Just another WordPress.com weblog

TKI-TKI di balik proyek-proyek besar di Saudi

WNI Mampu Bersaing di Arab Saudi
Fajar Nugraha
Selasa, 29 Maret 2011 12:10 wib

RIYADH – Warga negara indonesia (WNI) yang mencari nafkah di Arab Saudi bukan melulu hanya berprofesi sebagai pembantu rumah tangga. Tetapi ada banyak pula yang bekerja sebagai profesional yang mampu berkompetisi dengan pekerja asing lainnya.

Sebuah proyek yang bernama Trubarabia diterbitkan di Arab Saudi. Proyek ini merupakan kerja sama perusahaan Indonesia (PT Truba Jaya Engineering – TJE) dengan Arab Saudi (Arabian Bemco Contracting Co. – BEMCO) yang beroperasi sejak tahun 2002. Dari sinilah proyek-proyek kilang minyak, gas dan turbin listrik Arab Saudi dipasok.

Siapa sangka dibalik proyek ini ternyata terdapat 500 pekerja asal Indonesia yang umumnya tamatan Sekolah Tekhnik Menengah (STM) berhasil berkompetisi dengan karyawan asal negara lain seperti India, Bangladesh, Pakistan, Filipina dan Arab Saudi sendiri.

“Perusahaan dan pekerja asal Indonesia berhasil mendapatkan kepercayaan untuk membangun proyek ini yang akan digunakan untuk kepentingan dalam negeri Arab Saudi”, kata Ir. Wahid Ramdan, Project Manager Trubarabia dalam pertemuannya dengan Duta Besar RI, Gatot Abdullah Mansyur disela-sela kunjungannya ke proyek tersebut, Selasa, 28 Maret 2011.

Duta Besar RI yang didampingi staf KBRI Riyadh memang sengaja mengadakan kunjungan untuk mengetahui secara langsung keberadaan putra-putra Indonesia di salah satu proyek vital Arab Saudi ini, yang berada di Propinsi Timur Arab Saudi tepatnya di kota Abqiq. Demikian dalam keterangan pers yang dikirim KBRI Riyadh kepada okezone, Selasa (29/3/2011).

Tidak hanya orang Saudi, pekerja asing pun merasa bangga dengan pencapaian pekerja Indonesia yang memang terampil dan berkualifikasi tinggi dibidangnya, tepat waktu serta sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.

Sebagaimana diketahui, Provinsi Timur adalah “jantungnya” Arab Saudi. Dari propinsi inilah jutaan barel minyak dan gas dieksplorasi per harinya untuk menggerakkan perekonomian Arab Saudi. Oleh karena itu di propinsi ini banyak proyek mercusuar baik yang ditangani oleh BUMN Saudi, asing maupun joint venture.

Duta Besar RI pun menyatakan bangga akan kiprah putra-putra Indonesia di proyek ini seraya berharap suatu saat Indonesia akan mengurangi secara bertahap dan signifikan perekrutan dan penempatan unskill labour seperti pembantu rumah tangga, sopir dan menggantinya dengan skill labour karena akan lebih terjamin secara hukum.

“Ke depan kita harus mampu mengubah citra dengan membuktikan bahwa bangsa Indonesia mampu bekerja dan bersaing di proyek-proyek mercusuar Arab Saudi,” kata Duta Besar mengakhiri kunjungannya.

One response

  1. aminzzzzz…iam very happy to hear that news….hopefully more successful in the future

    Juni 20, 2011 pukul 4:54 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s