Just another WordPress.com weblog

Tips Waktu Umroh

Ini umroh pertamaku tahun 2006 lalu

Ini umroh pertamaku tahun 2006 lalu


Tips Waktu Umroh

Karena aku tinggal di Jeddah, jadi setiap saat aku bisa umroh
Mungkin aku bisa berbagi bagi siapa saja yang mau atau akan melaksanakan umroh

1. Persiapkan mental, selain duit tentunya. Enggak perlu mikir macam-macam,lillahi ta’ala,ikhlas…minta pertolongan dan kemudahan selalu kepada Allah.

2. Persiapkan obat-obatan,seperti obat sakit kepala (karena cuaca panas), obat pelemas otot dan persendian (bagi yg jarang beraktivitas, pasti kaget karena kecapaian) obat batuk, plaster kalau perlu dan obat yang lain (gak perlu semuanya,seperlunya saja).

Persiapkan juga sabun mandi cair botol kecil, kalau tiba2 anda merasa ingin berak, bisa untuk membersihkan tangan, karena terus terang wc-wc di masjidil haram bentuknya jongkok dan maaf, isi di dalamnya kelihatan (mirip seperti wc indonesia tahun 80an)

3. Pelajari doa-doa yang penting, jika tak ada waktu menghafal, anda bisa membawa buku doa kecil, banyak orang yg melakukan ini

4. Perbanyak berdoa di safa dan marwah, tidak perlu terlalu terburu-buru menyelesaikan putaran sai, karena tempat ini ijabah.

5. Bawalah kacamata hitam pelindung di siang hari, karena cuaca yang terik.

6. Untuk yang lelaki, surat-surat penting, HP mending dibawa di tas kecil yg dilingkarkan di pinggang

7. Bawalah sandal jepit dan tas kresek plastik. Simpan sandal jepit di kresek itu,bisa anda bawa waktu tawaf & sai,atau anda taruh di rak-rak yang sudah disediakan didalam masjidil haram

(Saran saya mending tas kresek berisi sandal itu ditenteng aja, karena waktu selesai dari sai, anda tak perlu mencari-cari lagi, dan kadang sandal-sandal yang ditaruh di rak pun tersapu oleh petugas kebersihan, jadi anda menghemat waktu&tenaga, tidak perlu harus balik mencari rak itu)

8. Untuk yang wanita, sebaiknya memakai baju gamis hitam, untuk menghormati adat di Arab Saudi, meski baju putih juga tidak mengapa, tapi jangan yang ketat, anda akan mengganggu kekhusyukan jamaah pria.

9. Kalau anda membawa uang, jangan terlalu berlebihan, bawa secukupnya, jika anda berada di masjidil haram, bawa tas kecil saja, isi dengan uang pecahan kecil.

10. Jika umroh anda di hari Jum’at, persiapkan makanan kecil di tas (tapi jangan diperlihatkan waktu masuk masjidil haram, karena tidak diperbolehkan.

Habis sholat jum’at, warung, restoran cepat saji semua penuh orang mengantri, jadi lebih baik bawa bekal dari rumah,tak perlu bawa aqua,karena sudah ada air zam-zam dimana-mana.

11. Saya kira, peralatan yang paling penting justru handphone, karena jika anda terpecah dari rombongan,maka anda bisa menghubungi teman atau kepala rombongan anda.
Tulis semua nomor penting dari teman2 umroh,jika anda membawa anak kecil,jgn sampai terpisah,kalau perlu beri dia hp
Anda bisa membeli nomor lokal Saudi, ada kartu SAWA/STC, Mobily atau Zain, untuk meminimalisir roaming

12. Jika anda kelelahan setelah tawaf, jangan paksakan langsung sai, anda bisa selonjoran sebentar, membuang penat
13. Perhatikan selalu tanda-tanda seperti lampu hijau saat memulai tawaf, tanda bukit safa, dan lampu hijau saat lari-lari kecil sai.

14.Jika anda berkeinginan mencium hajar aswad, cari waktu yang benar-benar tepat dan lengang, apalagi jika untuk perempuan, agak sedikit susah karena harus berebut dengan banyak laki-laki. Waktu yang agak lengang biasanya sebelum subuh, mengantrilah sebentar untuk mencium hajar aswad,dan jangan lama-lama, kalau kelamaan, yang belakang anda pasti marah.

Ini hanya tips untuk fisik saja, yang nampak dan akan anda lalui selama di masjidil haram
Selainnya, anda bisa mencari referensi atau banyak bertanya pada yang sudah pernah melakukannya, kalau bisa bertanya pada yang mengerti alias berilmu, karena banyak sekali amalan-amalan yang dilakukan jamaah umroh yang justru tidak ada tuntunannya alias bid’ah, bathil.

Berhati-hatilah akan hal ini.

Persiapkan benar-benar fisik anda,banyak minum madu sebulan sebelum berangkat,agar terjaga kondisi, dan minum vitamin selama melaksanakan ibdah umroh ini
Sebagai contoh,saya minum madu terus tiap hari dan minum vitamin waktu ibadah haji,diantara teman-teman saya,cuma saya dan istri yang alhamdulillah terhindar dari batuk pilek & stamina masih bagus,sementara teman-teman yang lain sudah terserang flu dan kelelahan.

Sekali lagi, tanamkan ikhlas…ikhlas…dan ikhlas, buang jauh-jauh keinginan untuk membawa oleh-oleh ini itu.
Nanti bisa anda pikirkan setelah ibadah umroh anda selesai.
Hindari betul riya’….percuma anda jauh-jauh dan keluar biaya mahal, tetapi hanya mendapat lelah dan dipuji orang, namun tak mendapat ridho Allah.

Mudah-mudahan Allah ridho dan menjadikan anda pribadi yang lebih baik dari hari ini.
Amiiinnn……ahlan wa sahlan, selamat datang di Mekkah

14 responses

  1. mas..mau tanya…kalo mau ke jeddah dengan visa family…yang ajuin mesti satu darah ya?? ga bisa kalo teman aja yg ajuin gt?
    thx info nya…

    Juli 4, 2010 pukul 5:30 pm

    • Dedik Setiawan

      Ya,kalau visa family harus keluarga sedarah, bisa kakek,nenek,suami,istri atau anak
      Kalau temen nggak bisa mbak.
      Kalau dihitung-hitung,biayanya sama aja kok mbak kalau lewat tour-tour itu,sekitar 15juta
      Kalau family visa itu sekitar SAR 2,000 ( 5jt ) tiket PP satu orang Jakarta-Jedah-Jakarta SAR 2,500-3,000 (7jt) belum lagi fiskal 2.5jt, dan penginapan & transport selama di Saudi

      Juli 6, 2010 pukul 8:25 pm

  2. siiip artikelna pa he he

    Desember 2, 2010 pukul 10:54 am

  3. Nona Mungil

    gue ada rencana mau ke tanah suci, tapi denger orang2 cerita, kok jadi takut kesana yaa. gue ngrasa banyak dosa banget. emang bener kali ya itu tanah hanya untuk di injak orang2 suci. tapi kenapa terkesan pendosa kayak gue nggak boleh kesana??

    Januari 30, 2011 pukul 10:24 am

    • Dedik Setiawan

      Mbak nya gak usah takut, tidak ada itu cerita Mekkah hanya untuk orang suci
      Coba luruskan niat, bismillah saja…yang penting mbak hanya niat beribadah, that’s it
      minta tolong sama Allah,untuk dimudahkan semuanya, nggak perlu mikir macem2, ntar malah nggak kesana,
      Gak perlu dengar cibiran orang atau berpikir harus begini begitu setelah umroh…
      semua akan berjalan dengan sendirinya,jika ibadah itu dijalankan dengan ikhlas

      kalau ada harta yg cukup jangan tunda lagi, sebelum ajal menjemput
      Rasakan sensasi berada paling dekat dengan Baitullah…setiap rakaat sholat di Masjidil Haram sama dengan 1000x lipat pahala sholat di tempat lain
      Jangan sia2 kan kesempatan yah
      Tidak ada dosa yg tidak terampuni kecuali syirik,menyekutukan Allah
      Dan tidak diperbolehkan berputus asa kalau dosa kita gak bakal diampuni,Allah maha pengampun, dia sangat-sangat sayang pada hambaNya yang mau mendekatkan diri padaNya….meski dia berlumur dosa besar sekalipun
      Semoga Allah memudahkan jalan mbak ke tanah suci….

      Januari 30, 2011 pukul 6:55 pm

  4. ummu faqih

    duuh jd pingin cepet2 kesana

    Maret 7, 2011 pukul 2:26 am

  5. terima kasih banget-banget banget infonya…. smg ibadah umroh ku lancar, Insyaallah

    Mei 3, 2012 pukul 7:39 am

    • Dedik Setiawan

      Semoga Allah swt memberi kelancaran & selamat kembali di Indonesia

      Mei 5, 2012 pukul 8:02 am

  6. Hary

    Mas mau Tanya, apakah kalau di Tanah air kita banyak melakukan kesalahan maka waktu di mekah secara tidak langsung akan ditunjukkan kita dengan kejadian-kejadian yg seakan mengganggu ibadah kita ya mas. Thanks

    Oktober 25, 2013 pukul 7:37 am

    • Dedik Setiawan

      Jangan percaya begituan, klw niatnya tulus ibadah insyaallah allah maha luas ampunannya

      Februari 26, 2014 pukul 1:35 pm

  7. Selain tips diatas, yang harus diperhatikan dalam memilih travel umrah adalah legalitas perusahaan travel tersebut sudah dicabut atau belum,kemudian alamat travel tersebut dan yang ketiga pengalaman travel dalam memberangkatkan jamaah setiap tahunnya.

    Januari 11, 2015 pukul 1:53 pm

  8. katyusha sabrina

    Assalamu’alaikum, permisi saya mau nanya, kan di arab ada tuh yang jagain imam kalo shalat,istilahnya penjaga. Nah pas shalat kan dia gak ikut shalat kaan, trs dia itu shalatnya kapan? Emang boleh kayak gt? Makasih, jazakumullah khairan katsiran.

    Juni 22, 2016 pukul 4:37 pm

  9. Romadhon

    Mas, minta ijin copas artikelnya. Ada rencana umroh dg keluarga.

    Oktober 5, 2016 pukul 11:52 am

    • Dedik Setiawan

      Monggo

      Oktober 5, 2016 pukul 12:07 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s