Just another WordPress.com weblog

Jombang yang Semakin Terkenal…..

Ringin Contong - Simbol Kota Jombang

Ringin Contong - Simbol Kota Jombang

—Dengan Kasus-kasus aneh—–

Masih ingat kan dengan kasusnya Ryan si homo yang menghebohkan itu??

Ya dialah jagal paling terkenal dari Indonesia, hmmmm….semua pasti udah pada tau dia berasal dari Jombang-Jawa Timur.

Masih berhubungan dengan Ryan, ternyata ada kasus salah tangkap yang dilakukan oleh polisi terhadap Kemat cs. Pembunuhan itu ternyata dilakukan oleh Ryan, bukan oleh Kemat, tapi karena kemurahan hati para korban, mereka nggak mau menuntut para polisi itu.

Dan mereka lebih mengikuti kata hati untuk tidak mau ribut lagi. Akhirnya polisi itu memberikan uang santunan 50 juta sebagai rasa penyesalan….mayanlah, daripda kalau nuntut kan nggak dapat apa-apa, paling-paling dapat kemenangan ego.

Yang terbaru…. Fenomena dukun ciliksakti Ponari….. Lagi-lagi dari Jombang….!!! Ini lebih heboh. Kalau dulu orang berduyun-duyun ke rumah Ryan untuk melihat kuburan massal korban Ryan, kini masyarakat berbondong-bondong antri pengen kesembuhan dari sang dukun.

Hanya berbekal sebongkah batu, sang dukun bisa mengobtai berbagai macam penyakit. Dan kabar dari mulut ke mulut ini begitu cepatnya menyebar seantero penjuru nusantara. Gila…dalam satu hari antriannya mengular sampai 30 ribu orang. Sampai muncul korban karena berdesak-desakan. Hingga kini tercatat sudah 4 korban tewas.

Yah…inilah kotaku, Jombang. Sebagian besar penduduknya adalah petani atau hidup di sektor non formal. Jadi pemikiran mereka masih sangat tradisional, pemikirannya masih sederhana dan apa adanya.

Mereka cenderung percaya dengan sugesti-sugesti daripada ilmu modern dan empirik. Mereka juga cenderung taat pada pimpinan yang bagi mereka kharismatik. Sangat susah mengubah karakteristik masyarakat seperti ini dengan pendekatan keilmuan dan pemikiran kritis, tapi mungkin bisa dengan cara pendekatan personal dan kekeluargaan. Mereka cenderung homogen dan jarang bisa menerima heterogenitas.

Tapi pasti ada perkembangan, karena generasi mudanya pinter-pinter loh dari Jombang, jangan salah. Disana ada beberapa sekolah unggulan, mulai dari SMUN 2 Jombang, sampai SMU Darul Ulum yang berbasis iptek.

Namun ada untungnya juga, Jombang ini kota yang sangat nyaman…teduh, sangat tenang. Jadi sangat cocok bagi para pensiunan atau veteran. Terima kasih juga diucapkan kepada para pembuat berita, karena telah memblow-up Jombang, meskipun jadi terkenal gara-gara kasusnya yang aneh-aneh, yang gak masuk akal, yang bagi orang bule “kok masih begini ya kulturnya”.

Tapi ini akan membukakan wawasan bagi para orang modern, bahwa masih ada fenomena-fenomena seperti ini, meski sulit untuk dinalar. Jadi Gus Dur,Emha Ainun Nadjib, Nurcholish Madjid sekarang ada penerusnya…….. Ryan sang penjagal dan Ponari sang dukun cilik sakti……….

hahhahahahhahah…..byuh-byuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s