Just another WordPress.com weblog

TIPS MENCARI APARTEMEN/RUMAH SEWA DI SAUDI

Gambar

Apartemen kami dulu di distrik Sharafeeyah

 

 

  1. Kalau nggak pengen pusing nyari keliling, cari Aqariyah/agent pencarian rumah, banyak tersebar disini, tinggal sebutkan budget dan berapa kamar yang kita butuhkan. Biasanya bayar agent sekitar 500-2000 real, tergantung besar kecilnya apartemen
  2. Kalau kita mencari sendiri,cari yang dekat kantor (kalau nggak punya kendaraan sendiri), atau yang dekat dengan sekolahan (kalau kita bawa anak/keluarga),dekat dengan warung Indo.
  3. Cari gedung yang kosong AC nya,biasanya room di gedung itu lagi kosong, atau cari yang ada tulisan Lil ijar (biasanya disitu dicantumkan nomor yang bisa dihubungi)
  4. Cara yang lain, bisa tanya2 ke haris-haris (penjaga rumah) biasanya orang Pakistan,mereka kadang tau,rumah mana yang kosong. Atau bisa Tanya ke penjaga warung Indo (mereka kadang juga tau dimana apartement2 yang disewakan
  5. Jangan mau bergabung dengan rumah yang banyak pelarian (istilahnya penampungan), dimana disitu banyak orang kaburan dari majikannya,karena takutnya anda terkena dampak jika ada inspeksi dari orang imigrasi/polisi
  6. Cari gedung yang benar2 buat disewakan, dan gedungnya banyak disewa banyak orang. Kalau bisa jangan sewa yang punya orang pribadi Saudi,karena kalau terjadi masalah misalkan air habis,atau harus sedot tank wc, maka beban itu akan ditanggung anda dan si pemilik, maka jatuhnya banyak.
  7. Pastikan biaya sewa itu fixed,tidak ada tambahan lain2, misalkan biaya haris/penjaga, tanyakan ada biaya insurance/jaminan kerusakan (biasanya sebagian minta bayar jaminan kerusakana sebessar SR1000-2000 di awalàjika tidak ada kerusakan di dalam rumah yang ada sewa,maka biaya ini bisa ditarik kembali di akhir sewa, tapi….jangan terlalu berharap balik )
  8. Cari gedung yang tidak bermasalah dengan air, cek benar2 kondisi kamar mandinya, jika jorok,saya sarankan jangan diambil, cek ke tetangganya,Tanya ke dia bilamana air habis, apa ada iuran? Berapa jumlahnya
  9. Cek juga apa daerah situ daerah banjir, karena pernah di Jeddah terjadi banjir besar, ini didaerah Sulaimainiyah,sepanjang Madinah road yang dekat Indian Embassy
  10. Dalam satu gedung biasanya ada yang khusus single dan ada yang khusus family, haris/si penjaga rumah akan Tanya karena gak boleh campur.
  11. Kalau pengen irit budget,sebaiknya bergabung dengan keluarga kecil lain,cari yang berisi 3-4kamar dengan 2 kamar mandi. Atau jika single,cari yang mau bergabung bersama2. Biasanya sopir kita banyak yang bergabung,atau dengan orang2 philippines, tapi hati2,jangan ke penampungan,campur dengan tkw kaburan.
  12. Biasanya apartemen yang disewakan itu kosongan/unfurnished. Untuk menghemat uang,cari barang second,bisa secara online bisa langsung ke pasar khusus barang second. Kalau khusus barang second ada di Haraj, arah balad masih ke ujung. Tapi hati2,banyak barang rusaknya. Kalau mau cari secara online di www.expatriates.com, tinggal klik Saudi Arabia, dan kota yang mau kita tempati, disitu bisa pilih jenis barang yang mau kita beli, ada furniture, elektronik,atau apa saja, kita tinggal bikin appointment dengan si penjual,bisa dilihat barangnya langsung dan bisa langsung transaksi dengan dia.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s