Just another WordPress.com weblog

Perbedaan-perbedaan sholat antara di Indonesia dan di Arab Saudi


Perbedaan-perbedaan sholat antara di Indonesia dan di Arab Saudi

1. Jeda antara adzan & iqomat
– Di Indonesia paling lama 15 menit dan kalau di NU ada semacam puji-pujian
– Di Arab Saudi ada jeda waktu yang cukup lama, untuk Subuh 25menit setelah adzan, untuk Dzuhur,ashar & isya iqamatnya 20 menit setelah adzan, sedangkan maghrib ,adzannya 5 menit setelah iqamat karena tidak ada sholat qobliyah rawatib. Selama menunggu iqomat itu kita biasanya membaca Qur’an atau sholat sunnat rawatib

2. Waktu Subuh
– Di Indonesia, hampir seluruh waktu subuhnya masih agak gelap karena berpatokan kalau waktu subuh dimulai pada saat fajar kadzib
– Sedangkan di Arab Saudi subuh dimulai jika sudah terlihat fajar shodiq.
Jadi ada perbedaan waktu 24 menit. Hmm….jadi selama ini di Indonesia banyak yang sholat subuh sebelum waktunya
Pembahasan masalah ini bisa dibuka dari penjelasan syaikh Mamduh (syaikh Masjidil Haram )di artikel berikut:
www.qiblati.com/fajar/salah-kaprah-waktu-subuh-bag-1

3. Doa Qunut
Kalau biasanya doa qunut dipergunakan waktu sholat subuh, di Arab saudi dipergunakan pada akhir sholat
witir dan lamaaa….sekali, untuk doa qunut saja bisa memakan waktu 5 -15 menit

Dalam 1 rakaat shalat witr ini dilakukan qunut setelah ruku. Di Indonesia, tidak semua masjid melaksanakan witr dengan qunut. Dalam qunut biasanya diisi dengan doa-doa sebagaimana diajarkan dalam Al-Qur’an. Demikian pula, Imam Masjid al Haram membacakan doa-doa yang diaminkan oleh jamaah setiap beliau membacakan sebait doa.

Suasana pembacaan doa dalam qunut tersebut menimbulkan getar dan haru pada setiap hati jamaah. Suara isak tangis terdengar di berbagai penjuru masjid. Sang Imam pun seringkali berhenti karena menahan isaknya, terutama ketika Imam mengulang-ulang mengucapkan do’a: “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anna ya kariim …” (ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, menyukai maaf, maka maafkanlah kami Wahai Yang Maha Mulia lagi Pemurah). Terkadang Imam benar-benar berhenti sejenak, mungkin untuk menata kembali emosi hatinya, baru kemudian mengucapkan takbir kembali untuk memulai rukuk.

Jadi qunut masih ada, cuma tidak di sholat wajib (subuh) tapi di sholat witir.

4. Sholat Tarawih
Di kedua masjid yang disucikan yaitu Masjid Nabawi dan Masjid al-Haram, shalat tarawih dilaksanakan dalam jumlah yang sama yaitu 22 rakaat dan 1 rakaat witr
Di masjidil haram pengerjaannya 10 rakaat pertama dengan salam setiap 2 rakaat, kemudian ada jeda, baru dilakukan 12 rakaat berikutnya ditambah shalat witr 1 rakaat. Pada rakaat-rakaat yang dikerjakan usai jeda ini, imamnya berbeda dengan imam pada 10 rakaat pertama.

Dalam jeda ini, biasanya dilaksanakan shalat mayit. Waktu jeda ini pula merupakan waktu bagi mereka yang tidak akan mengikuti 23 rakaat untuk keluar dari masjid. Diantara mereka ada yang langsung beranjak pulang dan ada pula yang menutupnya terlebih dahulu dengan shalat witr 1 atau 3 rakaat. Jadi suasana pada waktu jeda ini terasa agak hiruk pikuk.

Sholat tarawih di Jeddah memakan waktu 1 jam, imam membaca seluruh surat dalam al Qur’an sampai qatam yang dibagi per rakaat per sholat selama 1 bulan Ramadhan
Di Jeddah ada yang menggunakan 11 rakaat,ada jg yang 23 rakaat

5. Sholat Jum’at
Adzan waktu sholat Jum’at di Saudi ada dua kali, yang pertama masuk waktu sholat Jum’at
dan yang kedua saat imam di tiba mimbar, jadi seperti orang-orang NU
Sementara di masjidil haram,setiap kali selesai sholat Jum’at dilaksanakan sholat janazah

6. Qobliyah Jum’at
Di Saudi tidak ada qobliyah Jum’at, padahal saya sering menjumpai hal ini di masjid-masjid di Indonesia
Bahkan dilaksanakan bersama-sama setelah adzan kedua
Yang ada hanya tahiyatul masjid

7. Hampir tidak ada masjid kecil (musholla)
Syarat didirikannya masjid di Saudi adalah jaraknya harus lebih dari 1km, jadi masjid-masjid disini banyak
jamaahnya,tidak seperti di Indonesia yang biasanya 1 baris shof. Hampir semua masjid menggunakan karpet yang menutupi seluruh lantai masjid, tidak boleh ada gambar makhluk hidup,semua masjid ber-AC, semua ada
menara. Kalaupun jauh dari masjid,biasanya mereka menggelar karpet dijalanan untuk kemudian berjamaah
bersama (seperti di banyak pertokoan)

8. Sujud Sajdah/Sujud Tilawah
Jangan kaget kalau misalkan kalau anda di masjidil haram atau masjid lain di Saudi, setelah imam membaca ayat sajdah kemudian bersujud, trus anda membaca “subhanallah” untuk mengingatkan imam, padahal imam bersujud tilawah. Ini karena di Indonesia rata-rata imam membaca ayat-ayat pendek,sedangkan disini,imam masjid harus qatam 30juz.

9. Imam & pengurus masjid dibiayai negara
Enaknya jadi imam masjid di Saudi adalah digaji negara, diberi fasilitas rumah dan mobil.
Harusnya di Indonesia juga demikian,terutama di masjid-masjid besar/masjid agung

10. Buka bersama di masjid
Di seluruh masjid di Saudi pasti menyelenggarakan buka bersama,tidak hanya hanya takjil,tapi juga makan nasi
Menu khas buka bersama di masjid adalah nasi kabsah/nasi bukhori,semacam nasi kebuli dengan lauk ayam + yoghurt, susu, aqua gelas,jus kotak,sambosa ( gorengan ), kurma dll. Bahkan ada satu masjid di daerah Heraa street Jeddah menunya ayam fried chicken Al baik (semacam KFC yang paling terkenal di Saudi)
Jadi waktu ramadhan itu, malah bisa berhemat, nggak perlu ngeluarin uang buat berbuka

11. Pasar Kaget setelah sholat Jum’at
Selalu ada pasar kaget setelah sholat Jum’at,padahal tidak diperbolehkan PKL keliling disini, jadi selalu ramai orang berbelanja setelah sholat Jum’at, dari berjualan sayur,buah,kaset,cd qiroat,alat-alat perkakas made china dll

Mudah-mudahan artikel ini bisa membuka wawasan masyarakat Indonesia.
Setidaknya kita tahu kayak gimana sih sholat di Arab Saudi, tempat Islam pertama berasal

18 responses

  1. wardoyo

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Mohon maaf saya ingin minta tolong untuk memberikan informasi pelaksanaan sholat tarawih di Arab Saudi.
    1. Apa ada di Arab Saudi yang melaksanakan sholat tarawih dengan 11 rakaat ?
    2. Apa betul sholat tarawih di Masjid Nabawi juga dilaksanakan 11 rakaat?
    Demikian pertanyaan saya, atas jabannya diucapkan terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    Wardoyo, Jawa Tengah.

    Agustus 16, 2010 pukul 2:31 am

    • Dedik Setiawan

      Di kedua masjid yang disucikan yaitu Masjid Nabawi dan Masjid al-Haram, shalat tarawih dilaksanakan dalam jumlah yang sama yaitu 22 rakaat dan 1 rakaat witr
      Di masjidil haram pengerjaannya 10 rakaat pertama dengan salam setiap 2 rakaat, kemudian ada jeda, baru dilakukan 12 rakaat berikutnya ditambah shalat witr 1 rakaat. Pada rakaat-rakaat yang dikerjakan usai jeda ini, imamnya berbeda dengan imam pada 10 rakaat pertama.

      Sedangkan di Jeddah, pelaksanaan tarawih+witir berbeda-beda, ada yg 23 ada yang 11

      Agustus 17, 2010 pukul 10:28 am

      • sakti saepullah

        Mohon maaf mau tanya, soal Qunut yg dilaksanakan pada shalat witir,
        1. klo di indonesia dimulai ketika memasuki malam ke 15, bagaimana kalau disana
        mohon penjelasannya,?
        2. Apakah Kutbah Shalat tarawih juga ada disana..

        September 7, 2010 pukul 2:22 pm

      • Dedik Setiawan

        1. Qunut di arab saudi dilaksanakan dari pertama kali tarawih
        2. Sepengetahuan saya selama disini, tidak ada khutbah selama tarawih

        September 8, 2010 pukul 3:21 pm

      • abdul fatah

        shalat terawih di madinah dan makkah sejak dulu 23 rakaat… 20 terawai tambah tiga witir (denga dua salam) bukannya…1 rakaat witir, hal tsb mengacu thd ijma sabahat di zaman Umar…

        Mei 6, 2014 pukul 2:24 am

  2. M SYAIFUDIN

    Assalamu’alaikum

    Kang, bisa minta tolong carikan ibu saya di Jeddah, namanya Sulastri bt Kasiman dari Jember, Sampaikan salam dari anak – anaknya. Terima kasih kang.

    Wassalamu’alaikum

    September 10, 2010 pukul 9:25 am

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam
      waduh, kalau misalkan tahu nomor hp beliau atau majikannya sih mungkin saya bisa telponin
      Kalau kehilangan kontak, bapak bisa menghubungi PJTKI yang memberangkatkan beliau atau tanya ke KJRI Jeddah

      September 14, 2010 pukul 3:59 pm

  3. nice infoh gan!!!

    Desember 2, 2010 pukul 10:23 am

  4. salman faris

    Kalo berangkat umroh tanpa melalui biro perjalanan, sulit nggak ya? Misalkan nyari hotel dll. Trus untuk turunnya di Jeddah atau Madinah? Terimakasih.

    Agustus 26, 2011 pukul 10:16 pm

    • Dedik Setiawan

      bisa saja kalau masnya pake visa wisata, tp kok kayaknya sulit, nanti ditanyain macam2 sama kedutaan saudi di indo, lebih baik pake travel, biar mereka nyediakan visanya saja, sedang tiket dan penginapan atas biaya masnya sendiri…….

      September 9, 2011 pukul 2:46 am

  5. Assalamu’alaikum
    Bang kalau doa2 shalat diArab saudi gmna bang, , ,?

    Wa’alaikum Salam. . .

    Agustus 5, 2012 pukul 5:51 pm

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb
      Yang dimaksud doa disini apa ya? Apa surat2 setelah al fatihah?
      Biasanya para imam membaca surat2 panjang diluar juz amma, dan semua imam masjid disini haruslah penghatam qur’an atau hafidz
      Tidak ada qunut di sholat subuh tapi ada qunut di shalat witir

      September 4, 2012 pukul 5:40 am

  6. hady

    ana setuju…cb aja d indo d terapkan spt itu, tdk hanya memperbnyak bid’ah dlm sholat..

    Juli 5, 2013 pukul 12:38 am

  7. fajar

    info yang bagus, salut dengan tatacara ibadah di saudi yang sesuai sunnah!

    Juli 26, 2013 pukul 7:27 am

  8. jono

    mas kalo di arab saudi, pada saat akhir ramadhan apa ada takbir keliling seperti di Indonesia?

    Agustus 7, 2013 pukul 2:44 pm

    • Dedik Setiawan

      wah, nggak ada takbir keliling mas….Saudi itu yang rame kalau lebaran haji malahan, adanya kembang api dekat pantai

      September 10, 2013 pukul 9:01 am

  9. Mau tanya dong,
    Adzan jumat di arab saudi 2 kali juga kayak di indonesia? Adzan dikumandangin via speaker gak? Terus, adzannya beneran kayak di Indonesia? Dua-duanya didalam Mesjid gituh?
    Makasih gan responya.

    April 11, 2014 pukul 4:26 pm

  10. Dedik Setiawan

    kok aku ndak pernah liat ada qunut di sholat subuh maupun qobliyah nya ya, yang aku tau qunut dipakai pas sholat witir rakaat terakhir

    September 10, 2013 pukul 9:00 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.