Just another WordPress.com weblog

Sedikit Tentang Arab Saudi

Madinah-24Aug'07 with Amr&Aslam

Sedikit Tentang Arab Saudi

1. Di Arab Saudi tidak ada Kabel Listrik berseliweran & tidak ada got

Kalau anda perhatikan di sepanjang jalan dan perumahan di Saudi, tidak akan anda dapatkan yang namanya got atau tempat pembuangan air kotor yang terlihat.
Ataupun kabel-kabel listrik yang berseliweran di atas gedung-gedung. Karena semua serba underground alias di bawah tanah.

Makanya disini jarang sekali ada nyamuk, kalaupun ada berarti itu daerah kumuh.

Tapi dua sistem ini tidak juga menjamin kenyamanan.
Jalan-jalan dibongkar pasang, jadi keindahannya berkurang.
Sering sekali di jalan-jalan banyak pekerja menggali pinggiran jalan untuk memasang kabel bawah tanah atau memperbaiki
drainage yang macet.

Enaknya ya jalanan terlihat lebih cantik dengan tidak ada kabel bergelantungan,mengurangi pekerja PLN & orang tersengat listrik
atau tidak ada bau got.

2. Waktunya Sholat, semua toko harus tutup

Jangan berharap anda akan dilayani manakala sudah terdengar adzan. Semua harus berhenti sejenak,menghormati sholat
Jika ada toko yang melanggar, tidak ada ampun, maka akan ditutup toko itu oleh polisi syariat.
Tiap kali kami pergi ke swalayan, kami masih bisa berbelanja,memilih-milih barang, meskipun rolling door sudah ditutup, tapi kasirnya tutup sementara
Kalau di ruko-ruko,sebagian orang-orang menunggu diluar sambil bercengkerama atau duduk-duduk, kalau para pria biasanya ke masjid terdekat atau
sebagian pemilik toko menggelar karpet untuk berjamaah bersama, jadi tidak aneh kalau di jalan banyak orang berjamaah sholat di emperan toko

3. Perempuan harus memakai abaya (gamis hitam)

Ini sudah peraturan. Jadi sebaiknya jika anda akan menetap di Arab Saudi dan membawa keluarga,sebaiknya beli dulu abaya hitam untuk ibu dan anak putrinya
Kalau untuk kota Jeddah sendiri sebenarnya sudah agak terbuka, kalau 2 tahun yang lalu orang-orang masih berkerudung hitam,sekarang sudah banyak di jalan orang berkerudung selain hitam.
Tapi masih mendekati warna hitam, ibu-ibu Indonesia sendiri kalau ke arisan di KJRI sudah mulai berani pake yang berwarna-warni,baik baju muslim maupun kerudungnya
Tapi saya sarankan, untuk tetap memakai hitam-hitam saja, menjaga anda agar tidak mencolok dan menghindari kalau ketemu polisi ditanyain macam-macam

4. Berhati-hatilah dengan sopir taksi

Kalau anda perempuan, saya ingatkan untuk jangan sekali-sekali naik taksi sendirian. Sudah banyak kasus perempuan naik taksi sendirian,dibawa ke tempat yang sepi,diperkosa lalu dibunuh atau dibuang di tengah padang pasir
Saya yang laki-laki inipun juga tidak sekali dua kali ini saja yang mendapatkan pelecehan seksual, saya sering digerayangi juga
Kebanyakan mereka minta dioral…(astaghfirullah),kalau anda mendapati hal seperti ini,lebih baik anda diam saja atau sekalian marah, biar dia tidak bertindak lebih jauh
Aku tidak tau ya,banyak taksi yang baunya tidak enak atau menyengat,jika sopirnya orang Pakistan atau Yaman….mungkin karena mreka jarang mandi.
Jadi lebih baik cari yang orang India atau Indonesia saja,lebih bisa memahami bahasa Inggris atau Indonesia
dan yang penting taksi yang mereka bawa nggak bau.
Sebelum anda naik taksi,sebaiknya tanya dulu harganya, karena taksi disini tidak memakai argo. Dan banyak sekali terjadi perang mulut tentang harga antara penumpang dan sopir
karena tidak di nego sebelumnya,saya pun pernah merasakan hal itu.

5. Sering terjadi kecelakaan

Berhati-hatilah jika membawa kendaraan, karena hampir tiap hari saya menjumpai tabrakan,senggolan antar kendaraan
Karena kebanyakan sopir disini ugal-ugalan & tidak sabaran. Kalau anda perhatikan di jalanan Jeddah,banyak sekali mobil yang sudah tidak mulus lagi
Bekas serempetan atau penyok sana-sini tampaknya sudah lazim dan lumrah
Kalau mereka serempetan atau terjadi accident, maka dua kendaraan itu akan berhenti,meski di tengah jalan sekalipun
sehingga memacetkan lalu-lintas, mereka akan menunggu polisi datang,untuk diadakan investigasi ditempat
Tidak jarang mereka juga terlihat adu mulut,tapi tidak sampai terjadi perkelahian,karena dampaknya akan besar, anda
akan dipenjara jika itu terjadi. Jadi ya lucu aja liat orang berantem mulut,saling tunjuk,tingi-tinggian suara tapi tidak saling beradu jotos
Maka,kendaraan anda harus berasuransi. It a must……

6. Beli mobil harus punya SIM dulu

Tidak seperti di Indonesia, jika anda ingin memiliki mobil, syarat utama adalah anda harus memiliki SIM dulu
Pembuatan SIM disini benar-benar straight,ketat dan tidak ada calo dari orang dalam
Jadi pertama anda harus mengisi form pembuatan SIM kemudian test drive
Jika anda mendapatkan A,maka akan mudah untuk mendapatkan SIM.Pembayaran dilakukan setelah hasil test drive keluar
Jika anda mendapatkan nilai B atau yang lain,maka anda harus belajar mengemudi dulu,tergantung nilai anda tadi
Tapi kebanyakan nggak lulus deh, ada aja kesalahan,jadi banyak yang mengulang
Itulah sebabnya aku males buat SIM disini,terlalu ribet, temen kantor aja banyak yang ngulang
Soalnya aku paling males menghadapi ketidakpraktisan.
Ya sudahlah,jadinya tiap hari aku ngikut mobil temen kantor dengan membayar bulanan, dan kemana-mana pakai taksi saja
Toh juga jarang kemana-mana,habis kerja langsung di rumah, shopping pun hanya seminggu sekali.

Nanti kalau ada info tentang Saudi akan saya lanjutkan

(Bersambung ke seri 2)…….

26 responses

  1. wah pasti seru ya di sana… jadi pengen juga ngerasain.

    Juli 23, 2010 pukul 4:13 am

    • Dedik Setiawan

      Ayo kesini aja…..banyak keluarga Indonesia berdomisili dan bekerja disini sudah puluhan tahun,jadi tak perlu takut untuk soal hubunga sosial dan makanan Indo bertebar dimana-mana

      Juli 23, 2010 pukul 5:02 am

      • mas….
        jadi kalau mau bawa mobil di sana pakai SIM lokal yah ?
        gak bisa pake SIM internasional

        Oktober 18, 2010 pukul 1:39 am

      • Dedik Setiawan

        Tidak bisa pakai SIM internasional, harus memakai SIM lokal sini

        Oktober 24, 2010 pukul 11:35 am

      • Assalamualaikum…mas, ana pengin banget ke saudi…tapi masih bingung ada gax pjtki yg bisa membawaku kesana dengan pembayaran pot gaji? tenqyu.

        Januari 25, 2011 pukul 2:45 am

      • Dedik Setiawan

        Wa’alaikum salam wr wb
        Kan sekarang ada fasilitas kredit dari perbankan untuk TKI. Jadi Silahkan bertanya ke PJTKI tentang prosedurnya
        Jadi nanti dipotongkan dari gaji mas hidayat

        Januari 25, 2011 pukul 2:20 pm

  2. Daffa Zainul Arifin

    Mas,
    Maunanya dikit,pa bener suhu disana panas banget,dan kalau malem dingin banget… aku ada tawaran kerja di sana tuk maintenance alat berat di lapangan,standar salary berapa…mugkin da sedikit gambaran
    Makasih

    Juli 29, 2010 pukul 12:16 pm

    • Dedik Setiawan

      Sekarang suhu di Jeddah mencapai 54 derajat celsius
      Untuk kota-kota seperti Riyadh,Dammam dan al Khobar suhunya biasanya 3-5 derajat lebih tinggi dari Jeddah
      Pada musim dingin,3 kota itu akan sangat dingin,bisa sampai 7 derajat,jadi sangat ekstrim
      Berbeda sekali dengan Jeddah dan Mekkah

      Untuk gaji bagian maintenance alat berat,sepertinya lumayan tinggi tuh mas
      Ada temen yang bergaji basic 6000 riyal bahkan lebih, tp tergantung perusahaannya
      Mas bisa googling profil perusahaannya dulu

      Nggak ada salahnya minta gaji tinggi,toh nanti bisa tawar menawar

      Juli 30, 2010 pukul 2:03 pm

  3. ummu fathimah

    mas, suami ana akan bekerja di Yanbu. Bisa diceritakan bagaimana keadaan disana, terutama biaya hidup di sana. Dia mendapat gaji basic 1000sar. Apakah ada kemungkinan setelah setahun, ana ikut menyusul ke sana? apa ada peraturan tentang ini dari pemerintah? terima kasih ya…..

    Agustus 9, 2010 pukul 4:49 am

  4. hsp

    Mas, ada info tentang Al Qasim Gak. Insya Allah saya akan bekerja disana. Berangkat setelah Lebaran ini. Trmkasih ya

    Agustus 14, 2010 pukul 3:31 am

    • Dedik Setiawan

      Kami ada juga project di daerah Qassim, tapi udah mau selesai

      Daerah itu antara Madinah & Riyadh, kotanya gak begitu rame
      Untuk suhunya cukup ekstrim disana,sama seperti Riyadh
      Kalau lagi musim panas, panas buanget, kalau dingin bisa mencapai 7 derajat. Jadi siapin aja jaket yg tebal, minum madu yang banyak untuk jaga kondisi
      dan body lotion, biar kulit antum nggak pecah-pecah

      Agustus 14, 2010 pukul 1:44 pm

  5. Asih

    Mau nanya nich…
    Apakah perempuan asing (muslim) yang tinggal di Arab wajib memakai cadar?

    September 24, 2010 pukul 3:10 am

    • Dedik Setiawan

      Tidak diharuskan memakai cadar
      yang diharuskan itu menutup kepala, dan pakaiannya harus serba hitam

      Tapi di Jeddah, orang-orang philipine yang non muslim itu sudah mulai tidak memakai penutup kepala, hanya bajunya tetap memakai abaya hitam

      September 25, 2010 pukul 7:33 pm

  6. ahmad

    Mas Dedik, numpang tanya
    Saya dengar Perempuan dilarang keluar kecuali ditemani suami atau mahrom nya?
    apa itu benar ?

    November 5, 2010 pukul 11:21 pm

    • Dedik Setiawan

      Sebenarnya iya, tidak boleh keluar tanpa mahrom
      Tapi kalau di Jeddah, sudah banyak yg keluar tanpa didampingi mahrom,
      Biasanya dilakukan orang-orang expatriate saja,alias pekerja asing
      yang berasal dari Philipines atau bahkan para tkw yang lagi libur weekend,ketemu sama temen2 mereka
      Tapi ini sangat berbahaya,kalau nggak tau medan, bisa jadi sasaran pemerkosaan orang2 sini yang jarang melihat perempuan klayapan sendiri

      November 6, 2010 pukul 3:43 am

  7. Assalamu’alaykum..mas sy mau tny,apakah di kota2 besar di KSA ada pengajian/ta’lim yg bs diikuti o/ TKI kt di sini yg penceramahnya dr org/ustadz indonesia?jazakumullohu khoiron

    November 24, 2010 pukul 2:25 pm

    • Dedik Setiawan

      Wa’alaikum salam wr wb
      Ada akh..
      Di setiap distrik di Jeddah ada yang namanya dakwah center,disitu tidak hanya tenaga kerja indonesia saja yang bisa ngaji
      Juga dari negara2 lain
      Ada juga pengajian di sekolah indo, dan pengajian ibu-ibu

      November 24, 2010 pukul 11:04 pm

  8. ass mas kok disana banyak pemerkosaan and pelecehan…bukanya dsana pake hukum islam…klo ketauan di qisas dll….apa mereka gk pada takut ya…..terus klo ketauan mencuri apa betul tanganya di potong…harusnya kan aman iya gk mas..klo spt itu…o ya mas satu lg klo tempat 2 sorry ni prostitusi gmn…apakah ada spt di indo..ato terselubung ato gmn?? mengingat bnyk terjadi kasus pemerkosaan…???

    Juni 16, 2011 pukul 5:31 pm

    • Dedik Setiawan

      Karena perempuan jarang terlihat berkeliaran di jalanan, sementara para lelaki ini butuh pelampiasan, maka pemerkosaan lah jalannya, dan ironisnya, si pembantu lah wanita diluar keluarga yg berinteraksi dengan si majikan dan dijadikan budak nafsu.
      Kalau kasus pencurian, saya kok jarang dengar yg tangan dipotong, paling dicambuk dan penjara.

      Kalau prostitusi itu pasti tersembunyi, dan kebanyakan malah tkw loh yang jadi obyeknya, sudah terkenal….kalau perempuannya dari indo, kalau lakinya dari philipines
      Tapi kalau tertangkap….hukuman cambuk sampai gantung

      Juni 16, 2011 pukul 6:05 pm

      • oooo..begitu…biasanya pelangganya orang arab sendiri ato dari negara lain?? terus maksudnya laki2nya dari philiphines apa ya?? klo sembunyi-sembunyi di rumah siapa? kan laki2 sama perempuan di larang berdua…klo bukan muhrim..

        Juni 17, 2011 pukul 4:20 pm

  9. shopi

    Kalo boleh tau kerjanya di sektor apa dan PJTKI nya apa..

    Februari 19, 2012 pukul 4:29 am

  10. heru sony

    nggak semua di saudi kabel listriknya underground/bawah tanah,,coba ente safar ke kota2 lain di saudi misal ke al gassim,ntar ente tahu kabel listriknya ya kayak di indonesia,,, makanya [maaf2 ya] kalo tidak tahu keseluruhan [saudi] jangan terlalu menyanjung-nyamjung dan membanding-bandingkan dg negara kita hanya karena lihat kota jeddah,,,keliling dululah ke kota2 lain,,, sory ini koment ane klo kurang enak,,,ane juga di ksa brow,,,ane di gassim.,,tapi gak gitu2 amat ,,bagi saya tetap Indonesia no 1

    Desember 27, 2012 pukul 2:55 pm

  11. Klo pake SIM Internasional bisa gak pak ?

    Agustus 21, 2013 pukul 6:27 am

    • Dedik Setiawan

      Seingatku yang bisa pake SIM internasional hanya anggota negara teluk saja, selain itu tidak

      September 10, 2013 pukul 9:04 am

  12. Assalamualaykum,

    Artikel yang sangat bermanfaat dan semoga menjadikan para TKW dan TKI waspada selama tinggal disana.
    Pak, saya mau tanya masalah pakaian, khususnya tentang celana bagi laki2, karena sekarang2 ini ada keraguan masalah celana yang menjulur kebawah melebihi mata kaki, atau istilahnya “isbal” bagaimana keadaan sebenarnya disana?
    berikut referensinya….
    http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/syubhat-seputar-larangan-isbal.html

    September 21, 2013 pukul 3:36 pm

  13. amien

    permisi pak dedik..
    boleh lihat dong dalam apartemen di saudi itu seperti apa sih? saya sunnguh penasaran dengan dalam rumah disana.thanks

    Juni 29, 2015 pukul 4:10 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s