2 lama tapi gak ada yg lebih relevan dari blog-nya mas.
    Saya Rizky mas, salam kenal,, kebetulan saya mau berangkat ke Saudi Arabia dalam waktu dekat, dan sudah teken kontrak dengan perusahaannya. Yang jadi masalah adalah penunjukan agen di Indonesia, karena agen yg mereka tunjuk sebelumnya gak bonafide dan asal-asalan.
    Oleh karenanya, mas Dedik punya rekomendasi agen yang bonafid dan pelayananan yg sangat memuaskan?
    Satu lagi, kalo boleh saya minta imelnya mas Dedik untuk korespondensi??

    Desember 1, 2011 pukul 11:14 am

    • Dedik Setiawan

      Aku dulu pake PJTKI Mar Safar di daerah duren sawit dekat perumahan TNI AL, coba aja kontak dengan pak Rahmat atau pak Yasir, bilang aja kenalan saya
      Untuk email/facebook bisa diliat di link saya di profile ini

      Desember 3, 2011 pukul 3:53 pm

  83. hasanudin

    saya pengen nyoba kerja diarab,tpi kadang sukA Bingung .soalx saya tu blm prnah sama sekali kerja kesana !!

    Desember 1, 2011 pukul 2:57 pm

  84. hasanudin

    asalammualaikum….
    mas,Q ingin kerja jadi supir di arab saudi.
    apa saja yang harus Q ketahui dan waspadai untuk menjadi supir di arab saudi

    sukron…
    waalaikum salam

    Desember 1, 2011 pukul 2:59 pm

    • Dedik Setiawan

      Jadi sopir di Saudi itu lebih enak kalau kerjanya di perusahaan/kantor, karena jam lemburnya jalan
      Kalau sopir majikan biasa, all in dari pagi ampe malam tanpa ada uang lembur

      Yang harus diwaspadai kalau mau jadi sopir adalah, jangan terlalu dekat dengan majikan perempuan, ntar dikira selingkuh
      Jangan nyetir diatas kecepetan 120km/jam..karena banyak kamera di jalan, pasti kena denda 300real

      Desember 3, 2011 pukul 3:57 pm

  85. faris kamal

    faris kamal

    mas, dedik, sy kbetulan klahirn Jeddah dn pnye Syahadah Milad alias Akte Lahir dsna

    sy mau nany??
    sy lulusn S1 jurusan manajemen fak. ekonomi. kira2 di jeddah ad peluang gx utk sy dn diperusahaan mna sj yg mmbtuhkn lulusn ini dsna??
    a[kah dikasi kmudahan utk dtrima krj dsna krn sy klahirn sn?

    Desember 22, 2011 pukul 3:35 pm

    Desember 22, 2011 pukul 3:50 pm

    • Dedik Setiawan

      Kalau mas faris mau liat perkembangan SIJ, bisa dilihat dari blog situsnya : http://si-jeddah.org/
      Disitu ada foto2 gallery nya
      Kalau saya liat sih gedungnya tetep yang itu, sekarang luarnya keliatan kumuh

      Untuk lulusan manajemen, mas coba buka situs http://www.bayt.com, disitu seperti jobsdb.com versi negara2 teluk
      Tp jangan lupa, di cv disebutkan pernah di saudi, klw bisa bhs arab,cantumkan juga, itu lebih bagus

      Desember 22, 2011 pukul 4:28 pm

      • faris kamal

        makasih mas dedik ats infony, tpi sy mau nany lagi ms, btw di t4 ms bkerja ad gx lowongn utk sy???
        sy mngkin wsda bln maret hbis itu pengennya ksna. krn kangen jeddah.

        Desember 27, 2011 pukul 7:00 am

      • Dedik Setiawan

        kan dah kubilang, masnya masuk aja ke http://www.bayt.com
        disitu banyak lowongan untuk di saudi

        Desember 29, 2011 pukul 6:53 am

  86. hari

    Mas Dedik untuk biaya hidup di daerah Al Jubail Industrial city dengan gaji 2500 – 3000 teal, ddi tambah dengan lain lain jika di Rp sekitar 10 s/d 12 jt
    apakah layak?
    Saya mendapatkan tawaran untuk bekerjA di daerah ini, saya sendiri tdk dengan keluarga.
    Mohon sarannya. Terimakasih

    Desember 29, 2011 pukul 6:29 am

    • Dedik Setiawan

      Al Jubail itu daerah Aramco mas, agak sedikit mahal, dengan gaji segitu sebaiknya tinggal di mess karyawannya aja, biasanya tiap perusahaan ada, soalnya untuk sewa single room agak susah,kecuali share dengan orang2 philippines atau orang yang mau share room, biasanya di pertokoan Panda ada banyak iklan sewa room

      Desember 29, 2011 pukul 6:56 am

  87. ulin nuha

    mas dedik, perkenalkan nama saya ulin, laki-laki. saya seorang Dokter Muda (calon dokter).
    saya punya rencana suatu saat ingin bekerja di saudi. tetapi orientasi saya yang pertama bukanlah uang, tp ingin mencari pengalaman, ilmu bahasa, dll. pinginnya seh kerja disana sebagai dokter. tp takut dengan hukuman qishos karena dikira malpraktek, dll. padahal hal tersebut belum tentu kesalahan dokternya. yg jd pertanyaan saya.. benarkah di saudi imigran seperti kita-kita ini masih dianggap derajat kelas rendah dimata orang saudi?? jd agak takut nih..
    sempat terpikir kerja jd cleaning service aja di masjidil harom, sekalian bisa tafa’ul tabrruk ila ALLAH..
    tp kalo gak sering-sering diasah bertemu pasien, bisa-bisa ilmu medis saya yg belajarnya bertaun-taun bisa meluap.
    mohon masukannya mas dedik…?!!
    sukron mas dedik!!

    Januari 8, 2012 pukul 2:17 am

    • Dedik Setiawan

      Silahkan bekerja di Saudi, hilangkan pikiran2 yang hanya akan membuat niat jadi melemah. Insyaallah jika ada niat maka tinggal memperkuat kemampuan.
      Untuk menjadi dokter disini,tidak perlu harus bisa bahasa arab, karena banyak dokter dari India,Pakistan dan Philippines yang tidak bisa, tapi mereka justru menguasai rumah sakit disini.
      Sebenarnya yang dianggap berderajat rendah itu adalah para tkw dan sopir, maka banyak yang menganggap sepele orang Indonesia, tapi kalau misalkan kita bisa menunjukkan kemampuan kita, maka mereka akan menghargai kita.

      Sekarang makin banyak kok, orang Indonesia yang bekerja di bidang formal, dan rata2 perusahaan disini puas terhadap kinerja mereka. Kapan hari juga ada seorang dokter yang baca blog saya, dan tanya2 banyak, karena dia mendapat penawaran kerja di Saudi.
      Mengenai qishas, biasanya hanya diperlakukan pada orang yang membunuh secara langsung, saya kok nggak pernah dengar seorang dokter kena qishas gara2 malpraktik. Padahal disini kalau berobat di dokter2 Saudi atau Mesir, banyak yang (sorry) sedikit agak kasar dan kurang pengetahuan kedokterannya, alias agak ngawur, maka tak heran, banyak orang kita yang memutuskan berobat di tanah air daripada disini, karena disini dikit2 operasi…pengen simple nya aja.

      Ayo…mumpung ada kesempatan,kenapa tidak

      Januari 8, 2012 pukul 2:27 pm

  88. ulin nuha

    wahh… saya jd bangga nih mas, jd orang indonesia!
    memang tidak gampang untuk menjadi dokter yg baik, saya pun merasakan demikian.
    punya beban moral kepada pasien, belum lg nanti mempertanggung jawabkannya kepada Allah sewaktu di akherat.
    di indonesia sendiri tidak semua PT swasta yg mempunyai Fakultas Kedokteran bisa mencetak dokter yang baik.
    makasih mas, infonya.

    Januari 8, 2012 pukul 10:12 pm

    • Dedik Setiawan

      Semoga bisa menjadi dokter yang bisa bermanfaat banyak bagi orang lain ya mass

      Januari 9, 2012 pukul 5:35 am

  89. ulin nuha

    amiiien.. :)

    Januari 9, 2012 pukul 11:46 am

  90. Joko Iswanto

    Assalamalaikum.. mas kala dah apply lamatan di Bayt.com, kalau ada panggilan gimana info ke sayanya..dan prosedurnya gimana?? Sukron

    Januari 21, 2012 pukul 4:14 pm

  91. Joko Iswanto

    Assalamualaikum…Mas kalao dah apply lamaran di Bayt.com, nanti kalo ada panggilan gimana info ke sayanya…dan prosedurnya seperti apa??? sukron

    Januari 21, 2012 pukul 4:16 pm

  92. Joko Iswanto

    Mas comment saya kok hilangnya???
    Mas saya dah kirim applikasi di Bayt.com. kalo ada panggilan gimana prosedurnya ya??? Sukron

    Januari 23, 2012 pukul 6:14 am

    • Dedik Setiawan

      Kalau kita udah apply di salah satu company di bayt.com, ya tunggu aja panggilan/telpon dari company tersebut. Trus dia akan cari agent di Indonesia yang akan mengurusi dokumen2 yang diperlukan untuk visa dan lain2 di Indonesia

      Januari 23, 2012 pukul 8:12 am

  93. Joko Iswanto

    Mas dah ada 4 company yang kirim email seperti ini, apakah ad kemungkinan diterima??? Sukron

    Confirming your application to Chemical Engineer, Sanad Group has sent you the following message:

    Dear Joko Iswanto Umar

    Thank you for applying to the Chemical Engineer vacancy we have posted on Bayt.com.

    We have received your application and will be reviewing it shortly.

    Please bear with us while we diligently screen the applications. We will contact you to take things further should your qualifications match our requirements.

    Best regards

    Januari 23, 2012 pukul 12:32 pm

  94. faris kamal

    ass.wr.
    mas dedek, sy mau nanya nih, sy dpt pesan spti dibwh ini stelah sy isi cv ny?
    our CV photo submission has been approved!

    Dear Faris,

    Congratulations, your CV photo submission has been approved! Your photo is now published and is appearing on your CV.

    - – - -

    Bayt.com – The Middle East’s #1 Job Site
    http://www.bayt.com

    dn sy mau nany mas, sy isi no hp sy dgn kode +62852456xxxxxx
    btul gx ms, klo kode no hp indonesia klo dri saudi tu +62?? klo saudi kn dri indo +966 ??

    Januari 24, 2012 pukul 7:19 am

  95. Septiandy

    Aslkm mas dedik, saya mau tanya neh

    saya mendapatkan tawaran utk bekerja di madinah sebagai staff ticketing dan besok saya diundang untuk melakukan medical check up dan diminta membawa berkas2 seperti Kartu keluarga, akte kelahiran, foto copy pasport dan fhoto oleh salah satu perusahaan pjtki di jakarta selatan, kira2 berapa lama saya bisa berangkat kalau sudah selesai melakukan medical check up dan kira2 berapa minimal gaji yg bisa saya minta

    syukron atas perhatiannya

    Januari 29, 2012 pukul 4:40 am

    • Dedik Setiawan

      Biasanya medical check up keluar 3-7hari kerja
      Kalau lolos medical test, cuma nunggu kesiapan sponsor, apakah sudah siap tempat kerjanya dan tergantung kebutuhan mereka. Karena semua dokumen sudah terpenuhi, mungkin sekitar 1-2bulan,bisa lebih cepat bisa juga terlambat

      Januari 30, 2012 pukul 8:27 am

  96. faris kamal

    ass.wr.
    mas dedek, sy mau nanya nih, sy dpt pesan spti dibwh ini stelah sy isi cv ny?
    our CV photo submission has been approved!

    Dear Faris,

    Congratulations, your CV photo submission has been approved! Your photo is now published and is appearing on your CV.

    - – – -

    Bayt.com – The Middle East’s #1 Job Site
    http://www.bayt.com

    dn sy mau nany mas, sy isi no hp sy dgn kode +62852456xxxxxx
    btul gx ms, klo kode no hp indonesia klo dri saudi tu +62?? klo saudi kn dri indo +966 ??

    Januari 30, 2012 pukul 3:54 pm

  97. rey

    assalamualaikum wrb…

    aku mau tanya masalah visa …bisa ga kesana pake visa umroh tapi berangkat sendiri ga ikut rombongan…soalnya aku ada teman baik disana,,,bhub rencana mau kesana sendiri rada takut juga ga ada pengalamannya….

    Februari 6, 2012 pukul 1:51 pm

    • Dedik Setiawan

      Cewe TIDAK BISA jika sendirian saja ke Saudi,jika tidak ada keluarganya sedarah/suami disini
      Jadi dia harus ikut rombongan.
      Saya sarankan mbaknya hubungi agen travel haji di Indonesia, yang bayarnya cuma tiketnya aja, akomodasi nanti mbaknya yang tanggung, ada kok di indonesia seperti itu

      Februari 8, 2012 pukul 1:54 pm

  98. rey

    aku cewe umur 29…benar ga se kalo sendiri susah kesana nya,,,kalo memang sampe bisa dibantu dapet visa umrohnya aja,,,trus pergi sendiri ada resikonya ga,???makasih wass

    Februari 6, 2012 pukul 1:53 pm

  99. dhienk

    Assalamu alikum Mas dedik…..

    salam kenal saya dari SUlSel ada Offer dari salah satu dealer alat berat di Negri Arab dan basic di berikan sebanyak SR 4200
    Trus yang saya mau tanyakan apakah dengan Basic Segitu bisa membawa keluarga saya dan penempatannya di Dammam
    trus jarak dari Dammam ke Mekkah Berapa lam dan biaya transport ? karena insyallah saya mau menerima Offer tersebbut selain untuk mendapat kan reski juga untuk ber Haji.
    Terima kasih Banyak Atas penjelasannya

    Februari 8, 2012 pukul 12:59 pm

    • Dedik Setiawan

      Apakah offernya ada allowance tambahan?
      Soalanya biasanya kalau bawa family akan ada tambahan selain basic+transport+makan, yaitu uang perumahan
      Dengan gaji segitu saya sarankan jika ingin bawa family cari yang harganya murah, biasanya bangunan tua atau bergabung dengan keluarga indonesia lainnya menyewa satu apartemen dengan kamar tidur yang banyak

      Jarak Mekkah – Dammam 2 jam perjalanan via udara
      Tapi biasanya kalau orang2 Dammam mau hajian lewat darat,rombongan yang dikoordinir orang Indonesia yang biasanya kerja di warung2 Indo, masnya tinggal tanya2 aja ke mereka

      Februari 8, 2012 pukul 1:52 pm

      • dhienk

        assalamu alaikum …mas Dedik

        saya mau tanyakan kalau lewat darat dengan bus berapa jam kah tiba dari dammam ke Mekkah ,biaya berapa SR?
        terima kasih banyak info nya .alhamdulillah Mas Dedik sangat membantu dengan adanya Blog ini.

        Februari 10, 2012 pukul 1:46 am

      • Dedik Setiawan

        Dammam-Mekkah via darat katanya sehari semalam….kalau untuk hajian biasanya teman2 bayarnya 1200real, ada yang 3000-5000, tergantung pake rombongan apa
        Kalau hanya umroh bisa pake bus SAPTCO (antar kota), harganya mungkin 200real, tapi harus punya iqama (residence permit/KTP saudi) dulu

        Februari 11, 2012 pukul 5:50 am

  100. rey

    kondisi disananya aman ga yah…kalo memang berangkatnya bareng,tapi kluar airport aku pisah,,,seperti kita kenegara lain ato ada semacam pemeriksaan disana ,,,takutnya kalo ditanya aku disana umroh tapi ga sm rombongan bisa masalah or ga?karena memang ga da suami or hub sedarah,tapi akan tinggal dengan teman,,,habis kalo dgr2 info dr sana kynya ga sama kaya kita travel kenegara lain,,,kalo memang dari agent pastinya kan akan urus visa dan ticketnya brg….mknya butuh masukkan bisa ga kesana dan bermasalah ga kalo pisah2 sampe pulang nanti akan bareng lagi.

    Februari 8, 2012 pukul 5:56 pm

    • Dedik Setiawan

      Kalau pisah di bandara Jeddah bisa, tapi kalau ditanyain mending sama rombongan jamaah
      Tinggal dengan teman bisa, asal sama2 cewe

      Untuk lebih bagusnya, mbaknya nanya2 ke travel deh, mereka lebih berpengalaman
      Pengalamanku disini, banyak yang bawa ibu/ibu mertua kesini, pergi dari Indo bareng sama rombongan umroh, tapi pulang ke Indonya sendiri
      Terkecuali, bisa apply visa family, karena masih punya hubungan sedarah. Jadi ibunya bisa pergi sendiri kesini

      Februari 11, 2012 pukul 5:47 am

  101. herman susanto

    Ass
    Saya mau tanya untuk gaji seorang Tank Farm QA/QC Inspector untuk oil & gas di sana berapa mas,

    Thanks infonya

    Februari 9, 2012 pukul 8:54 am

    • Dedik Setiawan

      Untuk perusahaan oil & gas, posisi QA/AC harusnya lebih dari 20ribu real basic,belum termasuk allowance

      Februari 11, 2012 pukul 5:47 am

  102. ibrahiem

    assalamu alaikum
    salam kenal mas Dedik, mohon dibantu
    InsyaAllah saya akan joint dengan ZT diRiyadh dengan total sallary sktr sar8000. status singel… kira-kira?
    1. berapa sewa apartemen disana dengan status singel?
    2. banyak gak warung indonesia diRiyadh? seporsinya kira2 berpa?
    3. air mineral katanya disana mahal yah mas? seliternya berpa?
    4. please confirm my facebook ibrahim achmad…….
    jazakillah

    Februari 11, 2012 pukul 5:13 pm

    • Dedik Setiawan

      zahid tractor ya, kalau ga salah dulu ada orang indo disana.
      Setahuku ada messnya mereka
      Sewa untuk single saya sarankan bareng2 dengan orang2 Indo/philipinnes, coba masnya cari di http://www.expatriates.com, mas cari negara saudi–>riyadh, cari apartment, atau cari aja sendiri keliling yg deket kantor
      untuk single harganya 600-1000/bulan
      2. Di riyadh banyak warung Indo,don’t worry
      3. Semahal2 nya air mineral harganya cuma se real sebotol kecil

      Februari 12, 2012 pukul 7:40 am

      • ibrahiem

        iya mas di Zahid,
        2. oh.. udah banyak yah warung indo disana? padahal saya mau buka warung juga disana>>>>hehehehehe …just kidding
        3. oh cuma 1 real yah…
        Di Riyadh sekarang lagi demo? betulkah? saya baca kemarin dimedia online
        Jazakillah, referensi dari antum sangat membantu….

        Februari 12, 2012 pukul 5:03 pm

      • ubaid

        Assalamualaikum, mf mas
        Ana mw ty lowongan kerja d saudi,
        Ana lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam S1 bahasa arab, ana bisa bahasa arab aktif, pengalaman kerja d PT ASTRA HONDA MOTOR 1,5 thn, kira2 ada lowongan yg cocok untuk ana, ana berminat sekali kerja di saudi. kl ada mohon info pjtki atau perusahaan yg kira2 sesuai. Syukron info.

        April 29, 2014 pukul 5:05 pm

  103. shopi

    Wah saya pingin sekali kerja di sana .. Punya kemampuan : lulusan IT, perpajakan, sopir.. Dimana agen di indonesia yang biasa menyalurkan nya..

    Februari 19, 2012 pukul 4:18 am

    • Dedik Setiawan

      Dulu saya PJTKI nya PT.Mar Safar,di daerah duren sawit,
      tp ada juga yang pake Lansima,Binawan atau Guna Mandiri.
      Datang aja ke mereka langsung,kadang ada lowongan langsung kok

      Februari 21, 2012 pukul 6:10 am

      • shopi

        Prosesnya kita lamar ke pjtki ato liat lowongan di saudi baru nyari pjtki..

        Februari 21, 2012 pukul 10:44 am

      • Dedik Setiawan

        Bisa dua2nya,maksudnya bisa langsung ke PJTKI, bisa langsung lowongan dari media massa (koran/internet) trus company dari Saudi menunjuk agen di Indonesia

        Februari 22, 2012 pukul 7:12 am

  104. assalamu alaikum mass
    mas saya mau tanya standar gaji di arabsaudi ntuk bekerja di alat berat brapa ya? kemaren saya di tawarin 2500 mass sudah sesuai apa blm ka mass. wassalam

    Februari 20, 2012 pukul 11:21 pm

    • Dedik Setiawan

      Kemaren ada yang comment juga,dia ditawari 8000 real….kalau di alat berat,kurang mas….minta lagi
      Liat juga posisi yang ditawarkan apa

      Februari 21, 2012 pukul 6:09 am

      • shopi

        Kalo biaya hidup di sana berapa ya?

        Februari 21, 2012 pukul 10:42 am

  105. abdulloh

    assalamu’alaykm.
    Mas aku mau tanya. Katanya KBRI sekarang gk beri izin untuk tkw&tkl untuk user pribadi (seperti supir) kerja di saudi betul gak mas?
    Padahal aku sudah pengurusan medical, passport, tinggal tunggu visa dan pap (pembekalan akhir pemberangkatan). Apa mungkin klw udah passporan batal? .syukron atas jawabanya

    Februari 21, 2012 pukul 4:35 pm

    • Dedik Setiawan

      Sepertinya masih tertutup untuk visa pekerja domestik/informal (pembantu dan sopir)
      Yang disetujui yang sektor formal mas,menunggu perjanjian deal antara Saudi & Indonesia, ini juga demi calon TKI agar mendapat kelaikan upah dan perlindungan hukum di Saudi,untuk menghindari lagi kasus2 tki/tkw yang tidak digaji,atau mendapat perlakuan tidak pantas dari majikan

      Februari 22, 2012 pukul 7:14 am

  106. abdulloh

    assalamu’alaykm.
    Mas aku mau tanya. Katanya KBRI sekarang gk beri izin untuk tkw&tkl untuk user pribadi (seperti supir) kerja di saudi betul gak mas?
    Padahal aku sudah pengurusan medical, passport, tinggal tunggu visa dan pap (pembekalan akhir pemberangkatan). Apa mungkin klw udah passporan batal? .syukron atas jawabanya.

    Februari 21, 2012 pukul 4:37 pm

  107. Mas Dedik,
    saya ditawarin kerja di jeddah, tepatnya di kawasan industri jeddah utk posisi HR Supervisor. saya ditawari 5000 riyal, namun akomodasi, transportasi, dan medical insurance ditanggung perusahaan.
    Mohon advisenya

    Februari 24, 2012 pukul 7:09 am

    • Dedik Setiawan

      Gaji yang bagus untuk permulaan,ambil saja. Tpai kalau misalkan bisa minta lebih,itu lebih bagus

      Februari 25, 2012 pukul 3:37 am

  108. ummujojo

    Mas, kalo mengurus iqoma untuk orang tua (dengan visitor visa) bisa nggak ya, mas, kebetulan orang tua sudah pernah ke saudi 2 tahun yang lalu, dan insyaAllah saya mau menghajikan orang tua lewat saudi (mudah mudahan bisa) tahun ini. Saya baca koment yg diatas katanya bisa, tapi harus ada resident permit dulu alias iqama, kalo bisa bisa dikasih tau caranya mas membuat iqama dengan visitor visa..

    Maret 3, 2012 pukul 8:44 am

    • Dedik Setiawan

      Gini aja, masnya iqama nya apa? apa bisa bawa family? kalau bisa, mending masnya ke HRD,minta surat untuk bawa ibunya kesini,pake visit visa, nanti setelah ibunya kesini, bisa bergabung di rombongan haji orang Indonesia, tanpa pake iqama…..
      Untuk visit visanya sendiri tanpa ada biaya visa, hanya tiket,paspor dan pengurusan di kedutaan Saudi di Jakarta,
      Semoga jawabannya membantu

      Maret 3, 2012 pukul 10:54 am

  109. tri astuti

    mas.aku pernah dengar cerita tentang pekerjaan relawan musim haji dari indonesia.aku bisa dapat infonya kmn y?

    Maret 5, 2012 pukul 4:46 am

    • Dedik Setiawan

      banyak, monggo pergi ke asrama2 haji yang tersebar di masing2 embarkasi…tanya aja prosedur jadi relawan haji gimana
      Kalau daftarnya dari Saudi (semisal seorang TKI) ada banyak pengumuman di warung2 Indo atau di Konsulat Jendral,biasanya dicari relawan haji dengan gaji yang antara 1000-1500 real pada musim haji tersebut

      Maret 13, 2012 pukul 8:58 am

  110. asn

    Mas, mw nanya, apakah untuk orang non muslim bisa nggak kerja di jeddah? persoalannya begini…saya memang non muslim tapi saya memiliki keinginan untuk masuk islam dan saya sangat ingin mengenal islam lebih dalam dan sempurna, saya punya teman di jeddah, maka dia menyarankan sya untuk masuk ke jedah melalui jalur bekerja di jeddah dengan visa pekerja,soalnya saya sudah beberapa tahun memendam keinginan saya ini, kalau di sini saya ditentang oleh keluarga besar saya..tapi kendalanya sekarang saya masuh menempuh pendidikan semester 6, maksud saya setelah saya finish study sya akan mencari kerja untuk di jeddah. saya menguasai pekerjaan di bidang admnistrasi publik, education, kesehatan juga seperti farmasi, akuntansi publik atau bidang keuangan, saya banyak pengalaman kerja di bidang akuntasi/keuangan sekarang pun saya masih bekerja di bidang education, menangani keuangan atau bendahara khusus dana bantuan pelayanan pendidikan seperti bosnas,bosda dan block grand, saya juga pernah mengajar bahasa inggris basic untuk anak sd, smp dan tk, karena sya masih sementara study jdi sekarang belum bisa..tapi saya harus dri awal mempersiapkannya, isya allah tuhan berkenan. saya menguasai bahasa inggris, maslah bahasa arab saya bisa menulis dan membaca tetapi dengan belajar keras saya pasti bisa, saya sudah bisa mengaji atau membaca alquran. tapi saya tidak bisa masuk islam disini karena banyak yg mengawasi saya. trims saya tunggu balasannya.

    Maret 12, 2012 pukul 7:12 pm

    • Dedik Setiawan

      Alhamdulillah….mudah2an Allah SWT memberikan kelapangan jalan pada anda (mudah2an hidayah itu masuk dalam diri saudara)

      Begini, Muslim non muslim bisa masuk ke Jeddah, yang tidak boleh itu cuma dua kota yaitu Mekkah dan Madinah
      Untuk masuk melalui jalur kerja, masnya bisa ke PT.Gunamandiri,PT.Tipar,PT Marba,PT Binawan…yaitu PJTKI yang sudah berpengalaman mengirimkan tki ke Arab Saudi, disana masnya nanya aja apakah ada pekerjaan sesuai spesifikasi saudara
      Tapi biasanya kalau nyari lewat pjtki (gak langsung dari sponsor Saudi) ada fee buat mereka, sekira 2-5jt an,belum termasuk tiket,paspor dan visa

      Kalau mau coba2 via internet,masnya bisa apply di http://www.bayt.com, disitu banyak ditawarkan jenis kerja di seluruh negara teluk
      Klw ada pertanyaan lagi,masnya bisa add fesbuk saya dan inbox

      Saya tunggu

      Maret 13, 2012 pukul 9:07 am

      • asna

        terima kasih mas atas balasannya…persoalannya saya seorang perempuan…sepertinya perempuan sangat sulit untuk regualsinya…tapi say aakan berusaha sekuat tenaga saya untuk bisa masuk ke jeddah
        satu keinginan hati saya untuk masuk memeluk muslim… kendala saya sekarang masih dalam studi..semester 7 ntar lagi saya selesai studi
        mohon infonya buat saya ya mas…saya sangat membutuhkan infonya
        di jeddah saya sudah punya kenalan
        saya hanya butuh visa
        soal pasport dari daerah saya gampang dapatnya
        cuman visanya saya ga tau caranya utnuk mengurus..ataukah saya visa individu gmana ya mas?
        mohon sarannya lagi

        Juni 29, 2012 pukul 10:48 am

      • Dedik Setiawan

        Untuk visa individu biayanya minimal 10ribu, sebenarnya mbaknya bisa pake visa tkw…tapi masalahnya visa tkw ke saudi masih belum dibuka kembali,menunggu perjanjian antara pemerintah Saudi dengan Indonesia ditandantangi. Jika keinginan memeluk muslim sangat besar,coba mbaknya ke masjid Lao Tze di Jakarta Pusat atau di pesantren khusus mualaf di Annaba Center di Jalan Cenderawasih IV/1, RT 02/RW 03 Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan, Semoga Allah menjaga hatimu

        Juli 14, 2012 pukul 9:23 am

      • asna

        id facebook apa mas?
        dedik setiawan atau?
        id lain?

        Juni 29, 2012 pukul 10:52 am

      • Dedik Setiawan

        Coba buka home dari blog saya, pasti ada link fb saya

        Juli 14, 2012 pukul 9:17 am

  111. bowo

    Assalaamu ‘alaikum mas Dadik,
    minta info nih, link biar bisa kerja di Saudi dimana ya? Soalnya lewat http://www.bayt.com terlalu banyak pelamarnya, jadi kemungkinan kecil sekali dipanggil

    Maret 21, 2012 pukul 2:18 am

    • Dedik Setiawan

      Link untuk bekerja di Saudi bisa mas akses langsung di web web pribadi mereka, mas bisa searching di google dengan kata kunci “Saudi company”, di web mereka sering ada konten Carriers, cari aja.

      Maret 24, 2012 pukul 5:51 am

  112. ummuabdillah

    assalamu’alaykum mas dedik..

    saudara saya suaminya sedang bekerja di jeddah, tepatnya di zahid traktor, lulusan stm…
    kalo boleh tau, syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk membawa istrinya kesana??
    apa benar, kalo lulusan stm ngga bisa bawa istri?

    Maret 22, 2012 pukul 4:37 am

    • Dedik Setiawan

      wa’alaikum salam wr wb

      Mulai 2012 sepertinya di Saudi, untuk pekerja yang visanya non engineer/staff tidak bisa change profession dalam visa kerjanya.
      Artinya, mbak liat aja jenis visa suami yang biasanya tertera di paspor bagian belakang. Apakah termasuk dalam kriteria tersebut, jika ragu2 bisa menanyakan ke admin orang Saudi yang ada di Zahid tractor, apakah dengan iqomah (ktp Saudi) yang dia pegang bisa bawa keluarga….biar dia yang urus

      Maret 24, 2012 pukul 5:55 am

  113. bambang

    Bismillahirrohmaanirrohiim…,

    Mas Dedik,. Apakah ada teman yang kerja di bidang pertanian di situ?setahu mas ada tidak pekerjaan untuk lulusan S1 pertanian.?
    Terima kasih

    Maret 30, 2012 pukul 1:28 am

    • Dedik Setiawan

      Saya blm pernah dapat teman yang bekerja di sektor pertanian, tapi mungkin ada ya,soalnya banyak orang Indonesia bekerja di kawasan industri Jeddah atau Yanbu di sektor industri pengolahan makanan

      April 2, 2012 pukul 3:03 pm

  114. Toni

    Salam Kenal

    Mas saya dapat tawaran kerja di Saudi Gaji SAR 13500 dan di kasih allowance perbulan SAR 3700
    Menurut mas apakah gaji segitu sudah bagus di sana atau kita bisa minta naik lagi

    Thanks

    April 1, 2012 pukul 1:13 pm

    • Dedik Setiawan

      Gaji yang sangat bagus, lebih dari cukup buat menabung, insyaAllah….kalau mau nambah lagi kenapa tidak?

      April 2, 2012 pukul 3:04 pm

  115. Toni

    Maaf nanya lagi mas, kalau SD indonesia di khobar ada gak ya?
    Terima kasih banyak

    April 1, 2012 pukul 1:54 pm

    • Dedik Setiawan

      Sepertinya tidak ada pak, adanya sekolah internasional semacam Indian school…pake pengantar bahasa inggris, yang ada cuma di Riyadh & Jeddah

      April 2, 2012 pukul 3:05 pm

  116. muhammad tri alex saputro

    asalamualaikum mas dedik…
    saya mau tanya saya di tawari kerja di restoran jeddah jd koki…
    kira2 gaji setandar koki berapa ya mas kalo boleh tau soal nya saya di tawari 1500 real..

    April 8, 2012 pukul 6:43 am

    • Dedik Setiawan

      wa’alaikum salam wr wb
      Sepertinya gaji segitu udah standar nya orang Indonesia pak…mudah2an bisa dikasih lebih,tergantung jenis restoran apa dulu

      April 8, 2012 pukul 2:58 pm

      • Assalamu alaikum
        mas Dedik..? sy mau nanya di musim panas sm musim dingin di bln brapa.
        mas Dedik klo tdk kebratan add sy di FB

        April 10, 2012 pukul 10:42 pm

      • Dedik Setiawan

        Kalau musim panas dari bulan Maret-Agustus…musim dingin biasanya di akhir tahun
        Silahkan add fb saya, ada kok link nya….cari dan klik aja di blog saya

        April 11, 2012 pukul 5:15 am

  117. jamil asman

    kira2 brapa SR untuk biaya hidup sebulan di jeddah dan apakah ada rumah sewa yg komplit perabotx dan brapa sewax sebulan atau setahun

    April 13, 2012 pukul 10:04 am

  118. Zainab

    Salam Mas Dedik,

    Saya dari Singapore. Suami saya ditawar bekerja dJeddah ( Project MRT di Jeddah ) dan insyallah akan berangkat pada tanggal 16/6/2012. Mau nanya biasa nya pekerja-pekerja Singapore dan Malaysia ada yang tinggal dikawasan anda tinggal nggak. Bisa anda saran kan dimana harus kami cari penginapan yg dekat ngan pekerjaan suami. Saya mau antar anak lelaki ( 13 tahun ) saya ke sekolah Zahrat Al Sahraa International School. Apa pendapat kamu. For your info suami di tawarkan gaji SAR 25000. Apa cukup untuk perbiaya kami lima orang. Biaya pulang ke Singapore setahun sekali dan insurance ditanggung company. Saya dan anak2 akan berangkat kesana pada bulan december. Terimakasih.

    April 20, 2012 pukul 4:31 am

    • Dedik Setiawan

      Salary tersebut cukup untuk living cost disini, moreover itu hanya basic saja kan, kalaupun all in, itu lebih dari cukup
      Saya belum pernah dengar sekolah Zahrat Al Sahraa International School, apakah itu sekolah Saudi dengan curriculum british/american? Tapi biasanya sekolah di jeddah selalu ada bus school
      Saya ada teman dari Singapore disini,tapi tak tau dia tinggal dimana, kalau orang Indonesia banyak…kalau rindu dengan masakan asia, banyak restaurant Indonesia,masakan Padang ada di daerah Salamah &Sharafeeyah district atau chinese food jg banyak

      April 22, 2012 pukul 9:09 am

  119. dias odi

    Assalamualaikum……! Mas…..saumiKu InsyAllah kan bkrj di Saudi sbgi supir bus haji & umroh, yg mnjdi ganjalan Sy nama prushaannya kok g da Sy cri infonya di internet? Yg Sy dpt info dr situ perusahaan lain sprt SAPTCO, DALLAH, UMUL QURO yg tkenal tp prushaan bus AZAJIRA tmpt suami Sy kan bkrj tdk ada? Apa mas tau gaji sopir bus haji & umroh itu standard nya brp? Sy tkut suami Sy tlantar……trims……Wassalam……!

    April 23, 2012 pukul 7:33 pm

  120. hardi

    Assalaamu’alaykum Mas Dedik
    Saya senin besok insyaAllah ada interview untuk bagian Computer Technician dari salah satu PJTKI di jakarta.
    kira2 standar gaji untuk 4 tahun experience di bidang tersebut berapa ya mas…
    Thanks sebelumnya

    Mei 4, 2012 pukul 7:53 am

    • Dedik Setiawan

      teknisi komputer ya…hmmmm kalau sarjana insyaAllah bisa lebih dari 4000 riyal…tapi tergantung jenis perusahaannya sih
      Kalau misalkan bisa minta lebih dari itu Alhamdulillah….dicoba aja mas minta 5000 atau lebih,syukur2 bisa dapat, tp kalaupun enggak, yah paling bisa 3000 an, tapi kalau bekerja di Indomie Saudi atau palm hills (kalau nggak salah) katanya gajinya kecil….

      Mei 5, 2012 pukul 8:08 am

  121. ahmad

    Mas,

    Saya ada kesempatan kerja di Madinah di Ma aden. Gaji Insha Allah cukup lumayan. Saya ingin membawa keluarga, masalahnya apakah istri bisa mengantar anak2 ke sekolah sementara saya kerja. Saya denger wanita tidak bisa sendirian. Apakah ada sekolah international untuk anak2.

    Bagaimana kehidupan di Madinah dibandingkan di Jedda, karena saya harus tinggal di Madinah, mine sitenya ada di daerah sukhaybarat. Bagaimana membawahi orang2 yang bekerja disana.

    Mei 26, 2012 pukul 2:06 pm

    • Dedik Setiawan

      Kalau antar anak ke sekolah tak perlu khawatir, pasti ada jemputan bus school. Apalagi sekolah internasional
      Kalau masyarakat Madinah itu baik2 mas….ramah,tidak seperti daerah Saudi lainnya. Itu kesan saya dan teman2 ya
      Saya kira sekolah internasional banyak, masnya tinggal search di google aja

      Mei 28, 2012 pukul 8:05 am

  122. karsono

    mas saya ada panggilan Zahid Tractors Heavy Machinery, saya sendiri lamarnya kapan lupa, sepertinya utk posisi engineer, tapi saya belum mresponnya. kira-kira gaji berapa ya mas di sana n enak ga di sana karena berat ninggalin anak istri…he…he…, makasih infonya mas

    Mei 28, 2012 pukul 7:08 am

    • Dedik Setiawan

      Kebetulan saya ada teman yang pernah baca blog saya yang sekarang kerja di Zahid Tractor
      ini range gaji di Zahid Tractor, jadi tergantung posisi yang ditawarkan ke mas Karsono :

      Grade: Min Max
      1 n/a n/a
      2 n/a n/a
      3 2000 4000
      4 2500 5000
      5 3500 6000
      6 4000 7000
      7 5000 8000
      8 6000 9000
      9 6500 10000
      10 9000 15000
      11 10000 18000
      12 12000 20000
      13 14000 25000
      14 18000 35000

      Kalau mau silahkan mas Munazar galih di zahid tractor, ini emailnya: m_galih_w@yahoo.com
      Semoga membantu

      Mei 28, 2012 pukul 8:03 am

  123. ahmad

    Mas,

    Terima kasih atas pencerahannya. Saya ternyata dipindah ke Riyadh karena istri saya kurang atau kurang pengetahuan tinggal di Riyadh.
    Berapa sewa apartement? Perusahaan kasih uang rumah kira@ 76000SR setahun? Berapa biaya kehidupan di Riyadh sebulan ya?

    mohon pencerahan.

    Mei 30, 2012 pukul 3:54 am

    • Dedik Setiawan

      Dengan uang 76rb per tahun sudh lebih dari cukup, karena biasanya untuk 4rooms biasanya berkisar 35rb-50rb per tahun,masih bisa save kan ?
      sementara biaya hidup di riyadh masih lebih murah dari kota2 seperti dubai dan doha…jangan kuatir,disana juga banyak restoran asia,terutama indonesia, juga sudah banyak komunitas orang indonesia

      Juni 4, 2012 pukul 7:33 am

  124. ahmad

    Mas,

    Mohon pencerahan, saya bakal punya anak buah. Bagaimana sifat2 pekerja di Arab Saudi terutama ditambang? Apakah kasar2 atau penurut.
    Atau bagaimana?

    terima kasih

    Mei 30, 2012 pukul 4:00 am

    • Dedik Setiawan

      Saran saya, dari awal sebaiknya tegas, karena orang sini kalau gak ditegasin malah kesannya kita yang nanti dijajah, don’t worry…
      Penurut gaknya jg tergantung dari awal kesan kita sebagai pimpinan

      Juni 4, 2012 pukul 7:34 am

      • apriziar

        Mas saya ada tawaran di Indomie jeddah utk posisi HR Specialist, kalau sy minta 23jt ketinggian gak yah, transport, tempat tinggal,medical insurance dan tunjangan pendidikan dicover perusahaan, kira2 gmn mas, sy rencana mau bw keluarga jg

        Juli 11, 2012 pukul 8:23 am

      • Dedik Setiawan

        Coba aja mas dengan tawaran itu, kemungkinan kalau di Indomie sih paling dapat basic 3500-5000 riyal, kalau bawa keluarga bisa nyampe 2x lipatnya atau kalau dirupiahkan 24jt

        Juli 14, 2012 pukul 9:27 am

  125. Thanks for the posting, nice share :)

    Juni 18, 2012 pukul 10:07 am

  126. mas saya mau tanya …kapan kira2 visa kerja untuk tki sektor formal d buka…
    sebab kawan2 saya yg dah pulang ingin balik lagi ke saudi arbia…trima kasih atas infonya

    Juli 1, 2012 pukul 6:01 pm

    • Dedik Setiawan

      Kalau sektor formal mah dah dibuka,mungkin maksud mas Rahmat sektor informal,seperti tkw dan sopir (tenaga kerja rumahan)
      Selama perjanjian yang disodorkan pemerintah Indonesia tidak ditandatangani pemerintah Saudi,belum akan dibuka sektor informal itu,demi menjaga pata tki/tkw itu sendiri

      Juli 14, 2012 pukul 9:25 am

  127. Mas saya mau tanya, satu bulan yang lalu saya interview untuk bekerja di hotel madinah, dan saya sudah sepakat dengan gaji yang ditawarkan, dan saya sudah menandatangani sebuah form yg ada tulisan besarnya gaji yg saya terima, ketika saya menanyakan kapan semua proses selesai orang arabnya bilang dua sampai tiga bulan, apakah benar proses penempatan tenaga kerja di arab saudi selama itu?, apakah dengan saya menandatangani berarti saya sudah diterima dan tinggal menjalani prosesnya,

    mohon jawabannya

    terima kasih

    Juli 14, 2012 pukul 9:42 am

    • Dedik Setiawan

      Lama tidaknya proses rekrutmen tergantung kebutuhan perusahaan tersebut. Kemungkinan kalau 2-3 bulan itu berarti dia menyesuaikan dengan musim hajian. Kalau sudah tanda tangan berarti sudah oke aja, tinggal berangkat. So,ditunggu aja mas

      Juli 14, 2012 pukul 10:01 am

      • mas kalau setelah interview prosesnya apa lagi ya?, waktu saya tanya sama orang PJTKI nya, katanya nunggu spk dulu, tp saya belum menyerahkan pasport, pasport saya akan habis tahun 2013

        Juli 17, 2012 pukul 4:17 am

      • Dedik Setiawan

        Betul kata PJTKI nya, nunggu spk dari sponsor….kalau memang belum ada.
        jadi masnya nunggu aja panggilan selanjutnya dari PJTKI, untuk paspor biasanya disuruh ganti khusus paspor TKI khusus untuk Saudi biasanya nama diganti dengan menambahkan bin atau binti, dan bikin di Tangerang, biasanya dianterin oleh PJTKI. Tapi untuk masalah ini,coba konsultasi dengan PJTKI nya apakah dengan paspor yang sekarang bisa, Kalau expired di 2013 bisa diperpanjang di konsulat Indonesia di Jeddah atau kedutaan Indo di Riyadh

        Juli 17, 2012 pukul 8:58 am

  128. qurtusi

    assalam álaikum…. salam kenal mas Dedik, mau tanya di jeddah ada UT (univer.. terbuka) ga…? klo ada lokasinya di daerah mana..? terima kasih banyak….!

    Juli 16, 2012 pukul 11:40 am

    • Dedik Setiawan

      wa’alaikum salam wr wb….
      waduh kalau UT gak tau ya mas

      Juli 17, 2012 pukul 8:54 am

  129. isukmana

    Assalamu’alaikum,

    Mas Dedik, bisa kontak japri tidak? Thanks ya. Ditunggu. Barokallah.

    Juli 30, 2012 pukul 5:20 am

  130. isukmana

    Maaf belum selesai, saya mau tanya biaya naik haji untuk tenaga kerja indonesia di saudi. tapi yang resminya bukan yg kata orang haji sandal jepit ya. Cara/tips2nya juga apa ya?

    Makasih

    Juli 30, 2012 pukul 5:21 am

    • Dedik Setiawan

      Kalau mau resmi mah banyak,tinggal cari agent haji di seputaran sary st…biayanya sekitar SR 3000-5000
      Tapi bisa saja ikut grupnya ustadz Fudholi dakwah center,bayarnya SR 2600-2800, itu khusus orang Asia Tenggara

      September 25, 2012 pukul 1:59 pm

  131. Abu 'Aisyah

    Assalamu’alaikum. Nama ana Johan dr Mojokerto Jawa Timur. Mau nanya soal visa huriyah? itu visa apa ya akh? syukron.

    Agustus 28, 2012 pukul 5:22 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb
      kok saya belum pernah dengar visa huriyah ya?
      mungkin nama daerah kali ya huriyah itu?

      September 4, 2012 pukul 5:40 am

      • qurtusi

        Mas Dedik, mungkin yg di maksud Mas Johan itu visa “bebas”.

        September 4, 2012 pukul 5:51 pm

  132. risqonkhasani@gmail.com

    Assalamualaikum..
    Salam kenal mas, sekarang masih disana? saya dari pekanbaru tapi asli pekalongan, pakde saya punya usaha sarung tenun kira-kira disana laku gak ya? kalau sampeyan saya kirimi barang mau bantu memasarkan mas?

    Agustus 29, 2012 pukul 7:15 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb
      Di warung2 Indo sudah banyak yang suplai sarung pak, dan kebetulan saya juga dah mau balik Indonesia terus

      September 4, 2012 pukul 5:41 am

  133. hamka

    pulkam, habis kontrak ya???, siapa tau mau digantikan posisinya, info ya, hehe

    September 4, 2012 pukul 6:50 am

  134. denni

    salam kenal mas dedi, saya mo tanya saya ditawari bekerja di jeddah ( bakhashab brothers) berapa sih standar gaji y? perusahaan ini bergerak di bidang jasa ( bengkel isuzu) saya di tawari menjadi montir d sana.tunjangan apa saja yg harus saya perhatikan……….terima kasih

    September 19, 2012 pukul 12:34 am

  135. denni

    saya d tawari gaji 3500sr/ sekitar 930 usd, kehidupan d sana gmana sih mas?

    September 19, 2012 pukul 12:40 am

    • Dedik Setiawan

      Seingat saya banyak teman2 saya di toyota gajinya segitu mas, dan biasanya mereka tinggal di mess tersendiri. Aku pernah masuk ke mess toyota (tp gak tau kalau isuzu ya). Didalamnya bagus bersih, dan banyak permainan.
      Pada umumnya tunjangan yang diberikan adalah general allowance meliputi tunjangan makan dan transport,tp kalau di mess mungkin ada pertimbangan tersendiri alias ngga ada. Dan diganti dengan tunjangan cuti+tunjangan lain,biasanya 10% dari basic per tunjangan.
      Untuk makan, banyak warung indo disini,kalau kehidupan disini yang penting gak berkholwat (menyendiri) dengan lawan jenis,karena bisa kena hukum cambuk, yang penting gak aneh2 lah. Hiburan biasa kita dari internet,main ke mall atau pantai

      September 19, 2012 pukul 5:58 am

  136. fei

    ass. salam kenal mas. mau numpang nanya mas saya ada panggilan ke jedah di perusahaan kimia, tapi saya belum tahu kalo untuk s1 kimia dengan pengalaman 4 tahun mintanya berapa ya?

    September 24, 2012 pukul 9:22 am

    • Dedik Setiawan

      Perusahaan kimia itu harusnya besar, mungkin sekitar SR 6000-10.000 basic, bisa juga lebih dari itu

      September 25, 2012 pukul 1:33 pm

      • geri

        assalamualaikum,

        mas saya ada panggilan dari said bawazir corp di jeddah. background saya statistika uni negri di indonesia, pengalaman kerja di jakarta sampai skrg sudah 7 taun, kira-kira saya enaknya minta gaji berapa ya, takut ketinggian atau kerendahan soalnya. posisi yg ditawaran masih staff, belum spv. tp di low nya mereka minta yang sudah pengalaman 2 tahun. oya saya juga kirim email ke mas, terima kasih atas jawaban nya.

        September 30, 2012 pukul 7:25 am

      • Dedik Setiawan

        Wa’alaikum salam wr wb

        Kalau nggak salah banyak orang Indo bekerja di Said Bawazir
        Mungkin untuk posisi staff gaji sekitar SR 4000-5000 riyal yah,dicoba aja segitu. Tapi gak ada salahnya minta lebih,toh nanti ada tawar menawar dengan agent di Indonesia

        Oktober 1, 2012 pukul 2:46 pm

  137. Heru H

    Assalamualaikum mas Dedik, saya berencana berangkat ke riyadh awal oktober ini untuk bekerja di perusahaan al khorayef group sebagai teknisi electric, yang ingin saya tanyakan:
    1. Bagaimana reputasi perusahaan di atas
    2. perlukah saya membawa ktp indonesia ke sana, karena ktp ini akan dipakai di indonesia untuk memperpanjang STNK kendaraan.
    terimakasih sebelumnya.
    Wassalam

    September 27, 2012 pukul 12:22 pm

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb

      Saya tidak tahu reputasi perusahaan ini
      Untuk KTP,tidak perlu, nggak pernah dipakai juga disini

      Oktober 1, 2012 pukul 2:41 pm

  138. m salim

    assalamualaikum.. mas mau nanya sy ada tawaran kerja jadi waiter hotel di madinah.. gaji 1200 riyal.. katanya pihak agen untuk waiter dapet tips nya banyak kadang sebulan bisa lebih besar dari gaji… bener g mas? punya kenalan yg jadi waiter disana?

    Oktober 8, 2012 pukul 9:14 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb

      Jangan terlalu berharap mendapat tip mas,soalnya banyak juga arab yang pelit.
      Kalau bisa minta lebih,minimal 1500
      Di madinah dulu ada kenalan waiter,tepatnya di restoran KUDU,tapi dah loss contact,kebetulan banyak orang indo disitu

      Oktober 11, 2012 pukul 8:21 am

  139. assalamualaikum,wr,wb..
    Mas saya mau tanya,rata-rata gaji sebagai karyawan di mall berapa ya..?..soalnya saya di tawari bekerja di arab tepatnya di riyadh di mall dan di tawari gaji SAR 1400..kira-kira layak apa tidak mas..
    Terimakasih sebelumya..

    Oktober 11, 2012 pukul 8:17 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb

      Gaji rata2 kerja di mall untuk pekerja Indonesia memang segitu mas, kalau masih bisa minta aja dilebihin.
      Biasanya mereka tinggal di mess, dan itu masih basic,masih ada allowance lainnya, maksimal 20% dari gaji itu,mungkin ada tambahan lembur
      Kalau dibilang layak ya masih kurang, tapi kan tergantung jenis pekerjaannya.
      Insyaallah cukup saja segitu,karena makan dan perumahan dah ditanggung perusahaan,alias tinggal di mess
      Jadi masnya masih bisa kirim ke Indo,asal mau menabung dan tak konsumtif

      Oktober 11, 2012 pukul 8:24 am

  140. Terima kasih atas masukanya mas..
    oh iya,biasanya kalau kerja di mall, jenis-jenis pekerjaanya apa saja mas.?..
    dan biaya makan disana mahal apa tidak mas,soalnya di sana cuma dapat fasilitas mess saja..

    Oktober 12, 2012 pukul 7:28 am

  141. Ovan

    Mas Dedik, tanya dunks… kalau untuk IT di petrochemical ato oil/gas di KSA kisaran salary nya brp yah? Anggaplah masih junior pengalam 5 tahun, S1, dan bakal bawa keluarga…
    Trus kalo biaya haji dari wilayah timur KSA kisarannya sama ga ya dengan klo dari wilayah jeddah dan sekitarnya?

    …shukran :)

    Oktober 19, 2012 pukul 10:24 am

    • Dedik Setiawan

      kalau di petrochemical di saudi posisi IT bisa sampai 20.000-35.000 (SR 1=Rp 2500)
      kalau biaya haji ikut rombongan agent haji sekitar 2500-3200, atau 1000 kalau ikut grupnya orang madura

      Desember 12, 2012 pukul 5:20 am

  142. achmad basith

    salam kenal kang didik….arab saudi adalah sarang abu jahal dan abu lahab…99% bekerja disaudi cuma manis di mulut tapi sakit di perut…PK yang ada hanyalah lembaran sampah dimata bangsa arab…pekerja indonesia hanya dipandang budak oleh bangsa arab..kalau dilihat dari sisi masjidil harom saudi sangat mengiurkan..tapi dari sisi tabiat,orang saudi hanya akan menjaadi duri dalam daging…bagi teman2 yang beminat bekerja kesaudi..bila belum mampu berfikir seperti abu nawas jangan coba2 bekerja disaudi..karna orang saudi hanya bisa dikalahkan dengan akal bukan dengan otot…hukum diarab saudi hanya berpihak pada orang saudi..mungkin dari segi nasib kangdidik lagi mujur..tapi belum tentu bagi yang lainnya..

    Oktober 25, 2012 pukul 8:37 pm

  143. nice info mas,,, makasih.. lagi tertarik merantau ke sana. saya mau nanya mas, perusahaan disana itu kontraknya per berapa bulan yah rata-rata? dan kalau misalkan nih, kita dikontrak 6 bulan, tapi sebelum 6 bulan mau keluar, ada denda atau gimana ya?(just in case aja mas..) dan kalau misalnya kita ada sesuatu yang mengharuskan untuk segera kembali ke indo untuk sementara wakru, mis orang tua sakit, apakah perusahaan dsana membolehkan?
    makasih….

    November 17, 2012 pukul 6:36 pm

    • Dedik Setiawan

      kalau kita pulang sebelum kontrak berakhir biasanya diharuskan bayar biaya tiket sendiri, dan bila pemberi kerja menyetujui

      Desember 12, 2012 pukul 5:18 am

  144. razif

    Ass mas sy diterima kerja di jedah.. Fresh graduate salary 1350 management trainee.. Syngny sy sdh terlanjur ttd kontrak, stlh bca artikel mas jd pikir2 lg, trus untuk sy ni jenis visa ap mas?

    November 25, 2012 pukul 8:26 am

    • Dedik Setiawan

      saya tidak bisa memastikan jenis visanya,untuk gaji 1350 itu terlalu kecil

      Desember 12, 2012 pukul 5:17 am

  145. Asking questions are in fact good thing if
    you are not understanding something entirely, however this
    piece of writing offers pleasant understanding yet.

    November 29, 2012 pukul 8:53 am

  146. toto sutoyo

    Assalamu alaikum.
    mas mau konsultasi. sya insaallah berangkat untuk yg ke3x ke saudi. di lowongan koran satu PJTKI butuh TKI untuk di SINDAN Co. tadinya saya cuma mau lamar supir karena dari sekian posisi yang disebutkan cuma itu yang bisa saya ambil karena syaratnya yang punya SIM lama saudi dan ada paspor.paspor 48 halaman (saya buat Januari 2009 waktu terima tawaran kerja ke Kuwait di Geant Hypermarket tapi saya batalkan walau sudah teken kontrak yang dikirim via imel.karena ternyata ilegal karena saya urus ini itu ke kedutaan sendiri dan PKnya tidak sampai ke Depnaker)
    di dua perusahaan sebelumnya saya kerja di jeddah dan riyadh sebagai marketing dgn gaji SR1350.
    sekarang saya ditawari basic SR2000 plus free housing and meals. waktu wawancara kedua kalinya via HP dengan bos utamanya di saudi sana saya ditanya sebetulnya mau lamar posisi apa. saya bilang ya sesuai Application-CV yang saya imelkan ke PJTKInya.tapi kalau ada posisi lain saya bilang saya tidak keberatan.point dari obrolan itu sepertinya dia butuh yang terbiasa kerja dgn komputer dan supervising level.kebetulan 2minggu sebelum saya liat lamaran itu di koran saya baru keluar dari pabrik botol plastik sebagai kabag quality control.
    1.kira-kira gaji SR2000 itu pantas atau kurang untuk kerjaan di kantor ya mas??
    2.saya tidak dikenakan biaya apapun kecuali medikal.tapi konversi paspor 48pg saya ke 24pg apakah PJTKInya akan minta biaya? saya takut dikibuli harganya karena kita kan awam soal biaya. waktu medikal saja saya ternyata diminta 500rb padahal TKI level pekerja untuk lamaran di sarikah yang sama cuma keluar 400rb.
    dan saya search di web koq gada perusahaan SINDAN itu. malah adanya bukan di saudi tapi di Dubai.
    3.apakah lama jarak keberangkatan saya setelah medikal dan sidik jari untuk fiskal dan PAP?
    4.apakah PK yang akan ditandatangani TKI pengurusannya berbarengan dengan legalisir visa di kedubes atau tidak?
    sekian terimakasih sebelumnya. maaf banyak tanya karena saya sudah lupa setelah 10tahun tidak ke saudi lagi.

    Februari 8, 2013 pukul 3:03 am

    • Dedik Setiawan

      Al Sindan Almasi Est. For Marine & Industrial Equipment . Jeddah industrial city Tel: 6043236 Fax :6043231 (Jeddah)

      1. Gaji 2000 terus terang kurang mas,tapi kalau tinggal di mess dan makan ditanggung perusahaan sih gak masalah
      2. Saya juga dulu tidak dikenakan biaya apa2,bahkan medical sekalipun. Untuk konversi paspor, kenapa harus dikonversi? bilang aja dulu pernah mau berangkat ke Kuwait tapi gak jadi.
      Tapi kalaupun bikin lagi harganya memang 500ribu mas
      3. Lama tidaknya tergantung dari agent di Indo nya,kalau dia punya koneksi bagus di imigrasi atau di depnakernya, pasti gak lama sekitar 1 bulan maximum
      4. Seharusnya sudah diurus agent,jadi masnya tinggal beres aja

      Februari 8, 2013 pukul 3:20 am

      • mas mau tanya btw di arab atau di timur tengah ada industri textile atau sejenisnya agen mesin untuk tekstil….soalnya saya background industri ekstil dan kebetulan sarjana tekstil juga..TERIMAKASIH

        Februari 27, 2013 pukul 4:19 am

      • Dedik Setiawan

        Setahu saya textile disini itu didominasi impor dari China atau India, atau langsung dari negara2 Eropa. Kurang tau juga kalau ada perusahaan tekstil

        April 10, 2013 pukul 1:19 am

  147. taufik_p

    Mas dedik maaf mau tanya kan saya sudah lulus kerja sebagai ME foreman di mekkah , tapi kecil karena sebenarnya keahlian saya piping designer di jakarta, kata teman-teman bisa kita ngelamar ke perusahaan EPC piping setelah kita ada disana , mohon pencerahannya, makasih banyak barokalloh

    Februari 13, 2013 pukul 7:14 pm

    • Dedik Setiawan

      Coba lamar di Truba Arabia, disitu banyak pekerja dari Indonesia, biasanya via agent PT Mar Safar di duren sawit jakarta

      April 10, 2013 pukul 1:23 am

  148. ayu

    assalamualikum,,,akhi sy msh kuliah tingkat akhir jurusan pendidikan bahasa inggris di univ swasta d indonesia…afwan mau tanya..
    1.kalau mau melamar menjadi guru d SIJ bgmn prosedurnya dan brp gaji untuk fresh graduate..?
    2.selain guru kira2 pekerjaan apa yang cocok dg basic pendidikan saya dsna?
    3.saya sedang dekat dengan seseorang ind*a yang tinggal di jeddah,,beliau bkerja d tahlia mall sbg manager area aorep**tale…afwan kira2 salary nya berapa …? insya Allah hub kami sdh mngarah k prnkhn.

    afwan sdh mrepotkan ,,terimaksih akhi…jazakallahu khairan

    Februari 19, 2013 pukul 2:19 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb
      1. Silahkan buka si-jeddah.org/ mungkin dapat info dari situ. Kalau masalah gaji mungkin sekitaran 2000-3500 real, kurang tau juga ukhti
      2. Mungkin bisa bekerja di teller perbankan
      3. Mungkin gajinya sekitar 3000-5000 an

      April 10, 2013 pukul 1:22 am

      • ayu

        alhamdulillah akhi,, mksh atas balasanya,,,, :)
        akhi yg sdang dkat dgn saya ini dia area manager perusahaan apparel group UEA,, bagian megang brand aeropostale di jeddah…

        afwan akhi kalau untuk proses pernikahan ,secara legalitas dan kemudahan prosedural apakah lebih baik di indonesia atau dijeddah…untuk menikah dia menyarankan saya untuk getting job dlu disana pkai visa permit atau memakai visa umrah nnti kesananya dia yg akan mengatur apa di indonesia saja..?insya Allah bulan juni ini dia dan orang tuanya akan datang ke Indonesia untk bersilaturahmi dgn saya dan orang tua saya..terimakasih akhi…

        April 10, 2013 pukul 12:01 pm

  149. tony

    kalau kerja di saudi sebagai pekerja bangunan itu kerjanya siang apa malam dangajinya berapa

    Maret 2, 2013 pukul 4:26 pm

  150. mas ini ada kakak sy yang ditawari bekerja di rumah sakit saudi arabia entah riyad jga,sudah ada visanya temn berangkat 25 orng.apakah ini legal mas, sya takut kakak saya bersama dengan temn-temnnya dibohongi.apakah benar ada lowongan menerima TKI wanita disaudi arabia atau riyad yang ditempatkan di rumah sakit

    Maret 8, 2013 pukul 9:20 am

    • Dedik Setiawan

      Benar sekarang banyak dicari perawat dari Indonesia. Tapi untuk lebih jelasnya, harus dicari via google rumah sakit apa namanya yang akan ditempatkan. Kalau bisa jangan putus komunikasi dengan kakaknya

      April 10, 2013 pukul 1:18 am

  151. Tolong yah y ahu?

    Maret 13, 2013 pukul 4:26 pm

  152. Please….please…….

    Maret 13, 2013 pukul 4:30 pm

  153. rojlai

    gmn kalau calling visa sdh dalam proses, tapi tiba2 kita menolak untuk berangkat ke arab. apa ada denda atau penaltynya mas ?

    Maret 26, 2013 pukul 7:49 am

    • Dedik Setiawan

      Tidak ada denda atau penalty, karena belum tanda tangan kontrak kerja dan selama belum ditempatkan di negara arabnya

      April 10, 2013 pukul 1:16 am

  154. ridwan

    assalamuallaikum, ana ingin kerja di arab saudi sebagai driver gmn caranya ya mas? syukron jazakullah khairan…

    Maret 30, 2013 pukul 5:21 pm

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb

      Silahkan mendatangi PT.Binawan di daerah Kalibata atau PT.Mar Safar di Duren Sawit Jakarta, atau PJTKI lain…biasanya ada lowongan driver untuk di arab

      April 10, 2013 pukul 1:14 am

  155. esemar

    saya dari Malaysia, kalau nak bekerja di hotel bagaimana?

    April 9, 2013 pukul 7:59 am

    • Dedik Setiawan

      Please search by google or http://www.bayt.com. you can find so many job in middle east. Sukron

      April 10, 2013 pukul 1:14 am

  156. abdullah

    ass, salam, mau saranya, Bapaku kerja di jeddah asli dia fakistan ibu indonesia,sekarang saya stay di indonesia, ingin sekali ke jeddah tapi bapaku tidak bisa urus visa atau calling visa buatku alasan bukan asli saudi, apa ia? untuk bisa ke jeddah tanpa visa kerja bgaimana yua? atau ada cara lain yang akang tau, yang lebih hemat, saya ingin tinggal bebas disana tapi ingin bekerja juga sih. nuhun kang

    April 10, 2013 pukul 12:32 am

    • Dedik Setiawan

      Kalau bapaknya bukan warga negara saudi bisa membawa keluarga, dengan beberapa syarat: minimal pendidikan sang bapak adalah sarjana, visa kerjanya masih berlaku dan disetujui oleh sang majikan/sponsor untuk membawa keluarga.
      Kalau misalkan mas abdullah pengen kesana, cara terhemat adalah ke PJTKI terdekat, yang biasanya memberangkatkan calon tenaga kerja ke arab saudi. Biasanya bayar 3-10jt. Tergantung dari majikannya mau bayar biaya tiketnya atau tidak. Silahkan mendatangi PT.Binawan di daerah Kalibata atau PT.Mar Safar di Duren Sawit Jakarta, atau PJTKI lain.

      April 10, 2013 pukul 1:13 am

      • firdaus

        Assalamualaikum
        mau tanya dikit
        kalau pengurusan visa untuk anak atau orang tua mudah ga? syrat2nya apa ya?

        April 30, 2013 pukul 1:20 am

      • Dedik Setiawan

        wa’alaikum salam wr wb

        Mudah mas, asal syarat2 dokumen terpenuhi. Biaya visa 2000. Kalau misalkan bawanya satu paket (anak,istri) juga 2000 real
        Bawa dokumen paspor, surat nikah, surat keluarga (kalau bawa ibu), ijazah bapak kemudian bapak translate dulu ke bahasa Inggris, baru translate ke bahasa arab (di dekat kedutaan India di daerah madina road banyak) biaya translate Inggris ke arab 40-60 real per dokumen.

        April 30, 2013 pukul 10:33 am

      • Bapaqu krja sndiri gk py majikan gt, dan dia bkn sarjana, udah tanya2 ke pjtki tp lowongan tdk ada untuk jeddah, adanya daerah lain, bisa carikan info loker lg gk mas untuk jeddah, hotel, restoran, ofice, saya baru smester 3 manajemen informatika,, trmksh,,

        Mei 3, 2013 pukul 3:56 pm

  157. dedi

    assalamualaikum kang dedik, saya dedi dr bandung, saya dah lulus interview sama medical untuk hotel anjum mekah dan skrang sedang proses pengurusan visa oleh pt, untuk proses visa itu brp lama ya? klo mas tau hotel anjum itu pembangunannya sdh beres blm ya? klo pengen tau berita terupdate dr arab saudi bisa di liat di web apa ya? ana antadzir aljawab minkum, syukron jazilan lakum,

    April 13, 2013 pukul 2:11 pm

    • Dedik Setiawan

      wa’alaikum salam wr wb

      Proses visa tergantung juga kesiapan dari pihak hotel anjum. Bisa sebulan bisa juga lebih
      aku gak mengikuti perkembangan hotel anjum mas, afwan

      April 30, 2013 pukul 10:21 am

  158. Assalaamu’alaykum,
    Salam kenal mas Dedik, antum Jeddahnya dimana?
    Kalau kita mau urus iqoma anak istri, dimanakah kantor pelayanannya?

    April 20, 2013 pukul 6:39 am

    • Dedik Setiawan

      wa’alaikum salam wr wb

      Saya di Rawdah, tapi dah balik ke indo.
      Urus iqoma, sebaiknya mengajak orang saudi yang ada di kantor bagian HRD, urusnya di kantor Istiqdam di daerah mana ya aku lupa, sekitar aziziyah kalau nggak salah

      April 30, 2013 pukul 10:24 am

  159. didi

    mas mau tanya.kalo gaji sekitar 1500 USD itu cukup tidak ? saya dikontrak saudi arabian air untuk jadi flight attendant.tempat tinggal sudah disediakan.apakah terbilang cukup atau tidak? untuk menyimpan uang lebih baik pakai bank account internasional dibuat dari Indonesia atau gmn?mohon dibantu ya mas thx

    April 28, 2013 pukul 2:30 pm

    • Dedik Setiawan

      Gaji USD 1500 itu apa sudah termasuk allowance?
      sebenarnya sih cukup saja, tapi kalau biaya penginapan ditanggung company, kalau nyari sendiri agak sedikit berat mas
      Untuk menyimpan uang sebaiknya masnya daftar dulu ke bank al rajhi dan ditransfer ke bank di Indonesia dan kena charge 20real sekali transfer
      atau bisa juga nabung di bank Saudi, dua-duanya syaratnya harus punya iqoma. Bank saudi tidak mengenal bunga juga tidak mengenal biaya admin bulanan

      April 30, 2013 pukul 10:29 am

  160. ubadah

    Assalamualaikum mas dedik….
    mohon saran mas dedik nih…
    saya skr bekerja di salah satu dealer volvo truck di indonesia selama hampir 7 tahun
    dan saya ada tawaran bekerja di pt. zahid tractor di jeddah sbg mekanik volvo truck
    menurut mas dedik berapa kira2 gaji yg sesuai jika saya harus menawar?
    syukron…

    Mei 7, 2013 pukul 11:39 am

    • Dedik Setiawan

      Saya ada teman di Zahid tractor, katanya tergantung grade yang ditawarkan disana mas, minta aja gaji minimal basic 5000 real, tp kalau mau lebih juga nggak apa

      Mei 10, 2013 pukul 4:42 am

  161. Ifoel

    Ass. Mas, Salam Kenal.
    Saya bekerja dibidang IT sudah 10 Tahunan ( S1 ), dan saya ingin coba peruntungan ke keluar negeri, gaji saya di sini kotor Rp.15jtan.
    kira2 gaji IT Manager di Arab berepa ya mas ?… kalo misalkan saya diterima di salah satu perusahaan disana, saya harus nego berapa ya mas? misalkan standar = Rp.25jtaan, artinya masih milih di Indonesia ya mas?

    Mohon pencerahannya.

    Salam.

    Mei 8, 2013 pukul 10:04 am

    • Dedik Setiawan

      Kalau gaji sudah 15juta mending di Indo aja mas, kalau misalkan gaji di saudi yang ditawarkan 25juta. Dihitung juga mas, cost of live disana,disamping juga harus meninggalkan keluarga atau membawa keluarga disana, soalnya kehidupan disana jauh berbeda dengan di Indo

      Mei 10, 2013 pukul 4:41 am

  162. Ifoel

    Trimakasih banyak atas sarannya, saya kira kalo ada lowongan lagi yang lebih menggiurkan salarynya..mungkin saya akan coba.. sekalian bisa ibadah HAJI atau UMROH minimal…., semoga saja.. amien…
    pada beberapa survey saya baca gaji IT di arab itu kisaran 17.000SR ~ 35.000SR,… kalo kenyataannya di sana, mas dedik infonya gimana ya mas.?

    Mei 10, 2013 pukul 5:57 am

    • Dedik Setiawan

      saya kira tidak sebesar itu akhi…

      Juli 1, 2013 pukul 11:22 am

  163. Ikalz

    Assalamualailkm, Wr.Wb permisi mas dedik.. saya ada tawaran kerja di jeddah di perusahaan mie indonesia yg ada di jeddah.. untuk basic salary rata2 berapa ya mas untuk ukuran marketing atau supervisor admin.. mohon infonya..
    Terima Kasih

    Mei 28, 2013 pukul 5:08 pm

    • Dedik Setiawan

      biasanya sekitaran 3500-4000an mas,pinehill ya?

      Juli 1, 2013 pukul 11:21 am

  164. acong

    mas dedik, mohon saranx….
    saya mendapat tawaran kerja di zahid tractor dengan gaji basic : SR 3500 + techical allowance : SR 750 and tunjangan perumahan 3 bulan basic per tahun.
    di indo sudah kerja sekitar 7 tahun dibidang yang sama. gaji sekitar 7 jt
    kira2 tawaranx saya ambil ga ya mas??

    Juli 1, 2013 pukul 11:51 pm

    • Dedik Setiawan

      Minta lebih aja mas….di zahid itu ada grade2 nya…insyaallah bisa lebih

      Juli 17, 2013 pukul 3:08 am

  165. heryeffe

    assalamualaikuum…apa kabar mas dedik,,salam kenal namaku hery dari cianjur>mau nanya nih maaf..kalau yang deportasi alias pulang tarhil kapan bisa masuk lagi ke arab saudi’terus se umpama nya sama sekali ga bisa masuk,gimana cara nya dan solusinya,,mohon infrmasinya di tunggu,,trma ksih…..

    Juli 6, 2013 pukul 2:12 pm

    • Dedik Setiawan

      Setahu aku baru 5tahun lagi bisa masuk ke Saudi kalau sudah pernah dideportasi, jadi tunggu 5 tahun lagi ya

      Juli 17, 2013 pukul 3:09 am

  166. N'dro yulianto

    ASS.ms Dedik sy pengalaman di proyek bangunan gedung hotel,rumah sakit,rumah tinggal di bidang ME (MEKANIK ELECTRIC),kira2 peluang kerja di arab saudi ada nggak ms,usiaku sudah 46th,ku pingin kerja di sana skalian jalankan ibadah haji amiin..

    Juli 14, 2013 pukul 6:24 pm

    • Dedik Setiawan

      Insyaallah ada, silahkan PJTKI PT Marba Jl Laut Arafuru 4, Duren Sawit, Duren Sawit Kota Jakarta Kode Pos 13440 Phone 021 86601233
      Coba tanyakan apakah ada lowongan untuk spesifikasi bapak

      Juli 17, 2013 pukul 3:07 am

      • sandi

        mas mau nanya berapa rata2 gaji jadi waiter di hotel makah kalo 1000 udah lumayan gk ya akomodasi udh di tanggung smua,trus apakah ada tki indonesia yang kerja sambil kuliah di sana…thanks

        Agustus 22, 2013 pukul 12:39 pm

      • Dedik Setiawan

        Waiter di saudi itu sekitar 1200-1500

        September 10, 2013 pukul 9:02 am

  167. arvan

    Mau tanya kalau salary dg posisi laboratory technician berapa ya gajinya? perusahaan plastik

    terimakasih

    Agustus 14, 2013 pukul 4:29 am

    • Dedik Setiawan

      mungkin sekitar 3000-4000 an mas arvan

      September 10, 2013 pukul 9:01 am

    • Dedik Setiawan

      kalau ini saya kurang tau, tapi mungkin sekitar 3500-4500 basic

      September 19, 2013 pukul 2:55 am

    • cak muhlis

      Assalamu alaikum akhi arvan, maksud antum perusahaan injection plastik ?

      November 4, 2013 pukul 2:50 am

  168. abu arriz

    Assalammualaikum Mas Dedik, barangkali mas tahu kondisi lingkungan di yanbu saudi aramco seperti apa ya? untuk mini market restoran dan international school apakah tersedia? saya insha ALLAH mau ngelamar kerja ke daerah yanbu sebagai teknisi (kira2 berapa ya standar gaji untuk teknisi disana)..?…. Terimakasih sebelumnya Jazakumullah khairan katsiran.

    Agustus 23, 2013 pukul 5:54 am

    • Dedik Setiawan

      Insyaallah ada..Yanbu itu daerah industri, banyak exptriate indonesia juga. untuj teknisi ya tergantung mas, kalau perusahaan migas pasti tinggi, kalau selain itu mungkin 2000-5000

      September 10, 2013 pukul 9:03 am

  169. agustin

    Assalamu alaikum,,,salam kenal mas dedik,,,untuk lowongan asper di saudi ada ga ya,,?

    Agustus 29, 2013 pukul 2:42 pm

    • Dedik Setiawan

      asper itu apa ya? asisten perawat? tentu ada, silahkan ke pjtki terdekat atau binawan yang ada di kalibata

      September 10, 2013 pukul 8:58 am

  170. rian

    ass,ms dedik sy mo tanya saya ditawari kerja di bakhashab isuzu jedah sebagai montir,ditawri selery 2000 real basic+ 500 home allowence.
    apakah memang sellery nya segitu?mohon info y,salam

    September 9, 2013 pukul 12:53 pm

    • Dedik Setiawan

      minta basic 2500 mas, soalnya di toyota biasanya dapat 2500+allowance

      September 19, 2013 pukul 2:55 am

  171. endro

    assalamualaikum mas dedik.
    mau tanya mas perusahaan arabian bemco dengan tempat mas bekerja yaitu truba jaya atau truba arabia masih enak mana ya/
    soalnya saya ada tawaran di arabian bemco sebagai HSE di arabian bemco.
    mohon pencerahan mas.

    September 13, 2013 pukul 1:26 pm

    • Dedik Setiawan

      Arabian Bemco itu induknya Truba Arabia, pastinya gajinya lebih gede bemco

      September 19, 2013 pukul 2:54 am

  172. assalamualaikum,,

    saya mau tanya ya kalo untuk kerja sebagai montir di toyota ALJ kira2 basic salerry nya berapa ya?saya pernah di tawari dgn basic salerry 2500 real, ada saran kira2 berapa basic salerry yang pas untuk posisi itu?
    sekerdar info saya belum pernah kerja d luar negeri, pengalaman di bidang yang sama uda 7 tahun di indonesia

    September 19, 2013 pukul 2:43 am

    • Dedik Setiawan

      wa’alaikum salam wr wb

      Setau aku gaji di toyota segituan mas, tapi coba aja tawar 3000, kalau visa single kayaknya disediain mess sama mereka

      September 19, 2013 pukul 2:53 am

  173. Muhammad Hazami

    Assalamualaikum akhi , saya Hazami mau tanya … kalo untuk posisi Piping Drafter untuk oil n gas disana ada ga yah ? Syukron akhi

    Oktober 17, 2013 pukul 7:45 am

    • Dedik Setiawan

      Ada, tp lawan anda nanti dengan engineer lebanon mesir

      Februari 26, 2014 pukul 1:36 pm

  174. Malik

    engineer HVAC/MEP di Vision Etimaad 10 tahun pengalaman digaji berapa ya mas ?

    Januari 7, 2014 pukul 8:55 am

    • Dedik Setiawan

      Engineer indonesia dihargai 4000-7000 real tergantung juga perusahaannya, bisa jadi lebih dari itu

      Februari 26, 2014 pukul 1:33 pm

  175. agus

    assalamualaikum pak dedik,

    saya mau tanya perusahaan said bawazier trading corp itu besar tidak ? kira-kira kisaran gaji untuk level supervisor diperusahaan tersebut brapa ya ?

    terima kasih sebelumnya

    Februari 26, 2014 pukul 1:24 pm

    • Dedik Setiawan

      Kalau ga salah itu produsen indomie di saudi atau produk consumer goods, gajinya sekitar 2000-3500 real

      Februari 26, 2014 pukul 1:31 pm

      • ubaid

        Assalamualaikum, mf mas
        Ana mw ty lowongan kerja d saudi,
        Ana lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam S1 bahasa arab, ana bisa bahasa arab aktif, pengalaman kerja d PT ASTRA HONDA MOTOR 1,5 thn, kira2 ada lowongan yg cocok/sesuai untuk ana. mohon info pjtki atau perusahaan yg sesuai dg ana. Syukron info.

        April 29, 2014 pukul 5:10 pm

  176. Dwi Rosadi

    Mas Dedik di Mekah disekitar Kabah, ada apotik besar gak ya, mohon infonya nama apotik dan alamat

    Maret 21, 2014 pukul 5:17 am

  177. sunandar

    mhn doanya semoga saya bisa sgra bkrja dijeddah

    Maret 23, 2014 pukul 7:10 am

  178. Abdul Halim

    akh mau tanya,,DALLAH CORP itu bergerak di bidang apa ya,,,kira-kira kisaran gajihnya berapa ya..saya ada tawaran untuk posisi mechanical technician.kalau di tawar dgn kurs dollar bisa ya kira2,,,syukron akhi.

    Maret 26, 2014 pukul 2:20 am

  179. anam bastari ar

    assalamualaikum wr wb…bang dedik mau tanya ni…
    saya anam, saya dapat tawaran kerja di jubail sebagai senior operator di pabrik methanol di Chemanol company….
    saya ditawari basic salary SAR 5,283 dan allowance yang lain totalnya SAR 7339.6/month….
    apakah nilai tsb sesuai standar disana or saya bisa nego lagi?……
    kira-kira cukup gak buat hidup disana?
    kalau kerja jubail bagusnya keluarga tinggal dimana?
    saya juga dapat house rental SAR 20,900….
    tapi kerjanya kontrak tiap 2 tahun…
    minta sarannya…
    mnt tlg sarannya dan info kirim ke email saya aj di anambastariarst@yahoo.co.id ………
    atas responnya saya ucapkan terimakasih.

    April 9, 2014 pukul 6:15 pm

  180. tresno

    komen saya: SALUT buat sdr.Dedik yg suaaabaaarrr menjawab semua pertanyaan komentator :)

    Mei 3, 2014 pukul 2:43 pm

  181. lina

    Salam mas..saya ingin bertanya…kalu di mecca ..gaji untuk manager rate nya berapa?

    Mei 10, 2014 pukul 12:23 am

  182. Arif

    Assalamu’alaikum..wr.wb mas Dedik,. salam kenal..

    Saya skrng bekerja di perusahaan consultant IT dibawah naungan group salim dan sawas, alias pt indofood.. ada penawaran untuk saya bekerja di anak perusahaan mereka (???) di saudi..tepatnya di Jeddah dan Dammam klo gak salah.. Saya ingin menanyakan beberapa hal yang mungkin mas Dedik bisa bantu :
    1. berapa sie mas Starting salary untuk Junior Consultant IT dsna (Jeddah/Dammam)?
    2. nama perusahaan yg saya maksud apakah mas tau?
    3. budaya kerja mereka itu seperti apa sie mas?
    mungkin bgtu dlu mas, sukron..

    Mei 15, 2014 pukul 5:15 pm

  183. NN

    Apakah mungkin bagi saya bekerja di KSA sebagai dosen bidang teknik mesin, atau sebagai web developer/programmer sekaligus menghindari hal-hal berikut ini:
    1. Campur baur dengan wanita bukan mahrom
    2. Tidak memakai celana bahan, tetapi memakai pakaian seperti jubah dan gamis ketika bekerja
    3. Tidak memfoto wajah saya
    4. Tidak berurusan dengan bank ribawi

    terima kasih

    Juni 1, 2014 pukul 3:32 pm

  184. Dedik Setiawan

    Living cost di jubail 4x lipat dari jeddah karena adanya aramco dan standar hidup disana. Tapi berdasar dari allowance yang akan diterima mas ardy. Saya rasa itu lebih dari cukup

    Juni 24, 2014 pukul 10:53 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.